• Traveling
  • 4 Candi Rahasia yang Ada di Yogyakarta

4 Candi Rahasia yang Ada di Yogyakarta

Wed, 24 August 2016

Destinasi wisata apa aja sih yang biasanya lo datangi saat lagi traveling ke Yogyakarta? Kalau suka dengan jenis wisata bersejarah, tentu candi wajib berada dalam daftar kunjungan, ya. Jangan cuma menyambangi candi-candi yang sudah cukup mainstream seperti Borobudur atau Prambanan, Urbaners. Yogyakarta ternyata memiliki cukup banyak candi tersembunyi yang nggak kalah seru untuk lo jelajahi!

 

Candi Sambisari

Terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartini, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Candi Sambisati bisa lo tempuh dari pusat Kota Yogyakarta menuju 15 km ke arah timur laut. Candi Sambisari merupakan candi Hindu beraliran Syiwa, yang diperkirakan dibangun pada awal abad ke-9 oleh seorang Raja Mataram bernama Rakai Agung yang berasal dari Wangsa Syailendra.

 

Candi Gebang

Kalau berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, lo bisa sampai di Candi Gebang setelah menempuh perjalanan sejauh 11 km. Lokasinya berada di daerah Condongcatur, tepatnya di sebelah selatan Desa Gebang, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Kabarnya, eksistensi Candi Gebang berawal ketika penduduk setempat menemukan patung Ganesha pada bulan November 1936 silam.

 

Candi Sewu

Bagi yang sudah pernah ke Prambanan, lo mungkin sudah tahu tentang eksistensi candi satu ini. Candi Sewu memang merupakan gugus candi yang letaknya berdekatan dengan Candi Prambanan, kira-kira hanya berjarak 800 meter di sebelah selatan arca Rara Jongrang. Candi Sewu berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

 

Candi Barong

Nama candi satu ini berasal dari adanya hiasan di tubuh candi yang tampak seperti barong. Keberadaan Candi Barong, yang juga disebut sebagai Candi Sari Suragedug, disebutkan dalam Prasasti Ratu Baka dalam Bahasa Sansakerta dengan penulisan menggunakan huruf Jawa Kuno. Lokasi candi peninggalan agama Hindu terletak di Dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan.

Lain kali traveling ke Yogyakarta, pastikan agar lo mengunjungi candi-candi di atas. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen, siapa tahu ternyata candi yang lo kunjungi menjadi spot oke untuk menikmati sunset. Teman-teman lo pasti bakal ikut tertarik untuk berkunjung ke sana!

 

 

Source: idntimes.com

4 Cafe di Yogyakarta yang Asik Buat Hangout Bareng Teman

Monday, February 17, 2020 - 15:20
Gubug Makan Mang Engking yang ada di Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan mirip seperti kastil

Yogyakarta selalu berhasil bikin kangen, setuju nggak, Urbaners? Selain menyimpan segudang tempat wisata alam yang cantik, Yogyakarta juga dikenal karena memiliki sejumlah makanan khas yang sangat lezat. Nggak hanya itu saja, kota yang satu ini juga telah memiliki sejumlah café kekinian yang super asik dibuat tempat nongkrong bareng teman, Urbaners!

Inilah rekomendasi café keren dan asik yang bisa lo kunjungi saat mampir ke Yogyakarta.

 

The Captain Urban Lounge

Terdapat moncong pesawat yang ada di bagian depan caféSalah satu café dengan desain keren dan pastinya Instagrammable yang harus lo kunjungi adalah The Captain Urban Lounge. Terletak di Jl Damai No. 41 Sariharjo, Sleman, café yang satu ini cukup menjadi buah bibir dari warga sekitar Yogyakarta. Bagaimana tidak, café ini memiliki desain unik dengan moncong pesawat yang terletak di bagian depannya. Saat lo masuk ke dalam café akan disuguhkan dengan pemandangan yang mirip dengan pesawat Fokker 28. Saat nongkrong di tempat ini lo pasti akan merasa seperti sedang bersantai di dalam sebuah pesawat. Pada bagian kokpitnya pun disulap menjadi panggung untuk live music.

 

Iconic Gelato & Bistro

Di bagian dalam café Iconic Gelato & Bistro terdapat pajangan tokoh superhero dalam lemari kaca

Buat lo yang suka dengan tokoh-tokoh dari superhero, sebaiknya masukkan café yang satu ini ke dalam daftar tempat yang bakal lo kunjungi di Yogyakarta. Selain bisa menikmati sejumlah gelato yang lezat, di sini pengunjung juga bisa melihat koleksi superhero yang ditata dalam sebuah display kaca. Karakter superhero yang dipajang di sini cukup beragam mulai dari superhero dari Marvel, DC dan bahkan karakter dari Star Wars. Bertempat di Jalan Magelang Km 5,8, Yogyakarta, di café yang satu ini juga tersedia berbagai macam aksesoris superhero yang kalah menariknya.

 

Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking memiliki desain arsitektur yang keren dengan bentuk kastil khas Eropa

Ingin mencoba nongkrong dengan suasana yang unik? Coba kunjungi Gubug Makan Mang Engking yang ada di Jl Soragan No. 13, Yogyakarta ini ya Urbaners. Di tempat ini lo bisa menikmati sejumlah hidangan makanan yang lezat sembari merasakan suasana seperti berada di sebuah kastil khas Eropa. Desain bangunannya sangat keren karena menyerupai kastil sehingga cukup sering digunakan tempat foto bagi para pelanggannya. Rumah makan ini memang sudah memiliki banyak cabang di kota besar Indonesia lainnya, tapi jika ingin berfoto di kastil, lo hanya bisa menemukannya di Yogyakarta.

 

Café Brick

Desain bagian depan dari Café Brick memperlihatkan motor vespa dan bangunan yang terbuat dari bahan bata

Café Brick juga menjadi salah satu café unik yang berada di Yogyakarta. Café yang satu ini sangat nyaman dan memiliki suasana seperti berada di perkotaan yang ada di Eropa. Di depan café terdapat mobil antik dan di bagian dalamnya terdapat benda-benda unik yang berasal dari kota London. Beralamat di Jl Damai No. 8, Tambakan, Sleman, Yogyakarta, café ini juga memiliki barang-barang antik seperti kotak telepon, televisi, hingga radio. Café ini sangat nyaman sehingga lo pasti betah nongkrong berlama-lama di tempat ini.

Itulah beberapa café unik di Yogyakarta yang cocok buat nongkrong. Tertarik mampir di café yang mana nih, Urbaners?

 

 

Sources: kompas.com, Indonesia.tripcanvas.co, nyero.id