Home Traveling Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?
Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?

Indonesia Jadi Negara Paling Santai di Dunia, Kok Bisa?

Wednesday, January 30, 2019 - 13:53
Bagikan
Facebook Twitter Email

Indonesia makin mengukuhkan posisinya untuk menjadi negara terbaik buat bersantai. Paling nggak itulah kesan yang didapat dari responden situs traveling internasional, Last Minute. Dalam temuan terbarunya, diketahui Indonesia adalah negara paling santai di dunia. Beberapa indikator dijadikan ukuran buat menobatkan Indonesia jadi negara tersantai, apa saja?

 

Lingkungan yang nyaman

Lingkungan yang nyaman

Poin terbanyak buat Indonesia datang dari indikator lingkungan. Indonesia dianggap punya banyak tempat wisata yang nyaman dan cocok buat bersantai. Dengan garis pantai lebih dari 54,000 mil, bisa dibilang pantai selalu tersedia di setiap sudut Indonesia. Belum lagi area terbuka hijau yang jumlahnya lebih dari 186 titik.

Fakta ini juga bikin Indonesia dapat peringkat satu buat pantainya. Nggak cuma banyak, ternyata pantai-pantai di tanah air juga dianggap indah oleh responden dari Last Minute. Pantai-pantai tropis di Indonesia juga masih jadi impian banyak orang buat dikunjungi, jadi nggak salah kalau pantai di Indonesia jadi juara.

 

Budaya lokal juga pengaruh

Budaya lokal juga pengaruh

Selain lingkungan, budaya ternyata juga jadi indikator buat menentukan tingkat “kesantaian” sebuah negara. Buat Indonesia sendiri, nilai yang didapat dari indikator ini ternyata cukup besar. Dalam survei ini, yang termasuk dalam budaya adalah hari libur Nasional dan pace warga lokal sendiri—cenderung santai atau malah serba terburu-buru.

Nah, responden Last Minute ternyata beranggapan kalau masyarakat Indonesia cenderung santai dalam hidupnya. Jumlah hari libur di Indonesia juga dianggap cukup banyak. Belum lagi hari libur ini sangat variatif, punya unsur unity in diversity yang kental. Semuanya bikin responden nggak ragu buat menobatkan Indonesia jadi negara paling santai.

 

Australia dan Islandia mengikuti

Di peringkat dua dan tiga ada Australia dan Islandia. Negara tetangga Indonesia itu menduduki ranking dua karena punya banyak spot super tenang dan bebas polusi. Spot ini sering dijadikan tempat buat mengamati bintang dan fenomena aurora. Nggak cuma itu, iklim Australia juga cukup bersahabat, jadi nggak bakal menghalangi turis buat bersantai. 

Buat Islandia, negara ini dipilih karena tingkat polusinya rendah. Lokasinya nggak jauh dari Inggris (domisili mayoritas responden Last Minute), jadi nggak heran kalau Islandia menempati ranking ketiga. Meski temperaturnya cenderung nggak bersahabat (rata-rata 1 °C), Islandia punya atmosfer super chill yang cocok buat bersantai.

Well, selamat Indonesia! Lo tentunya ikutan bangga dengan prestasi tersebut kan, Urbaners?

 

 

Source: Last Minute, Kompas Travel, Wow Shack