Trending
Kamis, 13 Juli 2017

3 Tempat Wisata di Indonesia yang Berikan Cerita Mitos Awet Muda

  • Share
  • fb-share
3 Tempat Wisata di Indonesia yang Berikan Cerita Mitos Awet Muda

Bukan rahasia umum lagi kalau di setiap daerah di Indonesia pasti mempunyai cerita mitos yang sangat menarik untuk diikuti. Misalnya, pantai selatan di Yogjakarta. Lo pasti tahu kalau pengunjung pantai di sana lo nggak boleh pakai baju berwarna hijau. Tetapi uniknya nih Urbaners, semakin aneh dan unik mitos tersebut bermunculan, maka wisatawan akan semakin banyak berdatangan.

Salah satu mitos yang terkenal adalah mitos awet muda. Ternyata di Indonesia ada banyak sekali tempat yang sampai sekarang dipercaya masih mengeluarkan aura awet muda. Di mana sajakah itu?

 

Taman Narmada, Nusa Tenggara Barat

Berada di Desa Lembuah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Taman Narmada merupakan salah satu taman peninggalan Raja Mataram yang sangat indah. Dibangun oleh Raja Mataram Anak Agung Ngurah, awalnya Taman Narmada ini dibuat sebagai alternatif upacara Pakelem, sebuah upacara penghormatan kepada alam. Di tengah Taman Narmada ini terdapat kolam dengan mata air yang disebut Bale Petirtaan, yang dipercaya sebagai air muda. Untuk masuk ke sini, lo harus melewati beberapa ritual terlebih dahulu lho, Urbaners.

 

Gua Pindul, Yogyakarta

Selanjutnya ada Gua Pindul, Yogyakarta. Di sini, tempatnya nggak seketat Taman Narmada, NTT. Hampir setiap weekend dan libur panjang, Gua Pindul udah pasti bakal dijejali banyak banget wisatawan dari dalam dan luar Yogyakarta. Ketika berusaha menyusuri Gua Pindul, lo bisa melihat ratusan stalaktit yang sangat indah. Nah, di salah satu stalaktit tersebut, ada tetesan bernama Ceruk Mini yang dipercaya bisa membuat orang awet muda.

 

Air Terjun Sedudo, Nganjuk

Air Terjun Sedudo di kota Nganjuk ini setiap akhir pekan masih didatangi oleh ratusan orang dari seluruh Jawa Timur atau bahkan luar Jawa Timur. Selain indah, Air Terjun Sedudo ternyata juga menyimpan cerita mitos yang bisa membuat orang awet muda. Bahkan di setiap bulan Suro, di sana terdapat ritual pemandian Sedudo dan ritual Parna Prahista.

Walaupun cerita tersebut belum sepenuhnya benar, tetapi sampai sekarang masih banyak yang mempercayai cerita tersebut. Apakah ada tempat wisata di daerah lo yang ternyata memiliki cerita mitos awet muda?

 

Source: detik.com

Comments
Aldi hidayat
Wah keren abiss
Iriyandi
Keren bosku