5 Festival Unik Dunia

Tue, 01 August 2017

Mendengar kata festival, pikiran Urbaners pasti langsung tertuju pada sebuah kemeriahan dan acara yang ramai serta penuh hal-hal unik. Biasanya festival digelar untuk mengumpulkan banyak orang dan melakukan hal yang menyenangkan.

Setiap negara pastinya memiliki acara festival yang merepresentasikan budaya yang telah turun-temurun.  Beberapa negara memiliki festival tahunan yang unik, aneh, bahkan bisa dibilang tidak biasa.

Keseruan, kemeriahan, dan tema festival yang unik di setiap negara membuatnya jadi sorotan dunia. Bahkan menjadi salah satu agenda wisata wisatawan dunia. Mau tahu festival yang unik dan gokil di belahan dunia? Yuk kita simak ulasannya.

 

Mengenang erupsi gunung berapi di Festival Bolas De Fuego

Acara yang diadakan setiap 31 Agustus ini diselenggarakan untuk mengenang erupsi gunung berapi di El Salvador. Pada 1922, gunung berapi meletus dan melanda seluruh warga Kota Nejapa.

Biasanya festival akan dibuka dengan acara musik. Saat malam, masyarakat akan mulai berkelahi dengan bola api. Acara ini diklaim aman karena jarang ada yang cedera.

Selain itu juga, lo akan menikmati kopi khas Meksiko dan tarian mereka. Hmmm, seru kan.

 

Festival lempar ikan tuna Tunarama

Waktu digelarnya festival ini sepertinya menjadi hari sial bagi ikan-ikan tuna yakni pada bulan Januari. Soalnya, ikan tuna di Australia sering ditangkap berlebihan. Bukannya dilestarikan, eh malah dibuat festival.

Pada hari itu akan diadakan kontes melempar ikan tuna. Berat seekor tuna bisa mencapai 10 kilogram. Aneh-aneh saja. Selain lempar tuna, festival juga dimeriahkan lomba makan semangka, mengupas kulit udang, hingga menggelindingkan gentong.

Penduduk Port Lincoln, Australia Selatan diketahui punya penghasilan utama dari industri tuna. Alasan itulah yang membuat mereka menjadikan Tunarama ini sebagai festival tahunan. Tak sedikit wisatawan dunia mengikuti festival ini.

 

Berbasah-basahan di Festival Songkran (Thailand)

Festival ini menjadi daya tarik wisatawan dunia saat mengunjungi Thailand. Festival Songkran rutin diadakan setiap tahun pada 13-15 April. Jika datang ke festival ini, lo sudah mesti menyiapkan baju ganti karena dijamin akan berbasah-basah ria. Byur!

Dalam festival ini, lo akan melakukan perang air. Orang-orang akan menyemprot temannya atau bahkan orang yang tak dikenal dengan selang, balon air, atau bahkan pistol air.

Awal mula dari perang air ini adalah dari kegiatan ritual mencuci patung Buddha. Mereka kemudian akan mencipratkan air bekas mencuci patung dengan tujuan memperoleh berkah ataupun keberuntungan.

 

Festival lempar kambing (Spanyol)

Festival ini digelar setiap hari Minggu keempat bulan Januari tepatnya di desa kecil Manganeses de la Polvorosa, Provinsi Zamora, Spanyol. Festival untuk menghormati St Vincent de Paul, pelindung suci mereka ini telah ada bertahun-tahun namun tidak ada yang tahu kapan pertama kali diadakan.

Festival ini melibatkan pria muda yang mencari kambing di desanya. Ia kemudian mengikatnya dan membawa kambing ke atas menara gereja yang memiliki ketinggian 15 meter. Kambing kemudian dilemparkan. Tenang, kambing tetap selamat karena dipasang terpal untuk menahan jatuhnya.

Kini festival ini menggunakan kambing replika karena mendapat banyak protes dari aktivis pecinta binatang. Konon ada legenda yang menyebutkan ada kambing ajaib yang memberi makan penduduk miskin dengan susunya, jatuh dari menara tetapi mendarat dengan sempurna.

 

Menangkap keju di Bukit Cooper Inggris

Kegiatan tahunan ini diadakan di bukit Cooper, West Country, setiap Mei. Keju Double Gloucester digelindingkan dari atas bukit, kemudian para peserta menyusul menuruni bukit sambil mengejar keju. Siapa yang menangkap keju seberat 4 kilogram maka keluar sebagai pemenang.

Bukit yang agak curam membuat keju bisa mengelinding dengan kecepatan 113 kilometer per jam. Meski risiko cedera kerap menghantui para pesertanya, festival ini tidak pernah sepi pengunjung setiap tahunnya. Aneh-aneh saja ya Urbaners.

Demikian berbagai festival aneh dan unik yang ada di dunia. Menurut Urbaners, festival manakah yang paling unik? Yang pasti semua festival di atas merupakan salah satu ciri khas negara tersebut. Meski aneh, kita harus tetap menghargainya.

