Mengunjungi Seluruh Dublin di Akhir Pekan - MLDSPOT
  • Traveling
  • Mengunjungi Seluruh Dublin di Akhir Pekan

Mengunjungi Seluruh Dublin di Akhir Pekan

Thu, 09 November 2017

Eropa memang menjadi salah satu destinasi terbaik untuk liburan, baik untuk traveling ala backpacker ataupun bulan madu. Nggak kalah dengan Perancis, Inggris, dan Italia, Irlandia juga punya tempat yang menarik lho. Dublin. Lo bisa menghabiskan waktu akhir pekan lo dengan mengunjungi seluruh pesona kota Dublin.

 

Kastil Malahide

Kastil Malahide dibangun di atas area seluas 1,1 km persegi. Kastil ini sudah ada sejak abad ke 12 dan jaraknya hanya sejauh 12 kilometer dari pusat kota Dublin. Malahide merupakan nama desa letak kastil ini berada. Kalau lo ingin tahu lebih banyak mengenai sejarah kastil ini, jasa pemandu wisata bakal jadi guide yang cocok.

 

Talbot Botanic Garden

Talbot Botanic Garden terletak persis di belakang Kastil Malahide, jadi bisa lo agendakan untuk destinasi yang memiliki jalur sama. Setelah puas menikmati indahnya bangunan kastil, langsung saja kunjungi Talbot Botanical Garden yang memiliki luas beberapa hektar. Di sini lo bisa melihat 7 rumah kaca yang punya beragam jenis tanaman yang juga bisa dikunjungi.

 

Tara’s Palace

Tara’s Palace Museum of Chilhood berlokasi di Powerscourt Estate. Sebelumnya, museum ini ada di Kastil Malahide sebelum dipindahkan ke Powerscourt Estate pada tahun 2011 lalu. Di dalam museum ini, lo bisa menjumpai berbagai koleksi boneka, miniatur, dan juga mainan lainnya yang bersejarah. Tara’s Palace merupakan salah satu rumah boneka terbesar di dunia.

 

The Dublin Writers Museum

Bangunan museumnya merupakan rumah yang dibangun sejak abad ke 18 dan memiliki beberapa ruangan seperti perpustakaan, galeri, dan ruang administratif. Di lantai dasarnya, lo bisa menikmati hangatnya kopi khas Irlandia lalu setelah itu berbelanja buku. Di sini lo bisa melihat kekayaan literatur Irlandia.

Selain ke kota Dublin, Irlandia masih punya banyak pesona lain seperti suasana pedesaan yang memukau di Irish Village, ataupun kota pelabuhan Dingle dengan arsitektur bangunannya yang megah. Jadi, kurang puas rasanya kalau lo hanya seminggu saja pergi ke Irlandia karena masih ada banyak tempat-tempat keren yang bisa lo datangi.

 

Source: visitdublin.com

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com