Keren, 4 Jembatan Kaca Ini Ada Di Indonesia - MLDSPOT
  • Traveling
  • Keren, 4 Jembatan Kaca Ini Ada Di Indonesia

Keren, 4 Jembatan Kaca Ini Ada Di Indonesia

Fri, 04 January 2019
Keren, 4 Jembatan Kaca Ini Ada Di Indonesia

Belakangan jembatan kaca jadi spot wisata yang menarik buat dikunjungi. Sensasi berada di atas ketinggian bakal lebih terasa saat lo berjalan di permukaan jembatan kaca. Banyak negara yang bikin jembatan jenis ini. Fungsi utamanya pun sudah berubah. Dari yang awalnya buat menyambungkan dua tempat terpisah, sekarang justru jadi objek wisata.

Kalau lo penasaran seperti apa sensasi berjalan di atas jembatan kaca, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Beberapa tempat di Indonesia sudah punya jembatan kacanya sendiri. Di mana aja tepatnya? Cari tahu di sini!

 

Teras Pantai Nguluran

Yogyakarta memang selalu jadi destinasi wisata favorit. Gimana nggak, provinsi istimewa di Pulau Jawa ini punya wisata yang variatif. Mulai dari wisata budaya sampai wisata alam ada di Yogyakarta. Termasuk bangunan jembatan kaca. Lokasi tepatnya ada di Pantai Nguluran.

Pantai yang ada di Desa Girikarto, Gunungkidul ini punya tebing yang curam dan ombak besar. Urbaners bisa lihat semua pemandangan itu cuma dengan berdiri di Teras Pantai Nguluran. Sayangnya jembatan kaca yang satu ini jadi bagian resor pribadi, jadi pengunjungnya terbatas.

 

Jembatan Kampung Warna-warni

Jembatan Kampung Warna-warni

Jembatan Kampung Warna-warni adalah jembatan kaca pertama yang ada di Indonesia. Urbaners bisa menemukan jembatan ini di Malang. Nggak cuma menawarkan sensasi berjalan di ketinggian, objek wisata ini juga menjual keindahan kawasan pemukiman yang dicat warna-warni.

Yes, bangunan jembatan kaca ini memang jadi penghubung antara Kampung Warna-warni dengan Kampung Tridi. Jadi lo bisa dapat pemandangan jelas Kampung Warna-warni dari jembatan kaca sepanjang 20 meter ini.

 

Jembatan Burake

Jembatan Burake

Tana Toraja nggak cuma terkenal karena wisata budayanya. Akhir-akhir ini wisata religi Patung Yesus Memberkati, di Bukit Buntu Burake, Makale juga jadi destinasi favorit. Selain icon utama berupa patung Yesus raksasa, ternyata objek wisata ini juga punya daya tarik lain: Jembatan Burake.

Jembatan kaca ini punya beberapa aturan khusus buat para pengunjung. Salah satunya adalah kewajiban buat pakai alas kaki khusus buat menjaga permukaan kaca. Meski begitu, sensasi tegang yang ada dijamin nggak bakal berkurang.

 

The Edge Caping Park

Ternyata Baturraden yang ada di Jawa Tengah juga punya jembatan kaca sendiri. Namanya The Edge dan lokasi tepatnya ada di objek wisata Caping Park. Jembatan kaca sepanjang 17 meter ini disusun dari rangkaian kaca laminated decorative.

Dari permukaan The Edge lo bisa lihat panorama Kota Purwokerto. Meski nggak sepanjang Zhangjiajie Glass Bridge di Tiongkok, jembatan kaca yang satu ini nggak kalah keren buat sekadar foto-foto buat memenuhi feeds Instagram!

Mana jembatan kaca paling keren menurut Urbaners?

 

 

Source: IDN Times

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com