Home Traveling Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara
Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Garuda Indonesia Jadi Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Monday, April 1, 2019 - 17:48
Bagikan
Facebook Twitter Email

Ketepatan waktu adalah salah satu indikator untuk menentukan kualitas service maskapai penerbangan. Maskapai yang tepat waktu juga menandakan kalau mereka memang benar-benar komitmen dengan pelanggannya. Namun, buat mewujudkan hal ini tentu nggak gampang, maskapai harus mengeluarkan effort lebih.

Nah, pada bulan Februari 2019 kemarin, Official Airline Guide (OAG) mengeluarkan daftar maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara. Hasilnya? Ternyata maskapai asal tanah air, Garuda Indonesia, berhasil menduduki peringkat pertama!

 

Paling tepat waktu di Asia Tenggara

Dari survey yang dilakukan OAG tersebut, Garuda Indonesia berhasil menempati ranking pertama untuk kategori maskapai paling tepat waktu di Asia Tenggara. Survey ini dilakukan tiap bulan dengan mengumpulkan On-time performance (OTP) masing-masing maskapai. Maskapai yang masuk survei adalah maskapai dengan jumlah penerbangan di atas angka 5.000.

Garuda Indonesia sendiri mengantongi jumlah penerbangan sebanyak 12.621 dengan tingkat OTP 95,5%. Jumlah ini lebih tinggi dari Singapore Airlines dan Bangkok Airways yang menempati posisi kedua dan ketiga. Masing-masing berhasil meraih nilai OTP sebesar 90% dan 88,3% dengan jumlah penerbangan yang ada pada kisaran angka 6.000.

 

Rute banyak tetap on-time

Rute banyak tetap on-time

Selain tepat waktu, dari survei OAG ini lo juga bisa tahu kalau jumlah penerbangan Garuda Indonesia sekarang sudah terbilang tinggi. Dari 10 maskapai besar yang masuk survei OAG, jumlah penerbangan yang berhasil dikumpulkan Garuda adalah 12.621. Memang masih kalah dengan Air Asia (17,289), tapi tingkat OTP-nya jauh lebih tinggi.

Air Asia sendiri ada di peringkat kelima untuk ketepatan waktu. Nilai OTP yang berhasil didapat maskapai besar ini adalah 83,5%, selisih 12 poin dari Garuda Indonesia. Jadi, bisa disimpulkan kalau penerbangan andalan Indonesia ini punya effort lebih buat selalu tepat waktu. Meski rute yang diambil banyak, Garuda Indonesia masih bisa on-time mengantar penumpang.

 

Wajib diapresiasi

Wajib diapresiasi

Prestasi ini jelas harus diapresiasi oleh masyarakat Indonesia. Buat bisa selalu on-time, ada banyak effort yang mesti dilakukan sebuah maskapai penerbangan. Terlebih buat maskapai sekelas Garuda Indonesia yang sudah melayani banyak rute perjalanan. Jelas bakal lebih susah buat selalu tepat waktu.

Pencapaian ini bukan yang pertama buat Garuda Indonesia. Hampir setiap kali OAG mengeluarkan daftar maskapai paling tepat waktu, Garuda selalu masuk peringkat atas. Dalam survey bulan Oktober 2018 kemarin, maskapai asli tanah air ini juga jadi ranking pertama buat penerbangan paling tepat waktu se-Asia Pasifik.

 

Congratulations, Garuda Indonesia! 

 

 

Source: Goodnewsfromindonesia.id, seasia.co