• Traveling
  • Museum Macan, Tempat Wisata yang Paling Digemari di Jakarta

Museum Macan, Tempat Wisata yang Paling Digemari di Jakarta

Fri, 06 July 2018
Museum Macan Jakarta

Museum MACAN Kebon Jeruk ini menjadi destinasi wisata baru yang lagi populer di Jakarta. Buat lo yang bosan melihat gedung-gedung bertingkat di Ibukota, pastinya tempat ini bisa jadi alternatif liburan yang menyenangkan. Tenang saja, Urbaners, di sini lo nggak bakal ketemu sama 'MACAN' hewan pemangsa yang menyeramkan itu.

Nama MACAN sendiri diambil dari singkatan Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum yang terletak di Jakarta Barat ini juga lagi hits banget, lho, di media sosial, terutama Instagram. Biar lo nggak ketinggalan hype, berikut fakta fakta menariknya!

 

Museum Macan yang Ramai Dikunjungi Pecinta Seni Kontemporer

museum macan, salah satu museum paling hits di jakarta

Perlu lo ketahui jika Museum ini adalah museum pertama di Indonesia yang menyimpan dan memamerkan beragam koleksi seni modern dan kontemporer asli Indonesia. Meskipun demikian beberapa karya yang dipamerkan juga ada yang berasal dari seniman internasional. Ada sekitar 90 karya seni rupa dalam bentuk lukisan kanvas, lukisan timbul dan patung yang bisa lo temukan di sini.

Seluruh lukisan tersebut merupakan koleksi pribadi seorang kolektor seni sekaligus pengusaha Indonesia, Haryanto Adikoesoemo. Menariknya, pria inilah yang juga menjadi dalang alias penggagas berdirinya Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara ini. Uniknya, meskipun lo sudah pernah ke sana dan melihat koleksi karya seni yang dipajang, belum tentu ketika berkunjung lagi di waktu yang berbeda, karya seni yang dipamerkan masih sama.

 

Karya Langka yang Nggak Pernah Lo Temui

Lo pasti kenal dengan nama-nama seniman nusantara, seperti Raden Saleh, Dullah, Henk Ngantung, sampai Affandi. Inilah sejumlah pelopor seni lukis kontemporer Indonesia yang karyanya sudah diakui dunia. Sayang, nggak banyak orang Indonesia yang bisa menyaksikan langsung karya lukis mereka, karena biasanya dimiliki oleh kolektor perorangan atau disimpan di museum luar negeri. Beruntungnya, saat ini lo bisa menyaksikan karya seni langka itu di Museum MACAN Jakarta Barat.

 

Memamerkan Karya-karya Yayoi Kusama

Urbaners, selain menampilkan karya-karya asli buatan seniman Indonesia, Museum MACAN Kebun Jeruk ini juga memamerkan karya-karya dari seniman internasional termasuk diantaranya Yayoi Kusama. Seniman asal Jepang yang khas dengan karya seni yang didominasi oleh motif polkadot ini juga sukses mencuri perhatian pengunjung. Salah satunya, Great Gigantic Pumpkin yang merupakan patung labu raksasa berwarna kuning yang dipenuhi polkadot hitam di setiap sisinya.

Nah, tepat di belakang Great Gigantic Pumpkin, lo bakal melihat beberapa bola berukuran raksasa yang dipajang sedemikian rupa. Warna bola-bola tersebut senada dengan warna patung labu, yaitu dengan dasar berwarna kuning yang juga dihiasi polkadot hitam. Pada salah satu bola tersebut, lo bisa mengintip dan melihat pantulan kaca serta bola-bola kecil di dalamnya.

 

Melihat Keunikan Narcissus Garden

banyak spot foto instagramable di museum macan kebon jeruk

Narcissus Garden masih menjadi bagian dari karya-karya Yayoi Kusama yang bisa lo jumpai di Museum MACAN Kebon Jeruk. Pada karya seninya yang satu ini, Yayoi nggak lagi menonjolkan motif polkadot seperti pada dua karya sebelumnya. Narcissus Garden terdiri dari bola-bola berwarna perak yang bisa memantulkan bayangan. Dengan jumlah bola yang begitu banyak, saat lo berdiri di depannya, maka bola-bola tersebut akan memantulkan bayangan lo dalam jumlah yang sangat banyak.

