Keindahan Gunung Rinjani yang Bangkit Setelah Erupsi - MLDSPOT
  • Traveling
  • Keindahan Gunung Rinjani yang Bangkit Setelah Erupsi

Keindahan Gunung Rinjani yang Bangkit Setelah Erupsi

Thu, 12 January 2017

Beberapa tahun yang lalu tersiar kabar bahwa salah satu gunung cantik dan paling populer di Indonesia, Gunung Rinjani, mengalami erupsi yang cukup besar. Hal ini tentu mempengaruhi jumlah pendaki yang menjelajahinya. Saat ini Gunung Rinjani mulai kembali dikunjungi oleh para pecinta pendakian gunung. Meski sempat mengalami erupsi, keindahan Gunung Rinjani tetap terjaga dan lestari hingga saat ini.

 

Gunung favorit

Sebagai gunung favorit pendaki Indonesia, Gunung Rinjani memang memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Dari ketinggian puncak Gunung Rinjani yang mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut ini, lo bisa menikmati luasnya padang rumput atau sabana yang berada tepat di kaki gunung. Gunung cantik yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.

Ketika mendaki Gunung Rinjani, lo bisa menikmati pemandangan Pulau Lombok bagian utara. Di bagian barat kerucut gunung, terdapat kaldera yang menjadi lokasi ‘bersemayam’ Danau Segara Anak. Aliran air yang mengalir ke danau membentuk air terjun yang mengalir melewati jurang curam. Di bagian selatan danau terdapat danau lain bernama Segara Endut yang juga tak kalah indahnya.

 

Ada kegiatan tahunan

Para pecinta alam serta petualang sering kali menjadikan Puncak Gunung Rinjani sebagai tujuan favorit. Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini bahkan sangat ramai ketika bulan Juli dan Agustus. Di bulan-bulan tersebut, jumlah pendaki jauh lebih banyak dibanding bulan lainnya. Oleh karena itu, bila ingin mencari kedamaian diri, sebaiknya hindari bulan-bulan tersebut.

Yang menarik adalah kegiatan Tapak Rinjani yang setiap tahun diadakan secara rutin oleh salah satu kelompok pecinta alam di Pulau Lombok. Tujuan kegiatan Tapak Rinjani adalah untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan tersebut diadakan di dua tempat, yakni di Puncak Gunung Rinjani dan pastinya Danau Segara Anak

Gunung Rinjani bisa jadi tujuan selanjutnya pendakian lo bersama teman-teman. Dimana pun tujuan pendakian lo, sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan begitu, alam Indonesia yang indah akan lestari hingga anak cucu kita kelak.

Spot Foto Menarik di Jakarta: Biar Feeds Lo Tetep Hits!

Wed, 03 February 2021
Nggak harus keluar kota, lo juga bisa hunting foto menarik di spot foto di Jakarta.

Di era new normal ini rasanya mau pergi untuk hunting foto ke tempat-tempat menarik di luar kota jadi resiko besar yang nggak semua orang berani untuk ambil. Mungkin feeds instagram lo juga udah jamuran karena nggak ada foto baru yang bisa di post, atau mungkin post foto-foto lama yang masih tersisa di galeri?

Meskipun mengharuskan lo tetap berada di dalam kota – atau lebih tepatnya Ibukota, kali ini MLDSPOT punya rekomendasi tempat menarik yang bisa lo datangi untuk sekedar hunting foto. Spot foto di Jakarta yang bisa lo kunjungi ini akan lebih banyak public space nya, jadi lo nggak perlu khawatir untuk bertemu dengan kerumunan orang.

Lebih baik simak terus artikel ini sampai habis, bro – biar lo tetap bisa hunting foto baru dan feeds lo nggak membosankan lagi!

Berkunjung ke Little Tokyo dan Sekitarnya

Nggak harus keluar kota, lo juga bisa hunting foto menarik di spot foto di Jakarta.

Credit image - Qraved

Mungkin sebutan ‘Little Tokyo’ ini nggak asing buat lo yang tinggal di Jakarta Selatan – tapi untuk lo yang belum tau, sebutan ini kerap dilontarkan untuk menyebut daerah Blok M dan sekitarnya.

Awal mula disebut sebagai Little Tokyo adalah karena di kawasan Blok M dan Melawai banyak restoran yang menyajikan makanan Jepang dan bernuansa Jepang pula. Selain di kawasan Blok M – Melawai, sepanjang jalan Blok M juga banyak spot-spot menarik yang bisa lo datangi.

Seperti sekitaran Blok M Square, kawasan ASEAN, hingga kawasan terminal – dengan hanya mengitari kawasan Blok M, pasti lo udah dapat banyak hasil foto menarik dengan berbagai pemandangan yang berbeda juga, bro!

Sepanjang Jalan Sudirman – MH Thamrin

Nggak harus keluar kota, lo juga bisa hunting foto menarik di spot foto di Jakarta.

Credit image – CNBC Indonesia

Sepertinya spot yang foto yang satu ini udah nggak asing untuk lo dengar. Gimana nggak, sejak kehadiran MRT dan juga halte-halte bus yang direnovasi sehingga nampak lebih elegan, semua orang yang melewati kawasan Sudriman sampai MH Thamrin serasa lagi di luar negeri.

Spot jalan ini memang sering digunakan untuk orang-orang yang melakukan photoshoot. Tapi untuk lo yang memang mau hunting foto, hiruk pikuk di sepanjang jalan ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Terlebih saat jam pulang kantor dan hujan – hunting foto lo bakal jadi hasil yang memorable deh.

Toko Merah, Kota Tua

Nggak harus keluar kota, lo juga bisa hunting foto menarik di spot foto di Jakarta.

Credit image – Kumpara

Nggak banyak yang tau kalau di Kota Tua masih banyak spot foto menarik selain museum Fatahilah dan musem Bank Mandiri. Lokasi yang satu ini berada di tepi Kali Besar, yaitu dinding Toko Merah!

Toko yang dibangun sejak tahun 1703 oleh Belanda ini sekarang dijadikan gedung pertemuan dan galeri komersial oleh BUMN. Meskipun hanya digunakan oleh pihak pemerintahan pada waktu-waktu tertentu, lo tetap bisa hunting foto di sini – tepatnya di bagian depan gedung ini.

Vintage ala-ala di Pantjoran Tea House

Nggak harus keluar kota, lo juga bisa hunting foto menarik di spot foto di Jakarta.

Credit image – Flokq

Di daerah pancoran, ada sebuah tempat bernama Panjoran Tea House. Tempat singgah bermenu utama teh ini memiliki tempat bernuansa vintage. Dari melihat gedung bagian depannya aja, pasti lo langsung jatuh cinta!

Kalau lo memang tertarik untuk berkunjung, pastinya suasana vintage ala asia timur lebih terasa pada interior dalamnya. Tapi kalau lo hanya mau hunting sekitaran ini juga nggak ada salahnya – karena di sekitaran kawasan ini, lo bisa merasakan atmosfir seperti di china town.

Dari 4 rekomendasi tempat hunting foto ini, pasti banyak yang sudah mengunjunginya. Tapi biar feeds lo nggak membosankan, nggak ada salahnya untuk mengunjungi tempat itu lain dan mengambil angle dan spot yang berbeda kan, bro? Happy hunting!

 

Feature image – Pexels