Home Traveling Cara Mengatasi Jet lag Ketika Ke Luar Negeri

Cara Mengatasi Jet lag Ketika Ke Luar Negeri

Tuesday, August 2, 2016 - 10:32
Bagikan
Facebook Twitter Email

Jet lag terjadi jika lo pergi ke suatu daerah yang mempunyai perbedaan waktu yang parah. Misalnya lo berangkat dari Jakarta pada pukul 9 malam menuju ke Los Angeles. Begitu sampai Los Angeles Amerika Serikat, jam menunjukkan pukul 10 malam. Perjalanan lo bukan hanya 1 jam, tapi karena perbedaan waktu yang cukup jauh, perjalanan lo serasa sebentar. Begitu sampai di Los Angeles, seharusnya lo yang sudah tidur seharian, ternyata di sana masih malam. Ketika badan lo masih beradaptasi dengan waktu di sana, maka itu yang dinamakan jet lag.

Jet lag adalah sesuatu yang nggak bisa lo hindari, khususnya ketika lo bepergian ke luar negeri. Nah sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi jet lag ini.

 

Makan buah pisang

Pisang mengandung hormon melatoin alami yang bisa membantu tubuh lo menyesuaikan diri dengan waktu yang baru. Misalnya badan lo mual, pusing atau bahkan sampai sulit konsentrasi, itu berarti lo mengalami gejala jet lag yang cukup parah. Untuk mencegah dan mengatasi hal demikian, lo bisa makan pisang ketika di pesawat dan ketika sampai di tempat tujuan. Lakukan ini sampai 2-3 hari begitu sampai di tempat tujuan ya Urbaners.

 

Tidur begitu sampai di tempat tujuan

Walaupun lo sudah tidur seharian di dalam pesawat, usahakan lo begitu sampai di penginapan lo langsung tidur saja Urbaners. Pada saat lo istirahat, maka badan lo akan berusaha menyesuaikan kondisi dengan waktu sekitar. Tidur juga akan membuat badan lo yang sebelumnya capek ataupun pusing akan berkurang.

 

Hindari alkohol atau kafein

Begitu sampai di tempat tujuan lo, jangan langsung minum kopi atau minuman yang mengandung alkohol. Kafein dan alkohol akan membuat adrenalin lo lebih kuat dan akhirnya lo nggak bisa tidur. Padahal salah satu cara untuk menghilangkan jet lag adalah tidur. Lebih baik lo perbanyak minum air putih Urbaners, jangan sampai dehidrasi.

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa lo lakukan untuk mengatasi dan mengurangi jet lag. Urbaners ada solusi lain?

 

Source: alodokter.com