 

Punya Spot Foto yang Sangat Instagramable

Salah satu karya seni yang jadi favorit para pengunjung adalah Infinity Mirrored Room yang juga diciptakan oleh Yayoi Kusama. Berbentuk ruang kubus yang dihias dengan lampu warna warni, sebagai pengunjung yang ada di dalamnya lo bakal merasa seperti berada di dimensi penuh warna dan tanpa batas. Pasalnya, ruangan tersebut sudah dilapisi cermin sehingga cahaya yang terpantul seakan-akan nggak berujung.

Nggak tanggung-tanggung, spot yang satu ini bahkan sukses menciptakan antrian yang cukup panjang di dalam Museum MACAN. Sayangnya, walaupun sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk antri, lo cuma punya waktu selama 20 detik untuk foto di dalam ruangan, jadi lebih baik lo pikirkan terlebih dahulu pose atau angle foto. Oh ya, hati-hati saat berada di dalam ya, soalnya ada kubangan air yang mengelilingi lantai tempat lo berdiri.

 

Ada Pertunjukkan yang Bisa Diikuti oleh Pengunjung

Berbeda dari kebanyakan museum yang biasa lo kunjungi, di Museum MACAN lo nggak sekadar melihat karya-karya seni yang dipajang saja. Tempat ini juga sering mengadakan event dan program yang bisa diikuti oleh pengunjung. Mulai dari seni pertunjukan semi-teater, pertunjukan Music at the Museum, sesi bercerita dan bermain lewat media karya seni, sesi menggambar dan mewarnai dan masih banyak lagi.

 

Menyediakan Ruangan untuk Anak-anak

salah satu ruangan di museum macan jakarta

Urbaners, buat lo yang ingin datang bersama adik sepupu atau keponakan yang masih kecil ke Museum MACAN Jakarta tentu bisa banget! Di sini ada ruangan yang secara khusus didesain dan disediakan untuk anak-anak. Ruang Seni Anak yang diberi nama Floating Garden atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Taman Apung ini dirancang oleh seniman Entang Wiharso. Begitu memasuki ruangan, lo bakal terbawa ke sebuah dunia yang penuh warna-warna cantik.

Bagian menarik dari ruangan ini adalah cetakan aluminium di dinding yang berbentuk fauna, flora dan manusia. Tenang aja, adik sepupu atau keponakan lo nggak bakal bosan karena di ruangan ini mereka bisa membuat prakarya dengan peralatan yang sudah disediakan oleh pengelola Museum. Mulai dari membuat arsiran warna-warni, menggambar, dan lain sebagainya.

Aktivitas lain yang nggak kalah serunya juga bisa ditemukan di dalam museum ini adalah berburu harta karun. Jadi, permainan ini ditujukan untuk pengunjung di bawah 12 tahun dimana mereka bakal diberi selembar kartu Museum Guide for Children yang berisi petunjuk tentang “harta karun” yang tersembunyi di salah satu sudut museum. Seru banget deh!

 

Nongkrong dan Ngopi dengan View Keren

Puas berkeliling dan berfoto di dalam Museum, lo pasti merasa lelah dan haus. Tenang saja, tepat di seberang Infinity Mirrored Room lo bisa menemukan sebuah coffee shop yang dikelilingi oleh dinding kaca lengkap dengan pemandangan lanskap Ibukota Jakarta yang nggak pernah sepi.

Coffee shop yang juga cukup populer di media sosial ini bernama 1/15 Coffee. Brand kedai kopi yang satu ini bahkan sudah memiliki beberapa gerai di Jakarta dan Bali, jadi soal rasa nggak usah diragukan lagi. Soal harga masih sangat terjangkau, kok. Cukup menyediakan budget sekitar Rp30.000 untuk mencicipi secangkir kopi nikmat.

Urbaners, itulah tadi beberapa fakta menarik tentang Museum MACAN Jakarta yang lagi hits. Lokasinya sendiri berada tepat di Wisma Akr, Jalan Panjang No.5, RT.11/RW.10, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Buat lo yang ingin berkunjung, tempat ini buka setiap Selasa sampai Minggu dari pukul 10.00 WIB – 19.00 WIB.

 

 

Source:

idntimes.com

kompas.com

Jalan-Jalan Keliling Dunia di Rumah dengan 5 Tur Virtual

Fri, 24 April 2020
Seorang pria sedang duduk di kursi sambil menggunakan VR gadget

Pandemi COVID-19 di seluruh dunia menjadi hambatan buat lo yang sudah berencana untuk menikmati liburan. Untuk mengisi waktu luang lo selama isolasi diri di rumah, ada opsi virtual tour yang siap membawa lo ke destinasi-destinasi top di dunia.

