Trending
Rabu, 12 Oktober 2016

4 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Yuk Lestarikan!

  • Share
  • fb-share
4 Hewan Langka yang Hanya Ada di Indonesia, Yuk Lestarikan!

Indonesia memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa. Ratusan jenis satwa endemik hidup bebas di alam Indonesia. Namun sayang, beberapa hewan asli Indonesia terancam keberadaannya. Perburuan liar dan pengerusakan hutan menjadi penyebab utama kelangkaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hewan langka asli Indonesia yang patut kita lestarikan.

 

Burung Bidadari Halmahera

Burung berjuluk Si Genit asal Maluku Utara ini merupakan salah satu hewan yang masuk dalam keluarga cendrawasih. Julukan tersebut didapatkan karena tarian sang burung jantan yang gemulai menarik hati betinanya. Dengan nama latin Semioptera wallacii, burung ini tampil menawan dengan kombinasi warna cokelat, hijau, dan warna zaitun untuk betina. Sedangkan bulu pada burung jantan jauh lebih cantik, lengkap dengan mahkota berwarna ungu pucat yang mengkilap serta hijau zamrud yang menghiasi dadanya.

 

Komodo

Mungkin lo sudah sering mendengar hewan reptil yang satu ini. Komodo merupakan satwa endemik yang ada di Pulau Komodo dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Panjang tubuh komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat 70 kg. Meski terlihat santai, komodo sangat ganas ketika mengejar mangsanya, apalagi ketika mengejar rusa, makanan kesukaannya. Senjata utamanya terletak pada gigi-gigi kecil tajam dengan liur yang penuh bakteri.

 

Anoa

Hingga saat ini, diperkirakan hanya ada kurang dari 5.000 ekor Anoa yang hidup bebas di alam liar. Hewan sejenis banteng ini merupakan hewan endemik yang hanya dapat lo temukan di Pulau Sulawesi. Kelangkaan Anoa disebabkan oleh perburuan liar, di mana hewan ini sering diambil kulit, tanduk, dan dagingnya. Ada dua jenis Anoa di Sulawesi, yakni Anoa Pegunungan dan Anoa Dataran Rendah. Sayangnya, Anoa Dataran Rendah saat ini sudah tidak pernah terlihat lagi.

 

Jalak Bali

Jarang ada yang tahu bahwa hewan yang satu ini merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah. Bahkan, kebanyakan orang sering memperjualbelikan jalak bali di pasar bebas. Padahal, burung yang memiliki kicauan merdu ini diperkirakan hanya ada puluhan ekor di alam bebas. Untungnya, saat ini penangkaran jalak bali digalakkan di daerah asalnya sehingga masih ada harapan bagi mereka untuk mempertahankan jenisnya.

 

Itulah beberapa hewan langka di Indonesia yang terancam punah. Selain hewan-hewan tersebut, masih banyak hewan lain yang juga terancam punah. Sebagai warga negara yang baik, sangat benar bila lo sama-sama menjaga kelestarian alam Indonesia agar dapat diwariskan kepada anak cucu kelak.

Comments
PUJI RAHAYU kopkar
Keren banget
Argha hendriandika
Unik keren..