Home Traveling Cerita Hadi Ismanto Membuat Media Agar Semua Orang Lebih Mengenal Jakarta

Cerita Hadi Ismanto Membuat Media Agar Semua Orang Lebih Mengenal Jakarta

Wednesday, November 21, 2018 - 21:17
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sekarang lo dengan mudah menemukan referensi mengenai apapun yang berhubungan dengan Jakarta, ibu kota dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia. Di Jakarta lo bisa menemukan semua hal yang lo inginkan, mulai dari entertainment, pendidikan, sampai pekerjaan impian. Ternyata, banyaknya referensi mengenai Jakarta yang dapat ditemukan di media mainstream menjadi kelemahan tersendiri. Nggak banyak yang memberikan sesuatu yang depth atau hanya sekadar sebuah artikel biasa.

Dari situ, Hadi Ismanto setelah lulus dari Melbourne membuat sebuah online platform Manual Jakarta yang berisi tentang lifestyle, makanan, fashion, budaya, dan bahkan kehidupan jalanan yang ada di Jakarta. Bedanya dari media mainstream lain, Hadi Ismanto sangat mengedepankan kurasi dan substansi. Semua artikel yang dibuat di dalam Manual Jakarta selalu in-depth dan menceritakan sisi yang berbeda.

“Dulu semua orang ingin pergi ke coffee shop karena itu keren, tetapi mereka nggak mengetahui sebenarnya kopi yang bagus itu seperti apa. Tujuan kita adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai hal tersebut,” ujar Hadi Ismanto yang dikutip dalam wawancara bersama Globetter Lab.

Bukan sekadar media online biasa

Hal menarik dari latar belakang Hadi Ismanto membuat Manual Jakarta adalah semuanya sudah dipersiapkan dengan matang. Ketika Hadi lulus dari University of Melbourne pada tahun 2013, Hadi sudah mempersiapkan semua hal yang berhubungan dengan pondasi Manual Jakarta. Hadi sudah membuat logo, website, kartu nama, dan tentunya strategi marketing yang akan digunakan ketika tiba di Jakarta.

“Ketika semuanya sudah siap, kita langsung mencari konten dan dalam 3 bulan kita sudah launching pada Desember 2013,” lanjut Hadi Ismanto. Hal menarik lain yang dikatakan oleh Hadi adalah secara nggak langsung Manual Jakarta akan membuat sebuah standar tersendiri tentang lifestyle, food, fashion, atau apapun yang akan dibahasnya nanti. Nantinya, semua masyarakat Jakarta atau luar Jakarta pada umumnya akan mempunyai city guide yang bakal menjadi rujukan semua orang.

Buat lo yang penasaran bagaimana jatuh bangun seorang Hadi Ismanto membangun Manual dan apa resep rahasia  yang dilakukannya sehingga Manual bisa sebesar sekarang, jangan lupa hadir dan ikutan workshop MLDSPOT INSTACLASS: BRANDING 101 tanggal 8 Desember di Bandung.  Sebagai salah satu speakers, Hadi akan berbagi tips buat lo para entrepreneur agar dapat membangun branding sebuah produk dengan sukses! Ikuti challenge-nya di sini untuk mendapatkan undangan menghadiri workshop-nya secara cuma-cuma, Urbaners!

 

Source: Globeltrotter Lab