Trending
Jumat, 17 Februari 2017

Indonesia Sebagai Surga Terumbu Karang Dunia

  • Share
  • fb-share
Indonesia Sebagai Surga Terumbu Karang Dunia

Terumbu karang sejatinya bukan hidup untuk dinikmati oleh manusia begitu saja. Fungsi utama dari terumbu karang adalah untuk melindungi pantai dari erosi banjir pantai dan juga melindungi dari peristiwa yang diakibatkan oleh fenomena laut. Lalu bagi biota laut, terumbu karang ini adalah rumah, tempat mencari makan, serta tempat berkembang biak yang sangat baik. Oleh karena itu, terumbu karang adalah salah satu ekosistem yang harus dijaga dan dilindungi.

Indonesia adalah salah satu surga terumbu karang dunia. Setidaknya hampir setiap pantai di Indonesia mempunyai terumbu karang yang sangat cantik. Menurut situs greenpeace, setidaknya luas terumbu karang di Indonesia mencapai 50 ribu kilometer dan menyumbang sekitar 16 persen dari luas total terumbu karang dunia. Nah, di bawah ini akan dibahas tiga situs terumbu karang terbaik di Indonesia. Siapa tahu lo yang belum mempunyai rencana liburan bisa mempertimbangkan lokasi di bawah ini.

 

Taman Laut Bunaken

Bunaken ini letaknya di Manado, Sulawesi Utara. Jika lo ingin mengunjungi Taman Nasional Bunaken, jaraknya hanya 30 menit naik kapal dari Manado. Di sini terbentang 8 kilometer persegi Taman Nasional yang dilindungi. Taman Nasional Bunaken merupakan salah satu taman laut dengan tingkat biodiversitas tertinggi di dunia.

 

Taman Laut Raja Ampat

Selanjutnya ada Taman Laut Raja Ampat yang terletak di Papua. Dibandingkan dengan Taman Nasional Bunaken, taman laut ini memang berbeda karena tempatnya lebih alami. Lo bisa menikmati taman laut yang lebih sepi dan suasananya yang masih jarang terjamah manusia. Di sini banyak terumbu karang yang unik karena termasuk segitiga koral dunia, yakni Filipina-Indonesia-Papua New Guinea.

 

Kepulauan Derawan Berau

Kepulauan Derawan Berau berada di Kalimantan Timur. Di sini, lo akan melihat surganya biota laut di Indonesia. Setidaknya ada 500 jenis terumbu karang dengan 800-an spesies ikan karang. Hampir semua ikan dan terumbu karang di Derawan ini dilindungi dan hanya ditemukan di Indonesia.

Seperti dijelaskan di awal, terumbu karang adalah salah satu alat untuk berkembangnya biota laut dan sekitarnya. Tugas dari manusia adalah untuk melindungi dan menjaga agar terumbu karang tetap lestari.

 

source: goodnewsfromindonesia.com

Comments
AGUS NAWING
Keren banget
Hamzah
Mantaaaaaaaap