Trending
Rabu, 10 Agustus 2016

3 Gereja Paling Bersejarah di Inggris

  • Share
  • fb-share
3 Gereja Paling Bersejarah di Inggris

Inggris adalah salah satu negara yang paling bersejarah di dunia. Selain satu-satunya negara yang “terpisah” dari Eropa, Inggris juga mempunyai sejarah agama yang cukup kental. Beberapa gereja di Inggris ternyata menjadi salah satu gereja tertua di dunia dan gereja terbesar di dunia. Walaupun Inggris masih kalah “historis” jika dibandingkan dengan Yunani ataupun Italia, tetapi nggak ada salahnya kalau lo mengunjungi Inggris, mampir sebentar untuk melihat kemegahan gereja yang ada di Inggris ini.

 

St Dunstan-in-the-East

Gereja St Dunstan-in-the-East letaknya sangat strategis, yaitu di tengah-tengah kota London. Nggak perlu susah-susah untuk mencari gereja ini, ketika lo berada di London Bridge atau Menara London, lo akan melihat satu-satunya bangunan megah ciri khas gereja. Gereja yang dibangun sejak tahun 1100 ini menjadi saksi bisu bagaimana kota London digempur habis-habisan pada perang dunia pertama dan kedua. Bahkan di saat perang dunia kedua, gereja ini hancur lebur oleh sekutu agar nggak dipakai tempat persembuyian. Tetapi setelah perang dunia kedua, pemerintah Inggris merenovasi dan setelah dibuka tahun 1971, Gereja St Dunstan menjadi salah satu gereja paling bersejarah di Inggris.

 

Cathedral of Liverpool

Inggris nggak hanya mempunyai salah satu gereja paling tua di dunia, tetapi juga mempunyai salah satu gereja terbesar di dunia. Tepatnya di Liverpool, yaitu Cathedral of Liverpool yang bisa menampung sampai 5800 orang di dalamnya. Dibangun pada tahun 1904, bangunan ini sangat ikonik jika kalian mengunjungi Liverpool.

 

St Bartholomew the Great

Gereja yang dibangun setelah Rahere, salah satu petinggi kerajaan di Inggris Rahere berkunjung ke Roma. Rahere melihat melihat melihat bahwa di Inggris nggak ada gereja yang sangat megah seperti di Roma, pada tahun 1420 akhirnya dibuat gereja St Bartholomew the Great yang sangat megah dengan pilar-pilar yang menjualng. Gereja ini sangat ikonik sampai menjadi beberapa latar belakang beberapa film terkenal di dunia.

Setiap gereja pasti mempunyai kisah unik dibaliknya. Sangat menarik ketika lo mengunjungi salah satu gereja kemudian melihat sisi sejarahnya.

 

Source: theculturetrip.com

Comments
Sandi Widiyantoro
Keren semua gerejanya
Susiana Saputri
Mantap banget