Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa? - MLDSPOT
  • Traveling
  • Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?

Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?

Wed, 30 January 2019
Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?

Indonesia makin mengukuhkan posisinya untuk menjadi negara terbaik buat bersantai. Paling nggak itulah kesan yang didapat dari responden situs traveling internasional, Last Minute. Dalam temuan terbarunya, diketahui Indonesia adalah negara paling santai di dunia. Beberapa indikator dijadikan ukuran buat menobatkan Indonesia jadi negara tersantai, apa saja?

 

Lingkungan yang nyaman

Lingkungan yang nyaman

Poin terbanyak buat Indonesia datang dari indikator lingkungan. Indonesia dianggap punya banyak tempat wisata yang nyaman dan cocok buat bersantai. Dengan garis pantai lebih dari 54,000 mil, bisa dibilang pantai selalu tersedia di setiap sudut Indonesia. Belum lagi area terbuka hijau yang jumlahnya lebih dari 186 titik.

Fakta ini juga bikin Indonesia dapat peringkat satu buat pantainya. Nggak cuma banyak, ternyata pantai-pantai di tanah air juga dianggap indah oleh responden dari Last Minute. Pantai-pantai tropis di Indonesia juga masih jadi impian banyak orang buat dikunjungi, jadi nggak salah kalau pantai di Indonesia jadi juara.

 

Budaya lokal juga pengaruh

Budaya lokal juga pengaruh

Selain lingkungan, budaya ternyata juga jadi indikator buat menentukan tingkat “kesantaian” sebuah negara. Buat Indonesia sendiri, nilai yang didapat dari indikator ini ternyata cukup besar. Dalam survei ini, yang termasuk dalam budaya adalah hari libur Nasional dan pace warga lokal sendiri—cenderung santai atau malah serba terburu-buru.

Nah, responden Last Minute ternyata beranggapan kalau masyarakat Indonesia cenderung santai dalam hidupnya. Jumlah hari libur di Indonesia juga dianggap cukup banyak. Belum lagi hari libur ini sangat variatif, punya unsur unity in diversity yang kental. Semuanya bikin responden nggak ragu buat menobatkan Indonesia jadi negara paling santai.

 

Australia dan Islandia mengikuti

Di peringkat dua dan tiga ada Australia dan Islandia. Negara tetangga Indonesia itu menduduki ranking dua karena punya banyak spot super tenang dan bebas polusi. Spot ini sering dijadikan tempat buat mengamati bintang dan fenomena aurora. Nggak cuma itu, iklim Australia juga cukup bersahabat, jadi nggak bakal menghalangi turis buat bersantai. 

Buat Islandia, negara ini dipilih karena tingkat polusinya rendah. Lokasinya nggak jauh dari Inggris (domisili mayoritas responden Last Minute), jadi nggak heran kalau Islandia menempati ranking ketiga. Meski temperaturnya cenderung nggak bersahabat (rata-rata 1 °C), Islandia punya atmosfer super chill yang cocok buat bersantai.

Well, selamat Indonesia! Lo tentunya ikutan bangga dengan prestasi tersebut kan, Urbaners?

 

 

Source: Last Minute, Kompas Travel, Wow Shack

Udah Pernah Coba Campervan? Bisa Jadi Alternatif Liburan Lo, Bro!

Tue, 22 December 2020
Bosen sama liburan yang gitu-gitu aja? Cobain liburan pake Campervan, bro!

Ada banyak hal yang bisa lo lakuin untuk mengisi waktu liburan lo, tapi gue yakin sebagian besar dari lo akan menjawab kalau traveling adalah hal paling asik untuk menghabiskan waktu untuk berlibur. Kalau lo ada rencana untuk traveling, lo lebih memilih untuk bawa kendaraan pribadi atau naik transportasi umum nih, bro?

Kendala yang biasanya dialamin kalau naik tranpsortasi umum ialah budget yang lo keluarkan akan berlebih alias berat di ongkos, yak an, bro? disatu sisi, kalau naik kendaraan pribadi, pasti lo capek dijalan – biar ketemu jalan tengahnya, mending lo coba liburan pake campervan, bro!

Campervan adalah mobil yang punya fasilitas layaknya rumah, namun berjalan, bro. dari dapur, tempat tidur, kamar mandi, semua udah ada didalam satu mobil ini – alat transportasi yang jadi sekaligus akomodasi ini biasanya ada diluar negeri, bro. Tapi tenang, campervan sekarang juga ada di Indonesia, bro!

Campervan yang bisa lo sewa sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia, bro, seperti Jogja, Bali, Malang, Pacitan, dan Belitung. Campervan bisa jadi win-win solution banget buat lo yang pengen jalan-jalan pake transportasi umum, tapi juga pengen untuk datang ke tempat-tempat lain dan ribet bawa bawaan lo kemana-mana. Langsung aja simak ulasan mengenai liburan di campervan dibawah ini ya, bro!

Abis Jalan-jalan Bisa Langsung Istirahat

Bosen sama liburan yang gitu-gitu aja? Cobain liburan pake Campervan, bro!

Credit image - time.com

Hal yang pertama lo lakuin untuk bisa berlibur dengan campervan tentu saja – menyewa campervan nya itu sendiri. Datangi salah satu kota diatas dan mulai cari harga sewa yang bersahabat dengan kantong lo. Nggak perlu ribet, untuk mengemudikan campervan lo hanya butuh SIM A selayaknya mengemudikan mobil biasa kok!

Satu campervan dapat diisi oleh dua sampai enam orang. Yang pasti, dengan jumlah orang yang pas akan membuat campervan lo lebih nyaman. Setelah lo dapat campervan, lo bisa explore kota ini tanpa harus merasa capek karena perjalanan jauh – tinggal tidur aja di seat belakang, bro.

Tentukan Tujuan Lo

Bosen sama liburan yang gitu-gitu aja? Cobain liburan pake Campervan, bro!

Credit image - lonelyplanet.com

Setelah dapat campervan, lo bisa langsung menelusuri kota yang lo datangi dan menuju tempat yang lo tuju, bro. Kalau lo belum punya tujuan, lo bisa nanya referensi ke tempat lo meminjam campervan atau nanya dengan warga lokal setempat – tapi yang pastinya lebih efisien, lo lebih baik menyiapkan itinerary dulu sebelum berangkat dan menentukan apa yang akan lo lakuin selama liburan dengan campervan ini, bro.

Campervan bisa lo parkirin di tempat-tempat dengan spot sunset menarik seperti di kaki gunung, pinggir pantai, atau didaerah perkebunan. Dengan mengunjungi tempat seperti ini dengan akomodasi yang anti-mainstream kayak gini – pasti bakal jadi pengalaman yang memorable buat liburan lo, bro!

Liburan Sekaligus Belajar Hidup Sendiri

Dengan mobil yang semua nya serba ada, secara ga langsung lo bakalan belajar hidup mandiri. Lo bakal ngurus diri lo di tempat yang sekecil itu dan mencoba fit in didalam situ. Campervan akan membuat lo keluar dari zona nyaman lo – pokoknya banyak hal yang bisa lo ambil selama liburan didalam campervan deh, bro!

Banyak banget hal yang bisa lo dapetin untuk liburan dengan campervan, selain sensasi dari transportasi yang bisa jadi akomodasi, campervan juga akan melatih lo gimana untuk hidup se-fleksibel mungkin.

Jadi, apakah lo tertarik untuk menghabiskan waktu akhir tahun lo dengan menggunakan campervan, bro?

 

Feature image - jakartavwcampervan.com