• Traveling
  • 7 Rekomendasi Destinasi Wisata buat Liburan Seru Akhir Tahun

7 Rekomendasi Destinasi Wisata buat Liburan Seru Akhir Tahun

Mon, 23 December 2019
Pemandangan pulau-pulau dan laut di Raja Ampat, Papua

Akhir tahun memang paling seru kalau dihabiskan buat traveling. Nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia ada banyak kok destinasi wisata yang nggak kalah asyik buat lo kunjungi. Setiap kota tentunya menawarkan pengalaman yang berbeda. Tinggal pilih saja sesuai saja dengan selera dan kebutuhan lo. Check our reccommendations below!

 

Sederhana di Yogyakarta

Tugu Jogja berwarna putih, dengan situasi jalanan yang terlihat agak sepi.

Kesederhanaan dan keramahan orang-orang Yogyakarta selalu membuat siapa pun kangen buat berkunjung lagi. Kenapa nggak lo manfaatkan saja momen liburan akhir tahun ini buat liburan ke Yogyakarta? Biaya yang dibutuhkan juga cenderung terjangkau. Di sini ada banyak hostel untuk backpacker dan lo bisa sekalian wisata kuliner mencicipi aneka street foods lezat.

 

Menikmati Kopi dan Senja di Bandung

Suasana area outdoor Orofi Cafe by The Valley menjelang senja.

Kalau mau menghabiskan liburan akhir tahun sambil bersantai, Bandung bisa jadi destinasi yang tepat. Kota Kembang ini menawarkan banyak kafe dengan pemandangan sunset yang keren banget. Sebagai rekomendasi, lo bisa datang ke Orofi Cafe by The Valley yang ada di kawasan Lembah Pakar. Sambil lihat sunset, lo bisa menikmati secangkir kopi hasil seduhan Orofi Cafe.

 

Menjelajah Taman Nasional Komodo

Seekor komodo di salah salah satu bagian Taman Nasional Komodo.

Rencananya, pada tahun 2020 nanti Taman Nasional Komodo bakal ditutup untuk rehabilitas. Belum tahu apakah itu benar-benar bakal dilakukan, tapi nggak ada salahnya buat tetap ke sana saat liburan akhir tahun ini. Lo bisa jalan-jalan sambil peduli lingkungan mengingat Taman Nasional Komodo sudah dinobatkan sebagai salah satu World’s Heritage Site oleh UNESCO.

 

Melihat Sunrise Kawah Ijen

Pemandangan sunrise di Kawah Ijen, langit berwarna cenderung oranye.Hunting sunrise juga bisa jadi ide oke buat menghabiskan liburan akhir tahun. Salah satu destinasi terbaik buat melakukan aktivitas tersebut adalah Kawah Ijen di Banyuwangi. Di sini terdapat sunrise point dengan pemandangan yang eksotis. Sebaiknya mulailah mendaki saat dini hari agar lo juga bisa sekalian menyaksikan fenomena alam Blue Fire yang begitu ikonik.

 

Island-hopping di Raja Ampat

Pemandangan pulau-pulau di Raja Ampat jika dilihat dari atasRaja Ampat bisa jadi destinasi wisata akhir tahun buat lo yang punya jiwa petualangan tinggi. Di sini terdapat 4 gugusan pulau yang lokasinya berdekakatan. Ajak teman-teman lo buat island-hopping rame-rame ke Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Batanta, dan Pulau Salawati. Jangan lupa bawa kamera buat mengabadikan momen-momen seru dengan latar belakang pemandangan menakjubkan!

 

Kulineran di Medan

Tumpukan durian di outlet Durian Ucok Medan

Kalau masih bingung mau ngapain saat liburan akhir tahun nanti, kulineran di Medan bisa menjadi opsi yang menarik. Lo bisa makan durian Ucok yang popularitas kenikmatannya sudah terdengar se-Indonesia. Kalau mau makan makanan berat, coba cicipi soto khas Medan di Rumah Makan (RM) Sinar Pagi yang melegenda. Sebagai opsi lain, ada juga Seafood Hawwi Sari Laut yang kabarnya sudah puluhan tahun berjualan.

 

Bersantai di Bali

Suasana menjelang malam hari di La Laguna Bali, dengan deretan lampu gantung.When in doubt, travel to Bali! Sampai sekarang Bali masih menjadi salah satu destinasi wisata akhir tahun paling populer di Indonesia. Pilihan aktivitasnya pun banyak, nggak cuma party di beach club. Bagi yang lebih suka suasana tenang, lo juga bisa kok bersantai di lounge atau tempat nongkrong lain seperti La Laguna, La Favela, Livingstone Bakery, dan The Coffee Library.

Liburan akhir tahun, saatnya bersenang-senang dan melepas penat. Berbagai aktivitas di atas bisa lo jadikan pertimbangan. Happy holiday and happy new year, Urbaners!

