Trending
Rabu, 17 Februari 2016

Google Search Vacation Planning

  • Share
  • fb-share
Google Search Vacation Planning

The idea of travelling always sounds fun. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang perencanaannya cukup membuat pusing. Dari mulai menentukan tempat-tempat yang harus dikunjungi di kota tujuan, berburu tiket pesawat murah, memilih tempat menginap yang strategis, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, kini Google udah merilis fitur untuk travelling pada sistem mesin pencari online mereka. Jadi, ketika lo mengetikkan nama sebuah kota, lo bisa langsung membuat itinerary perjalanan lo!

 

Fitur Points of Interest

Sepertinya Google ingin kita lebih sering melakukan travelling pada tahun 2016 ini. Dengan sekali ketik, Google bakal membantu lo untuk merancang rencana perjalanan. Misalnya, lo bakal travelling ke Singapura pada bulan depan, tetapi lo bingung harus mengunjungi tempat wisata apa aja selama di sana. Nah, cukup mengetikkan keywords “where to go in Singapore” atau “Singapore destinations” pada Google, lo bakal disuguhkan dengan banyak usulan.

Usulan-usulan tersebut bakal berada pada bagian atas pencarian, yang termasuk dalam tab bernama “Points of Interest”. Fitur tersebut bakal memberi tahu lo destinasi-destinasi travelling mana aja yang biasanya dikunjungi oleh para travellers. Google bahkan mencantumkan gambar pada setiap destinasi tersebut agar lo nggak perlu repot membuka tab internet baru untuk melakukan browsing. Saat melihat ke sebelah kanan layar, lo bakal menemukan rangkuman singkat tentang kota tujuan travelling lo.

 

Sekaligus Booking Pesawat dan Hotel

Jangan langsung merasa senang jika udah menentukan tempat-tempat yang bakal lo kunjungi di kota tujuan lo nanti. Lo masih harus mencari penerbangan yang sesuai dengan waktu dan budget lo. Worry not, Urbaners, because Google got you covered. Saat mengetikkan keywords Singapura pada kolom search, lo bukan cuma disuguhi dengan fitur “points of interest”, namun juga informasi tentang akomodasi yang lo perlukan, mulai dari booking hotel hingga penerbangan pesawat.

Untuk menemukannya, lo bisa meng-klik tab “more” di bawah kolom search. Nggak cuma berfungsi untuk booking penerbangan pesawat, Google juga bakal memberi lo informasi tentang waktu total penerbangan, jadwal penerbangan yang ramai dicari, hingga prediksi cuaca. Kalau lo melakukan scroll lagi pada tab “more”, lo bahkan bisa menemukan video-video yang terkait dengan destinasi lo. Ada pula fitur “plan a trip” yang memungkinkan lo untuk booking hotel cuma dengan beberapa kali klik.

Kini, kemudahan travelling berada dalam genggaman tangan lo, Urbaners. Ke manapun tujuannya, lo cukup merencanakan segala itinerary-nya melalui Google. Praktis banget, kan? Segera cobain fitur-fitur tersebut, deh, lo pasti bakal ketagihan untuk terus travelling lagi dan lagi.

 

 

Source: travelandleisure.com, pastemagazine.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Very interesting
Sukamto
Yey keren lho