Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia - MLDSPOT
  • Traveling
  • Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia

Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia

Wed, 09 January 2019
Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia

Sejarah Indonesia nggak melulu soal perang, tetapi juga sejarah film. Bicara soal film, Bandung memiliki bioskop legendaris dan bersejarah di Jalan Braga. Bioskop ini bernama Concordia yang kemudian berganti nama Majestic dan menjadi saksi pemutaran film Indonesia pertama. Bagaimana perjalanan bersejarah Bioskop Concordia? Simak ulasannya ini.

 

Dibangun Era Kolonial Belanda

Dibangun Era Kolonial Belanda

Sebagai cagar budaya, Bioskop Concordia jelas memiliki nilai sejarah di dalamnya Urbaners. Konon, bioskop ini dibangun ketika kondisi ekonomi Hindia-Belanda (nama Indonesia waktu itu) sedang mengalami kondisi keuangan yang baik. Tepatnya pada era 1920-an silam. Orang Belanda dan masyarakat kelas menengah di Bandung pada masa itu, memang membutuhkan tempat hiburan baru, bioskop inilah salah satunya dan muncullah ide untuk membangun gedung bioskop pertama di kota kembang.

Awal tahun 1920, Technisch Bureau Soenda atau Biro Teknis Sunda dipercaya untuk melakukan pembangunan gedung bioskop tersebut. Hal ini lalu disanggupi dan pembangunan rampung dua tahun kemudian atau di tahun 1922. Arsiteknya adalah seorang Belanda bernama Prof Ir Wolf Schoemaker yang juga guru besar di Technische Hoogeschool (TH) te Bandung (sekarang ITB). Di sinilah Schoemaker memberikan ornamen gaya arsitektur baru di Hindia Belanda yakni adanya Patung Batara Kala.

 

Meriah Saat Malam Hari

Meriah Saat Malam Hari

Pemutaran film dilakukan pada malam hari pukul 19.30-21.00. Halaman gedung bioskop selalu ramai oleh orang yang ingin nonton hingga pedagang maupun pemusik. Pemusik ini bisa dibilang unik Urbaners, karena mereka membawa alat musik gitar, biola, celo, dan tambur untuk memberikan efek musik latar (soundtrack film).

Pada waktu itu, proyektornya cuma bisa memutar reel film yang panjangnya sekitar 300 meter durasinya 15 menit. Bisa lo bayangkan betapa ribetnya kan? Lalu, saat iklan ditampilkan gambar mati ketika adegan film jeda. Penonton pria dan wanita pun dulu tempat duduknya dipisah.

 

Tempat Bersejarah Pemutaran Film Pertama Indonesia

Bioskop Concordia Bandung menorehkan sejarah dalam perfilman Indonesia. Hal ini terjadi pada 31 Desember 1926 silam. Untuk pertama kalinya film Indonesia diputar di sini dengan judul Loetoeng Kasaroeng. Film ini mengambil latar berupa kisah legenda masyarakat Sunda. Bioskop Concordia menjadi saksi masa perkembangan awal perfilman Indonesia.

Bioskop Concordia sukses menjadi sebuah ikon kota Bandung dan film nasional dengan melayani pemutaran film hingga tanggal 6 Januari 1927. Kini gedung bioskop pertama ini berganti nama Majestic dan dijadikan tempat kesenian dan gelar budaya masyarakat Bandung. Keren kan Urbaners?

 

 

Source: Kompas.com

Pengen Sunsetan di Jakarta? Coba ke Pantai Mutiara, Bro!

Thu, 08 April 2021
Tempat Wisata di Jakarta

Banyak yang bilang Jakarta nggak punya tempat wisata alam - karena yang ada dalam bayangan biasanya wisata Monas, Kota Tua, ataupun hiburan malam. Jangan khawatir, buat lo yang lagi mencari hiburan alam dan bisa menikmati indahnya sunset bisa berkunjung ke salah satu pantai di kawasan Jakarta Utara, namanya pantai Mutiara.

