Trending
Jumat, 17 Februari 2017

Flores, Surga Para Pecinta Burung

  • Share
  • fb-share
Flores, Surga Para Pecinta Burung

Tak dapat dipungkiri, Kepulauan Indonesia yang membentang dari Sabang sampai Merauke menyimpan banyak keindahan alam. Tak perlu pergi ke luar negeri, banyaknya tempat wisata di Indonesia seakan tak akan pernah habis untuk dikunjungi. Mau wisata bahari? Banyak! Berwisata layaknya pecinta alam? Tinggal pilih! Atau mau wisata menikmati kekayaan flora dan fauna? Tentu ada. Jenis flora dan fauna yang tersebar di wilayah Indonesia tidak sama antar daerah satu dengan yang lainnya. Pulau Flores misalnya, merupakan wilayah Indonesia bagian timur yang merupakan surga bagi para pecinta burung. Berikut dua tempat di Flores yang bisa lo kunjungi kalau lo seorang pecinta burung.

 

Taman Nasional Komodo

Taman nasional ini terkenal di seluruh dunia, lho. bahkan termasuk ke dalam warisan dunia. Di sini lo bisa melihat bagaimana kehidupan komodo secara langsung. Ada sekitar 2700 ekor komodo di taman nasional ini. Meskipun namanya demikian, tapi yang ada di sini nggak hanya komodo, lho. Ada sekitar 111 jenis burung indah yang bisa lo jumpai seperti kakatua jambul kuning, perkutut, pargam hijau, burung gosong, burung kacamata laut, dan masih banyak lagi. Nggak cukup sampai di situ, karena taman ini terdiri atas tiga pulau (Pulau KomodoPulau Rinca, dan Pulau Padar) lo bisa menikmati keindahan alam berupa hamparan savana yang luas disertai pantai dengan air laut yang jernih. Jadi, lo juga bisa melakukan snorkeling di sini.

 

Taman Nasional Kelimutu

Masih kurang puas? Yuk, beralih ke Taman Nasional Kelimutu. Taman Nasional Kelimutu terletak di Gunung Kelimutu. Di sini juga terdapat Danau Tiga Warna yang cukup populer. Selain terdapat keanekaragaman flora dengan hutan seluas 4,5 hektare, taman ini juga memiliki koleksi fauna seperti burung-burung yang hampir punah, seperti burung cabai emas, burung opior paruh tebal, elang flores, burung madu matari, dan masih banyak lagi.

Masih belum puas? Nggak perlu khawatir. Wilayah Flores memiliki keindahan alam yang memukau. Lo nggak bakal bosen berada di sini. Jangankan tiga hari, seminggu saja rasanya masih kurang rasanya berwisata ke pulau ini. Jangan lupa kunjungi juga Labuan Bajo, ya!

 

Source: katanaura.blogspot.co.id

Comments
SAWI TRI
Taman Nasional Komodo
AGUSTIN DWI CHRISTANTI
Taman Nasional Kelimutu