Home Traveling NASA Bakal Selenggarakan Lelang untuk Pembukaan Trip ke Bulan
Diikuti Sembilan Perusahaan

NASA Bakal Selenggarakan Lelang untuk Pembukaan Trip ke Bulan

Wednesday, December 5, 2018 - 16:22
Bagikan
Facebook Twitter Email

Setelah sukses mendaratkan manusia pertamanya di bulan, kini NASA kembali untuk melakukan hal serupa beberapa tahun mendatang. Namun, sadar akan biaya yang dikeluarkan nggak sedikit maka diadakanlah lelang Urbaners. Selain untuk meringankan biaya eksplorasi ini juga bertujuan untuk mendorong beberapa perusahaan penerbangan dan teknologi di Amerika Serikat untuk berinvestasi dalam misi eksplorasi luar angkasa seperti digadang oleh Presiden Donald Trump.

 

Sebagai Pengembangan Pendaratan Manusia ke Bulan

Sebagai Pengembangan Pendaratan Manusia ke Bulan

Program yang diselenggarakan oleh NASA ini bukanlah tanpa alasan. Ini tidak lain adalah sebagai respon dari pernyataan Presiden Donald Trump pada 2017 lalu yang akan mengirimkan orang ke Mars pada 2030. Namun, NASA juga memiliki rencana lain dari pernyataan Trump tersebut Urbaners.

Misi yang akan dibuat oleh NASA ini adalah mengirimkan manusia ke bulan. Hal ini dimulai dari pengiriman logistik dan membangun stasiun bulan yang mengorbit pada 2022. Kemudian, pada 2023 barulah roket pertama akan membawa astronaut mengelilingi bulan. Diperkirakan misi ini akan dilakukan dalam orbit yang lebih jauh daripada misi Apollo beberapa dekade sebelumnya.

 

Diikuti Sembilan Perusahaan

Diikuti Sembilan Perusahaan

Pada pekan terakhir November lalu, NASA akhirnya mengumumkan beberapa perusahaan yang akan mengajukan tawaran dalam lelang dan kerja sama dalam misi ke bulan. Tawaran kontrak kerja sama tersebut mulai dari 2.6 miliar dolar selama 10 tahun. Kontrak ini adalah bagian untuk membangun pesawat ruang angkasa untuk membawa muatan ke bulan terlebih dahulu pada awal 2019 mendatang.

Disebut-sebut, langkah yang dilakukan oleh NASA ini adalah bagian untuk mengirim orang-orang ke bulan dalam dekade mendatang. NASA tercatat berhasil mendaratkan manusia di bulan pada era Apollo yakni di dekade 1960-an hingga 1970-an. Kini, NASA kembali bersiap-siap akan mengulangi misi yang sama.

Salah satu administrator di NASA, Jim Bridenstine mengungkapkan langkah yang dilakukan NASA ini adalah sebuah kemajuan berarti. Dalam lelang tersebut disebutkan ada sembilan perusahaan yang memenuhi kriteria. Namun, salah satu perusahaan penerbangan terbesar yang potensial adalah Lockheed Martin yang memiliki kesuksesan kerja sama dengan NASA. Salah satunya adalah membangun misi pendaratan InSight di Mars.

Wah, bakalan seperti apa misi ini kedepannya? Apa lo juga tertarik untuk ikut terbang ke bulan Urbaners?

 

 

Source: AFP, Bloomberg