Kalo lo berencana berkunjung ke pantai ini, simak artikel MLDSPOT kali ini yang membahas lengkap pesona Pantai Mutiara dan kegiatan apa yang bisa lo lakuin di sana, check this out.

Terletak di Kawasan Elite

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - metro.tempo.co

Pantai Mutiara wajib masuk weekend list lo, bro. Nggak cuma indah, tapi juga mewah. Pasalnya, pantai ini berada di kawasan perumahan yang sangat dekat dengan laut dan luasnya sekitar 100 ha. Konsep perumahannya pun mirip seperti di Hollywood, di sana juga ada kapal pesiar dan wahana permainan. Lo bakal melihat perpaduan antara perairan laut yang alami dengan konsep modern perumahan memang suatu hal menarik untuk disaksikan.

Awalnya, kawasan itu hanya berkonsep perumahan biasa, tapi sejak tahun 1990-an - berubah menjadi perumahan elit yang diminati oleh banyak orang. Di sana juga dibuat perumahan elit dengan dermaga pribadi di belakang rumah. Jadi, bukan hanya sekedar penghuni perumahan aja yang bisa menikmati Pantai Mutiara, melainkan juga orang-orang yang bukan penghuni perumahan di sana.

Tempatnya memang sangat eksotis dan suasana terasa seperti kompleks perumahan mewah bintang film di Malibu, yang biasanya hanya bisa dilihat di adegan film. Jauh sekali kesan sumpek dan semrawut. Yang ada suasana yang rapi tertata, menawan dan elit.

Tempat Favorit Liat Senja

Pantai Mutiara ini dibuka dari jam 5 pagi sampai jam 8 malam. Selain itu, tiket masuknya gratis untuk siapa aja, meskipun bukan penghuni di komplek perumahan tersebut. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah ketika sore hari menjelang sunset. Jangan lupa buat mengabadikan momen matahari terbenam dengan kamera lo ya.

Terlebih menjelang bulan Ramadhan, kalo lo mau ngabuburit sembari menunggu bedug Maghrib, lo bisa berjalan-jalan di tepi pantai atau sekadar duduk santai. Untuk menikmati sunset di Pantai Mutiara. Gimana apa lo tertarik buat ke sini, bro?.

Biar makin asik, lo bisa sekalian nongkrong di Jetski Café. Buka dari jam 4 sore hingga tengah malam, di sini ada banyak jetski dan merupakan pusat jetski di Jakarta. Lo juga bakalan nemuin berbagai bentuk, ukuran, model, dan warna jetski. Kafe ini memiliki 2 spot; indoor dan outdoor.

Tips Mengunjungi Pantai Mutiara

Tempat Wisata di Jakarta

Credit image - pegipegi.com

Ada beberapa tips buat lo yang berencana menikmati sunset di Pantai Mutiara.

  • Pastikan baterai HP terisi penuh. Atau setidaknya siapkan power bank biar lo nggak kehilangan kesempatan mengabadikan momen sunset.
  • Selalu ingat jaga kebersihan. Selain soal etika lingkungan, pantai ini memiliki penjaga reguler yang rajin patroli. Jadi, harus buang sampah pada tempatnya ya, bro.
  • Jangan parkir motor sembarangan. Apalagi sampai menghalangi jalan. Nanti akan ditegur oleh penjaga yang sedang patroli keamanan.
  • Buka kaca helm atau kaca mobil saat melewati pos penjagaan di pintu masuk kompleks perumahan. Selain alasan sopan santun, itu adalah standar keamanan yang mereka terapkan.

Anyway, setelah baca artikel ini - apakah lo udah membayangkan keseruan nongkrong di pinggir pantai, menikmati hembusan ombak ditemani angin sepoi-sepoi? Yuk buat jadwal berkunjung ke Pantai Mutiara, bro.

 

Feautred image - intiland.com