Home Traveling Lebih Dekat dengan Taman Nasional Bali Barat
Lebih Dekat dengan Taman Nasional Bali Barat

Lebih Dekat dengan Taman Nasional Bali Barat

Monday, December 10, 2018 - 14:55
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sudah berapa kali lo ke Bali? Bali memang sudah lama jadi salah satu destinasi favorit para turis lokal dan mancanegara. Tapi, setiap kali ke Bali pernahkah lo berkunjung ke bagian barat pulaunya? Kalau lo sudah pernah berkunjung ke Kuta, Denpasar, hingga Ubud, sekarang saatnya lo menyempatkan waktu ke Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Cocok buat lo yang gemar bertualang di alam bebas, lho. Yuk, kenal TNBB lebih dekat dengan simak informasi berikut!

 

Destinasi alam yang indah dan terawat

Destinasi alam yang indah dan terawat

Ya, Bali memang terkenal memiliki destinasi wisata alam yang cantik dan terawat, nggak terkecuali di TNBB. Di taman yang memiliki luas 19.002,89 ha ini lo akan dimanjakan dengan panorama rimbunnya hutan lebat, jernihnya air laut, pegunungan menghijau, hingga cantiknya hamparan pantai. Taman ini juga dilengkapi perpaduan lengkap dua ekosistem laut dan darat, lho.

Ekosistem daratnya meliputi hutan mangrove, hutan pantai, hutan musim, evergreen, hutan hujan daratan rendah, dan ekosistem river rain forest. Sementara ekosistem lautnya meliputi ekosistem coral reef, pantai berpasir, padang lamun, perairan laut dangkal, dan perairan laut dalam.

 

Habitat burung elok jalak Bali

Sekitar 160 spesies fauna seperti BantengRusalutungkalong dan aneka burung dan flora dilindungi di taman nasional ini, Urbaners. Dilansir dari situs resmi pesona Indonesia, kawasan pelestarian alam yang dikelola dengan sistem zonasi ini juga merupakan tempat terakhir untuk menemukan burung elok jalak Bali – satu-satunya endemik Bali yang kini hampir punah, lho.

Habibat dari 17 jenis mamalia dan 160 jenis burung dan berbagai jenis reptil dan ikan ini juga menawarkan lo berbagai spot wisata cantik yang bisa lo temukan di setiap sudut kawasan TNBB. Mulai dari Pura Teluk Terima, Pulau Menjangan, hingga Teluk Brumbun yang spesial.

 

Lokasi snorkeling, diving, trekking, dan bird watching

Lokasi snorkeling, diving, trekking, dan bird watching

Apakah lo penyuka berbagai aktivitas tersebut? Kalau iya, sudah saatnya lo merencanakan kunjungan ke TNBB. Untuk melakukan aktivitas-aktivitas seru tersebut, lo hanya perlu menyambangi Menjangan, Semenanjung Prapat Agung, Labuan Lalang, Klatak dan Cekik, Urbaners.

Nggak perlu khawatir karena TNBB sudah punya berbagai akomodasi dan fasilitas yang akan membuat momen short vacation lo kali ini tambah oke. Lo bisa memanfaatkan pemandu wisata, menara pandang, pondok wisata, jalan setapak, hingga penyewaan peralatan selam dan speedboat untuk memudahkan lo selama berada di TNBB.

Nggak perlu ragu merencanakan liburan singkat lo kali ini ke TNBB, Urbaners. Berbagai hal seru di atas bisa lo alami sendiri, interested to try?

 

Source: idntimes.com