Museum di Indonesia yang Nggak Kalah Kerennya dari Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara - MLDSPOT
  • Traveling
  • Museum di Indonesia yang Nggak Kalah Kerennya dari Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara

Museum di Indonesia yang Nggak Kalah Kerennya dari Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara

Wed, 29 August 2018

Siapa bilang jalan-jalan ke museum itu nggak keren. Indonesia juga punya museum yang seru dan nggak membosankan lho, Urbaners. Salah satunya museum Modern and Contemporary Art In Nusantara yang merupakan museum seni modern yang pertama di Indonesia.

 

Museum yang Gak kalah Keren dari Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara di Jakarta

Apa aja museum di Indonesia yang nggak kalah kerennya dari Museum Modern and Contemporary Art In Nusantara? Lihat ulasannya dibawah ini ya.

 

Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum yang satu ini terletak di Gedung Merdeka Jl. Asia Afrika No.65 Bandung yang merupakan lokasi pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) pada tahun 1955. Museum ini dinamakan Asia Afrika untuk mengenang peristiwa KAA yang jadi motivasi dan inspirasi bangsa Asia-Afrika. Lo bisa merasakan gimana jalannya KAA dan menyimak berbagai cerita di balik konferensi bersejarah itu. Contohnya wartawan dan delegasi dari Tiongkok yang batal hadir karena kecelakaan pesawat terbang dan berbagai kisah lainnya. Keren kan?

 

Museum Kereta Api Ambarawa

 

 

Lo mau ngerasain sensasi time travel yang berbeda? Datang aja ke museum kereta api Ambarawa Urbaners. Dijamin lo bakal mendadak berasa ada di abad 19. Nggak cuma lihat 21 koleksi kereta uap berusia tua, tapi kamu juga bisa lihat kalkulator jadul, telepon antik, mesin tiket, mesin telegraf morse dan berbagai peranti kuno lainnya. Tiga diantara 21 koleksi kereta uap masih bisa beroperasi dan lo bisa naik kereta uap itu sambil mengenang masa lalu. Bener-bener bernuansa tempo doeloe dan spot nya cocok juga buat Urbaners yang hobi fotografi.

 

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

 

 

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta yang terletak di kaki gunung merapi ini khusus mengangkat kehidupan para bangsawan keraton pada zaman dahulu dan budaya Jawa. Museum yang satu ini menyimpan berbagai cerita tentang para putri keraton kerajaan Jawa yang jarang diketahui banyak orang. Misalnya kisah Gusti Noeroel yang merupakan putri dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII. Putri keraton yang cantik, pintar dan mandiri itu pernah menolak lamaran Hamengkubuono IX dan Ir. Soekarno. Di sini, lo juga bakal disuguhi wedang jahe yang menjadi resep awet muda para putri keraton!

 

Cukup banyak kan museum yang bisa lo jadikan tempat hangout waktu liburan? Museum museum tadi nggak kalah kerennya dari museum Modern and Contemporary Art In Nusantara. Selain berwisata lo juga bisa sekaligus belajar sejarah. Selamat mengunjungi museum Urbaners!

 

 

Source: Kompas.com

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com