Trending
Kamis, 02 Februari 2017

4 Alasan Kenapa Lo Harus Mengunjungi Riau

  • Share
  • fb-share
4 Alasan Kenapa Lo Harus Mengunjungi Riau

Indonesia punya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Riau. Riau merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Sumatera dan berbatasan laut dengan Malaysia. Beribukota Pekan baru, banyak tempat wisata yang bisa banget buat jadi tujuan wisata selanjutnya ketika ingin liburan keliling Indonesia. Lantas, apa sih yang jadi alasan lo harus mengunjungi Riau?

 

Ada Pulau Batam

Siapa sih yang nggak tahu Pulau Batam? Di pulau yang berbatasan langsung dengan Singapura ini bisa dibilang sangat ramai dengan lalu lintas perniagaan. Kawasan ini bahkan sudah masuk sebagai kawasan perdagangan bebas atau free trade zone¸ jadi lo bisa belanja gadget-gadget kece dan canggih yang murah. Jarak dari Batam ke Singapura hanya 15 km, yang bisa ditempuh dengan kapal feri hanya dalam waktu 15 menit saja. Jadi, nggak salah bila lo sekalian mampir ke negeri tetangga dan menikmati street food di sana.

 

Candi Muara Takus

Di Riau juga terdapat Candi Muara Takus, tepatnya di Kabupaten Kampar yang kurang lebih berjarak 135 km dari Pekanbaru. Kompleks Candi Muara Takus ini dikelilingi tembok berukuran 74x74 meter dengan tembok tanah berukuran 1,5x1,5 km. Bahan banungan candi ini terdiri dari batu pasir, batu sungai serta batu bata. Menurut cerita, batu bata yang digunakan untuk membangun candi dibawa dari desa Pongkai secara beranting dari tangan ke tangan. Inilah simbol gotong royong yang jadi sifat dasar masyarakat Indonesia.

 

Wisata alam di Riau yang tak kalah indah

Di Riau juga banyak wisata alam yang wajib dikunjungi. Ada Ombak Bono yang jadi tujuan utama peselancar. Ombak ini tak seperti ombak biasa yang muncul di laut, melainkan hasil pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut. Di musim penghujan, Ombak Bono semakin seru. Selain itu, ada juga Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Air Terjun 86, Air Terjun Merangin, hingga Pantai Ketapang.

 

Upacara Bakar Tongkang

Masyarakat Tionghoa di kawasan Bagansiapiapi punya ritual adat yang unik yakni Ritual Bakar Tongkang. Upacara ini ditujukan untuk mengenang para leluhur masyarakat sekitar ketika menemukan kawasan Bagansiapiapi yang kaya akan hasil alam mulai dari ikan hingga tumbuh-tumbuhan. Perayaan ini biasanya dilakukan pada tanggal 16 bulan kelima kalender Tionghoa.

Sebagai salah satu provinsi terkaya di Indonesia, nggak salah bila Riau bisa jadi pilihan tujuan wisata ketika liburan nanti. Cinta Indonesia bisa dimulai dengan mencintai setiap wilayahnya kok!

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Pulau Terindah di Indonesia

Comments
Lukmanul hakim
Indonesia punya banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Riau.
Kamto mun
Keren juga ya