Home Traveling Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia
Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia

Lebih Dekat dengan Bioskop Concordia, Bioskop Pertama di Indonesia

Wednesday, January 9, 2019 - 16:28
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sejarah Indonesia nggak melulu soal perang, tetapi juga sejarah film. Bicara soal film, Bandung memiliki bioskop legendaris dan bersejarah di Jalan Braga. Bioskop ini bernama Concordia yang kemudian berganti nama Majestic dan menjadi saksi pemutaran film Indonesia pertama. Bagaimana perjalanan bersejarah Bioskop Concordia? Simak ulasannya ini.

 

Dibangun Era Kolonial Belanda

Dibangun Era Kolonial Belanda

Sebagai cagar budaya, Bioskop Concordia jelas memiliki nilai sejarah di dalamnya Urbaners. Konon, bioskop ini dibangun ketika kondisi ekonomi Hindia-Belanda (nama Indonesia waktu itu) sedang mengalami kondisi keuangan yang baik. Tepatnya pada era 1920-an silam. Orang Belanda dan masyarakat kelas menengah di Bandung pada masa itu, memang membutuhkan tempat hiburan baru, bioskop inilah salah satunya dan muncullah ide untuk membangun gedung bioskop pertama di kota kembang.

Awal tahun 1920, Technisch Bureau Soenda atau Biro Teknis Sunda dipercaya untuk melakukan pembangunan gedung bioskop tersebut. Hal ini lalu disanggupi dan pembangunan rampung dua tahun kemudian atau di tahun 1922. Arsiteknya adalah seorang Belanda bernama Prof Ir Wolf Schoemaker yang juga guru besar di Technische Hoogeschool (TH) te Bandung (sekarang ITB). Di sinilah Schoemaker memberikan ornamen gaya arsitektur baru di Hindia Belanda yakni adanya Patung Batara Kala.

 

Meriah Saat Malam Hari

Meriah Saat Malam Hari

Pemutaran film dilakukan pada malam hari pukul 19.30-21.00. Halaman gedung bioskop selalu ramai oleh orang yang ingin nonton hingga pedagang maupun pemusik. Pemusik ini bisa dibilang unik Urbaners, karena mereka membawa alat musik gitar, biola, celo, dan tambur untuk memberikan efek musik latar (soundtrack film).

Pada waktu itu, proyektornya cuma bisa memutar reel film yang panjangnya sekitar 300 meter durasinya 15 menit. Bisa lo bayangkan betapa ribetnya kan? Lalu, saat iklan ditampilkan gambar mati ketika adegan film jeda. Penonton pria dan wanita pun dulu tempat duduknya dipisah.

 

Tempat Bersejarah Pemutaran Film Pertama Indonesia

Bioskop Concordia Bandung menorehkan sejarah dalam perfilman Indonesia. Hal ini terjadi pada 31 Desember 1926 silam. Untuk pertama kalinya film Indonesia diputar di sini dengan judul Loetoeng Kasaroeng. Film ini mengambil latar berupa kisah legenda masyarakat Sunda. Bioskop Concordia menjadi saksi masa perkembangan awal perfilman Indonesia.

Bioskop Concordia sukses menjadi sebuah ikon kota Bandung dan film nasional dengan melayani pemutaran film hingga tanggal 6 Januari 1927. Kini gedung bioskop pertama ini berganti nama Majestic dan dijadikan tempat kesenian dan gelar budaya masyarakat Bandung. Keren kan Urbaners?

 

 

Source: Kompas.com