Home Traveling 4 Gunung Indonesia yang Cocok Banget Untuk Pendaki Pemula

4 Gunung Indonesia yang Cocok Banget Untuk Pendaki Pemula

Wednesday, December 14, 2016 - 11:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Hiking atau mendaki gunung adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Pasalnya, dengan mendaki gunung, lo bisa menyatu dengan alam dan menikmati indahnya karya Tuhan selagi bersyukur bisa hidup saat ini. Meski begitu, tak sembarangan orang bisa mendaki gunung seenaknya. Seorang pendaki gunung bisa saja tersesat di hutan apabila jarang atau bahkan belum pernah mendaki sebelumnya.

Mungkin lo adalah salah satu orang yang ingin mencoba menikmati puncak gunung dengan nyaman dan tenang. Latihan mendaki gunung adalah pilihan yang tepat. Caranya, pilih gunung yang nggak terlalu mendaki. Nah, berikut ini adalah beberapa gunung di Indonesia yang cocok untuk hiking bagi pemula. Gunung apa saja?

 

Gunung Bromo

Gunung paling mudah yang bisa lo pakai untuk latihan mendaki gunung adalah Gunung Bromo. Gunung yang bisa diakses dari Pasuruan, Probolinggo, Malang, dan Lumajang ini terkenal sebagai obyek wisata paling populer di Jawa Timur. Enaknya di Gunung Bromo adalah adanya anak tangga yang memudahkan pendaki untuk hiking ke puncak gunung. Jangan lewatkan momen golden sunrise yang bisa lo nikmati di setelah naik ke puncak di pagi buta.

 

Gunung Ijen

Sedikit lebih menantang, lo bisa naik ke Kawah Ijen yang bisa dicapai melalui Paltuding, Banyuwangi. Dari Paltuding, lo harus berjalan kaki sekitar 3 km. Mungkin di 1,5 km awal lo akan sedikit kesulitan karena jalurnya yang menanjak. Setelah itu, lo bisa sedikit lebih santai karena jalur selanjutnya cenderung lebih landai. Sesampainya di puncak Gunung Ijen, lo bisa memilih untuk turun ke kawah yang jaraknya sekitar 250 meter dari puncak atau duduk menikmati deretan pegunungan yang indah.

 

Gunung Papandayan

Beralih ke kawasan Garut, Jawa Barat, ada Gunung Papandayan yang hanya berketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut. Ada beberapa kawah cantik yang ada di puncak gunung, antara lain Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Setiap kawah mengeluarkan uap yang menyatu cantik dengan alam sekitar. Ada juga sumber air panas yang mengandung belerang buat lo yang ingin merasakan air panas alami.

 

Gunung Ungaran

Bergeser sedikit ke Jawa Tengah, ada Gunung Ungaran yang masih terletak di Kabupaten Semarang. Tinggi gunung ini hanya 2.050 meter di atas permukaan laut. Yang menarik, meski tak pernah ada sejarah aktivitas vulkanis di gunung ini, namun terdapat sumber air panas di kaki gunung yang tepat berada di Candi Gedong Songo dan Gonoharjo.

 

Sudah siap untuk berlatih hiking, Urbaners? Meski mudah, namun jangan sepelekan pendakian lo. Tetap waspada dan selalu awas dengan lingkungan sekitar agar tetap selamat hingga pulang nanti.