 

 

Source: Timeout.com, nationalgeographic.co.id

Jalan-Jalan Keliling Dunia di Rumah dengan 5 Tur Virtual

Fri, 24 April 2020
Seorang pria sedang duduk di kursi sambil menggunakan VR gadget

Pandemi COVID-19 di seluruh dunia menjadi hambatan buat lo yang sudah berencana untuk menikmati liburan. Untuk mengisi waktu luang lo selama isolasi diri di rumah, ada opsi virtual tour yang siap membawa lo ke destinasi-destinasi top di dunia.

 

The Louvre

Tampak luar The Louvre di Paris saat sore hari dan dipenuhi turis.

Salah satu bangunan museum paling ikonik di seluruh dunia ini tutup sementara selama pandemi COVID-19 berlanjut. Kabar baiknya, lo nggak perlu jauh-jauh terbang ke Paris untuk bisa menikmati pameran seni, benda bersejarah, dan galeri di Museum Louvre. Lo bisa langsung cek laman Museum Louvre di sini dan ikut virtual tour yang disediakan.

Terdapat 4 kategori virtual tour yang bisa diambil kapan saja, yaitu Exhibition: The Advent of The Artist’, Egyptian Antiquities, Remains of The Louvre’s Moat, dan Galerie d’Apollon. Cukup gunakan smartphone, tablet, atau laptop, lo sudah bisa menikmati keindahan The Louvre langsung dari rumah.

 

Walt Disney World

Patung Walt Disney dan Mickey di depan Istana Cinderella di Walt Disney World.

Punya impian untuk pergi ke Walt Disney World? Buat pecinta Disney, sekarang lo hanya butuh jaringan internet untuk bisa merasakan keseruan di Walt Disney World. Tenang saja, virtual tour tidak dipungut biaya dan bisa diakses di mana saja dan kapan pun yang lo mau. Nggak hanya sekadar jalan-jalan di area Walt Disney World, tetapi lo juga bisa ikut virtual ride yang membuat lo merasa seakan-akan sedang bermain langsung.

Lo bisa ikut naik Frozen Ever After, It’s a Small World, Monster, Inc. Mike and Sulley to the Rescue!, dan Pirates of the Caribbean. Ini bisa lo jadikan ide untuk kencan virtual selanjutnya bersama si doi. Kapan lagi bisa nge-date di Walt Disney World!

 

Yosemite National Park

Pemandangan danau dan bukit berbatu di Yosemite National Park

Bosan di rumah akan membuat lo punya keinginan besar untuk berpetualang di alam liar. Sayang sekali, masa karantina ini menghalangi lo untuk bepergian ke luar rumah. Tetapi, sekarang lo bisa mengunjungi Yosemite National Park langsung dari rumah lo sendiri. Berlokasi di California, Amerika Serikat, taman ini menyuguhkan pemandangan indah penuh bebatuan serta perairan yang indah dipandang.

Saat lo penat dengan pekerjaan atau ingin melihat pemandangan alam yang segar, lo bisa langsung klik di sini untuk segera mengunjungi Yosemite National Park lewat virtual tour. Selain Yosemite, terdapat juga virtual tour untuk Yellowstone National Park yang terkenal dengan geyser penuh warna.

 

Tembok Besar China

Potret Tembok Besar China dari atas yang sepi pengunjung dan dikelilingi bukit hijau.

Salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di dataran China sekarang memang tidak memungkinkan untuk dikunjungi, terutama oleh turis dari Indonesia. Namun, lo tetap bisa menikmati jalan-jalan santai menyusuri Tembok Besar China melalui virtual tour yang kini tersedia untuk diakses kapan pun.

Destinasi yang terkenal ramai oleh pengunjung, bisa lo nikmati sendiri di rumah tanpa gangguan orang lain. Terlebih lagi, lo nggak perlu lelah berjalan selama tur, cukup duduk dengan tenang sambil menatap layar laptop.

 

Sistine Chapel

Interior di dalam gedung Sistine Chapel yang penuh dengan Raphael’s tapestries.

Saat berkunjung ke Italia, Sistine Chapel adalah destinasi top yang tidak boleh dilewatkan. Dibuka untuk umum, gereja bersejarah ini terkenal dengan gaya interior serta lukisan “The Last Judgment” di langit-langit bangunan. Selalu padat akan pengunjung, ini saatnya bagi lo mengunjungi Sistine Chapel di rumah untuk mengisi waktu luang.

Walaupun kini Italia sedang dalam masa lockdown, lo tetap bisa melihat sendiri keindahan bangunan Sistine Chapel lewat virtual tour. Siapkan laptop dan jaringan internet yang stabil sebelum memulai virtual tour, Bro!

 

Sources: goodhousekeeping.com, Washington Post, Lonely Planet