Home Traveling Kebakaran Hutan Hebat, Artis Hollywood Besar Mengungsi
Kebakaran Hutan Hebat, Artis Hollywood Besar Mengungsi

Kebakaran Hutan Hebat, Artis Hollywood Besar Mengungsi

Tuesday, November 13, 2018 - 11:19
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada bulan Juli 2018 kemarin, negara bagian California, Amerika Serikat terjadi kebakaran hutan. Seharusnya kebakaran tersebut sudah masuk ke dalam kategori yang bisa diselesaikan, tapi ternyata alam berkehendak lain. November 2018 kemarin, terjadi angin foehn atau angin yang muncul karena terbentuk oleh gunung atau tempat ketinggian lainnya. Hasilnya sangat luar biasa, hampir 6500 kilometer persegi lebih daerah di California terbakar.

Nggak sekadar hutan, kebakaran di California ini sudah mencapai Malibu, daerah perumahan mewah tempat para selebritis Hollywood tinggal. Mulai dari Kim Kardashian, Lady Gaga, Gerard Butler, sampai Orlando Bloom harus mengungsi. Bahkan Gerard Butler, pemeran dari film 300 dan Hunter Killer ini mem-posting rumahnya sudah terbakar ludes.

 

Sudah mengungsi jauh-jauh hari

Sudah mengungsi jauh-jauh hari

Pemerintah daerah California sangat tanggap untuk melakukan evakuasi. Ketika pada November angin foehn mengakibatkan kebakaran yang sangat luas, pemerintah setempat langsung melakukan evakuasi terhadap penduduk yang terkena dampak terdekat. Nggak cuma pada warga terdekat kebakaran saja, sekarang sekitar 2 juta warga California diharuskan siaga. Mulai dari menjaga diri dari asap dan bersiap jika harus mengungsi dalam waktu dekat.

 

Analisis sementara kebakaran hutan ini terjadi karena perubahan iklim

Analisis sementara kebakaran hutan ini terjadi karena perubahan iklim

Salah satu laporan yang dibuat oleh California’s Fourth Climate Change Assessment, menjelaskan bahwa kebakaran hutan yang terjadi di California ini terjadi karena perubahan iklim dan juga global warming. Laporan tersebut mengatakan ketika kebakaran hutan terjadi, cuaca yang sangat panas membuat api sangat sulit padam. Selain itu, perubahan angin yang tiba-tiba ini juga menjadi faktor penyebab utama banyak bermunculan titik-titik kebakaran yang baru.

Laporan yang keluar pada bulan Agustus 2018 ini juga mengatakan di California setidaknya ada 120 juta pohon yang mati. Pohon-pohon yang mati bakal menjadi bahan bakar alami yang sangat mengerikan. Daun-daun kering dan batang pohon akan membuat sebuah kobaran api besar.

Walaupun jatuhnya korban sangat bisa ditekan, tetapi ini adalah bencana yang sangat merugikan orang banyak. Semoga kebakaran di California ini bisa di atasi ya Urbaners.

 

Source: cnn.com