 

 

Sources: blog.traveloka.com, rappler.com, idntimes.com

Tidak Biasa, 5 Kafe di Jakarta Ini Hadir dengan Konsep Anti Mainstream

Mon, 30 March 2020
Empat orang terlihat sedang menikmati waktu di sebuah kafe

Lima kafe di bawah ini mengusung konsep yang anti-mainstream. Berusaha menampilkan sisi distinct pada bisnis kafe yang marak di kota-kota besar, Jakarta salah satunya. Kelima kafe unik ini bisa jadi tujuan ‘pelarian’ lo, dengan mengambil jeda rutinitas ibukota yang selalu sibuk di keseharian.

 

Kayuh Clubhouse Café

Salah satu sudut kafe dengan beberapa pengunjung

Buat lo pencinta hidup sehat yang hobi ke mana-mana pakai sepeda, ada satu tempat yang cocok buat lo kunjungi, Kayuh Clubhouse Café. Kafe dengan interior rustic ini dibuat minimalis dan pastinya bisa bikin lo lebih nyaman saat nongkrong di sini. Dinding kafe yang dibiarkan tanpa dicat ini juga dihiasi tanaman rambat dan sepeda yang digantung.

Berlokasi di Jalan Cikajang, Petogogan, daerah Kebayoran Baru, suasanannya tenang dan nyaman. Kalau ke tempat ini, lo wajib coba Es Kopi Susu Gowes yang rasanya nikmat cocok untuk menemani lo bersantai. Harga menu di sini juga murah, bersahabat dengan kantong.

 

Haka Dimsum

Seorang pelanggan sedang menaiki tangga masuk Haka Dimsum

Haka Dimsum memiliki satu cabang di daerah Kemang yang buka selama 24 jam untuk memberikan lo kesempatan menyantap dimsum, makanan khas dari China Selatan. Kalau lo berkunjung ke sini saat sore, lo bisa lihat anak muda ramai menikmati dimsum di sini dengan rentang harga yang terjangkau pula.

Hal lainnya yang unik juga dari shop cabang Kemang ini adalah, salah satu dinding yang bersisian dengan tangga menuju resto mereka yang dipenuhi dengan poster-poster China. Kesannya lo sedang berkunjung ke salah satu resto di Hongkong. Buat lo yang penikmat chinese street food, Haka Dimsum nggak boleh kelewatan.

 

Sunyi Coffee

Staff kafe berinteraksi dengan bahasa isyarat

Nah, satu lagi kafe yang nggak biasa di Jakarta. Sunyi Coffee ini dioperasikan oleh teman-teman tunarungu. Dengan konsep kafe yang minimalis, dan kopi manis yang nikmat lo bisa menikmati suasana eskapis di sini, jauh dari keramaian ibukota. Ditambah mereka punya Aglio Olio ternikmat di sini.

Nggak cuma itu, di kafe yang berlokasi di Jalan Fatmawati ini lo juga bisa dapat manfaat tambahan dengan berinteraksi bersama teman-teman tunarungu yang bekerja di sini. Mereka akan dengan senang hati mengajarkan lo basic sign language, kalau lo mau.

 

Carburator Springs Cafe

Suasana kafe dengan beberapa orang duduk di pantry

Kafe yang satu ini jadi tempat nongkrong wajib dikunjungi untuk para bikers dan pecinta otomotif. Kalau lo salah satunya, lo harus sempatkan untuk datang ke sini dan nikmati menu grilled andalan Carburator Springs Café. Kafe ini berlokasi di Jalan Veteran, Bintaro, daerah Pesanggrahan.

Saat lo datang ke sini, nggak cuma kafe saja daya tariknya. Ada bikers station tempat lo bisa cuci mata melihat moge, dan toko khusus yang menjual line apparel serta perlengkapan bikers di sini. Beberapa malam juga diramaikan dengan live music, pokoknya dijamin asik.

 

Social Garden

Para staff resto tampak bekerja di pantry

Apa jadinya kalau taman dan resto dijadikan satu? Social garden jadinya. Kafe yang bertempat di Ground Floor Senayan City ini berhasil menarik perhatian banyak pengunjung mall karena tanaman tropis yang mendominasi interiornya. Memberi ambiance hangat dan teduh dengan unsur kayu di resto ini .

Lo bisa menyantap berbagai macam menu makanan saat bersantai sejenak di sini. Dari makanan Asia hingga Italia tersedia, termasuk makanan penutup yang gluten free. Menikmati makan siang di sini pasti bikin lo betah.

Jadi mana yang akan lo kunjungi untuk melepas penat dan refreshing diri? Atau coba semua? Boleh lah!

 

 

Sources: Qraved, Detik Food, Carburator Springs, Wolipop