Home Traveling Ini Dia Alasan Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia
Ini Dia Alasan Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia

Ini Dia Alasan Kenapa Komodo Cuma Ada di Indonesia

Wednesday, February 13, 2019 - 11:37
Bagikan
Facebook Twitter Email

Menjadi salah satu spesies yang cukup langka, keberadaan komodo ternyata cukup menyita perhatian dunia. Selain karena ukuran panjang tubuhnya yang bisa mencapai 3 meter, komodo juga menjadi hewan endemik yang cuma bisa ditemukan di sekitar Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Urbaners, lo mungkin pernah bertanya-tanya kenapa Komodo cuma bisa ditemukan di Indonesia. Ini dia jawabannya.

 

Memiliki sifat alami homebodies

Berbeda dari kebanyakan spesies kadal lainnya yang kerap berpindah tempat dari satu wilayah ke wilayah lainnya, komodo justru merupakan “anak rumahan” yang enggan meninggalkan habitatnya. Hal ini dikarenakan komodo memiliki sifat alami homebodies sehingga ia akan lebih aman dan nyaman di habitat aslinya. Jadi, nggak heran kalau studi yang dilakukan oleh Ifl Science menyebut komodo sebagai spesies kadal termalas yang nggak berani keluar dari zona nyamannya.

 

Mampu ciptakan stabilitas tubuh meski nggak banyak bergerak

Mampu ciptakan stabilitas tubuh meski nggak banyak bergerak

Meski disebut sebagai spesies yang malas, komodo ini masih ditetapkan sebagai predator buas yang cukup berbahaya bagi lingkungan di sekitarnya. Fakta ini cukup menarik sebab komodo sendiri bisa bergerak sangat cepat hingga 20 kilometer per jam.

Hebatnya lagi, meski nggak banyak bergerak, komodo tetap mampu menciptakan stabilitas untuk tubuhnya sendiri. Tentu saja, hal ini jadi salah satu usaha yang dilakukan komodo untuk menjaga pasokan air dan makanan di dalam tubuhnya.

 

Komodo punya kemampuan navigasi yang baik

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah profesor ekologi dari Deakin University Australia membuktikan bahwa komodo mempunya kemampuan navigasi yang baik. Hal ini terbukti dari upaya pemindahan beberapa komodo sejauh 22 kilometer dari tempatnya dilahirkan ke tempat lain di pulau sama. Dalam hitungan kurang dari 4 bulan saja, komodo-komodo tersebut berhasil kembali ke tempat kelahirannya. Nggak heran kalau sampai saat ini lo cuma bisa menemukan Komodo di kepulauan Sunda Kecil Indonesia.

 

Hanya mau kawin dengan yang sedarah

Hanya mau kawin dengan yang sedarah

Melihat kemampuan navigasi yang dimiliki oleh komodo, jelas cukup sulit bagi manusia untuk berusaha membawa komodo keluar dari tempat tinggalnya. Sebagai akibatnya, ada banyak spesies komodo yang melakukan perkawinan sedarah. Bahkan komodo menolak kawin dengan komodo lain yang berasal dari tempat tinggal berbeda meski masih di pulau yang sama. Tentu saja, ini mengancam keselamatan komodo itu sendiri karena populasi meningkat sementara ketersediaan pangan sangat terbatas.

Jadi, gimana menurut pendapat lo soal pilihan Komodo tinggal di Indonesia demi bisa bertahan hidup?

 

 

Source: goodnewsfromindonesia.com