 

The Louvre

Tampak luar The Louvre di Paris saat sore hari dan dipenuhi turis.

Salah satu bangunan museum paling ikonik di seluruh dunia ini tutup sementara selama pandemi COVID-19 berlanjut. Kabar baiknya, lo nggak perlu jauh-jauh terbang ke Paris untuk bisa menikmati pameran seni, benda bersejarah, dan galeri di Museum Louvre. Lo bisa langsung cek laman Museum Louvre di sini dan ikut virtual tour yang disediakan.

Terdapat 4 kategori virtual tour yang bisa diambil kapan saja, yaitu Exhibition: The Advent of The Artist’, Egyptian Antiquities, Remains of The Louvre’s Moat, dan Galerie d’Apollon. Cukup gunakan smartphone, tablet, atau laptop, lo sudah bisa menikmati keindahan The Louvre langsung dari rumah.

 

Walt Disney World

Patung Walt Disney dan Mickey di depan Istana Cinderella di Walt Disney World.

Punya impian untuk pergi ke Walt Disney World? Buat pecinta Disney, sekarang lo hanya butuh jaringan internet untuk bisa merasakan keseruan di Walt Disney World. Tenang saja, virtual tour tidak dipungut biaya dan bisa diakses di mana saja dan kapan pun yang lo mau. Nggak hanya sekadar jalan-jalan di area Walt Disney World, tetapi lo juga bisa ikut virtual ride yang membuat lo merasa seakan-akan sedang bermain langsung.

Lo bisa ikut naik Frozen Ever After, It’s a Small World, Monster, Inc. Mike and Sulley to the Rescue!, dan Pirates of the Caribbean. Ini bisa lo jadikan ide untuk kencan virtual selanjutnya bersama si doi. Kapan lagi bisa nge-date di Walt Disney World!

 

Yosemite National Park

Pemandangan danau dan bukit berbatu di Yosemite National Park

Bosan di rumah akan membuat lo punya keinginan besar untuk berpetualang di alam liar. Sayang sekali, masa karantina ini menghalangi lo untuk bepergian ke luar rumah. Tetapi, sekarang lo bisa mengunjungi Yosemite National Park langsung dari rumah lo sendiri. Berlokasi di California, Amerika Serikat, taman ini menyuguhkan pemandangan indah penuh bebatuan serta perairan yang indah dipandang.

Saat lo penat dengan pekerjaan atau ingin melihat pemandangan alam yang segar, lo bisa langsung klik di sini untuk segera mengunjungi Yosemite National Park lewat virtual tour. Selain Yosemite, terdapat juga virtual tour untuk Yellowstone National Park yang terkenal dengan geyser penuh warna.

 

Tembok Besar China

Potret Tembok Besar China dari atas yang sepi pengunjung dan dikelilingi bukit hijau.

Salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang terletak di dataran China sekarang memang tidak memungkinkan untuk dikunjungi, terutama oleh turis dari Indonesia. Namun, lo tetap bisa menikmati jalan-jalan santai menyusuri Tembok Besar China melalui virtual tour yang kini tersedia untuk diakses kapan pun.

Destinasi yang terkenal ramai oleh pengunjung, bisa lo nikmati sendiri di rumah tanpa gangguan orang lain. Terlebih lagi, lo nggak perlu lelah berjalan selama tur, cukup duduk dengan tenang sambil menatap layar laptop.

 

Sistine Chapel

Interior di dalam gedung Sistine Chapel yang penuh dengan Raphael’s tapestries.

Saat berkunjung ke Italia, Sistine Chapel adalah destinasi top yang tidak boleh dilewatkan. Dibuka untuk umum, gereja bersejarah ini terkenal dengan gaya interior serta lukisan “The Last Judgment” di langit-langit bangunan. Selalu padat akan pengunjung, ini saatnya bagi lo mengunjungi Sistine Chapel di rumah untuk mengisi waktu luang.

Walaupun kini Italia sedang dalam masa lockdown, lo tetap bisa melihat sendiri keindahan bangunan Sistine Chapel lewat virtual tour. Siapkan laptop dan jaringan internet yang stabil sebelum memulai virtual tour, Bro!

 

Sources: goodhousekeeping.com, Washington Post, Lonely Planet