Home Traveling ARTJOG 2019 Usung Tema Arts in Common
ARTJOG 2019 Usung Tema Arts in Common

ARTJOG 2019 Usung Tema Arts in Common

Monday, August 5, 2019 - 16:14
Bagikan
Facebook Twitter Email

Tahun ini, ARTJOG kembali diselenggarakan selama 25 Juli sampai 25 Agustus 2019 dengan mengusung tema arts in common. Persis seperti tema yang diusung, gelaran ARTJOG kali ini dikemas secara menarik dan ramah untuk berbagai kalangan audiens. Di festival ini, lo bisa menemukan pameran seni sekaligus pasar seni rupa kontemporer. Sejak pertama kali digelar di tahun 2008 silam, setiap tahunnya ARTJOG selalu menampilkan karya seni yang keren, unik, dan berbeda buat seluruh pengunjungnya.

 

Festival seni kontemporer berskala internasional

Festival seni kontemporer berskala internasional

Berbeda dari gelaran ARTJOG di tahun-tahun sebelumnya, festival seni kontemporer kali ini diikuti oleh seniman dari dalam dan luar negeri. Nggak hanya itu, Urbaners, ada banyak pula kolektor seni sampai eksekutif galeri yang ada di dalam dan luar negeri ikut meramaikan festival satu ini. Kabarnya, selain memamerkan sejumlah lukisan dan foto, ARTJOG juga bakal memajang karya seni kontemporer berupa patung, grafik multi-dimensi, instalasi fotografi, hingga seni pertunjukan.

 

Melibatkan puluhan seniman berbakat

Urbaners, di antara puluhan seniman berbakat yang ikut meramaikan ARTJOG 2019, ada sekitar 5 orang seniman yang dapat undangan secara khusus. Di antaranya adalah Riri Riza, Sunaryo, Tegus Ostenrik, Saputra, dan Singgih S. Kartono. Skema project khusus dari 5 orang seniman berbakat ini adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung festival. Lebih dari itu, banyak juga seniman dari negara-negara dunia, seperti Singapura, Filipina, Australia, dan Austria yang juga mendaftarkan diri di festival ARTJOG tahun ini.

 

Makna tema arts in common

Makna tema arts in common

Tema yang diusung pada penyelenggaraan ARTJOG 2019 tentu bukan tanpa makna. Secara sederhana, the commons merupakan cara berpikir alternatif yang erat hubungannya dengan fakta kehidupan sehari-hari yang dialami oleh masyarakat global. Jadi, bisa dikatakan festival seni kontemporer yang berpusat di Yogyakarta ini merupakan hasil eksplorasi sumber daya dan kreativitas yang ditujukan untuk kepentingan dan pengetahuan bersama.

 

Lokasi dan rangkaian event ARTJOG 2019

Nah, buat lo yang tertarik berkunjung ke ARTJOG 2019, lokasinya ada di Jogja National Museum (JNM) yang berada persis di Jalan Prof. Ki Amri Yahya Nomor 1, Yogyakarta. Rangkaian event festival seni kontemporer ini terdiri dari pameran, pertunjukan harian, dan merchandise project. Di event pameran ini, lo bisa belajar tentang karya seni secara langsung dari seniman, kurator, serta mengikuti forum diskusi. Keren banget, kan?

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sebelum event ARTJOG 2019 ini berakhir, yuk buruan lo berkunjung ke sana!

 

 

Source: piknikdong.com, provoke-online.com