Home Traveling NuArt Sculpture Park, Paduan Unik Galeri Seni dan Taman di Bandung
NuArt Sculpture Park, Paduan Unik Galeri Seni dan Taman di Bandung

NuArt Sculpture Park, Paduan Unik Galeri Seni dan Taman di Bandung

Friday, January 25, 2019 - 15:04
Bagikan
Facebook Twitter Email

Bandung dikenal sebagai kota yang memiliki nilai seni dan daya kreativitas tinggi sejak dulu. Mulai dari seni masyarakat tradisional hingga seni kontemporer. Salah satu tempat yang bisa lo kunjungi untuk menyaksikan kreativitas dan estetika seni adalah NuArt Sculpture Bandung. Tempat ini menyimpan berbagai mahakarya seni patung dari seorang seniman Nyoman Nuarta. Apa yang membuat tempat ini keren buat lo para pecinta seni? Ini alasannya.

 

Rumah Bagi Para Pecinta Seni

Rumah Bagi Para Pecinta Seni

NuArt Sculpture Park memiliki lahan seluas tiga hektar dengan suasana yang sejuk dan asri. Di tiap sudutnya lo bisa melihat rimbunnya pohon-pohon keras yang membuat sejuk tempat ini seperti cemara, karet, dan ketapang. Ada pula hewan-hewan yang memang dibiarkan untuk tinggal di sana oleh pengelola antara lain musang, tupai, dan burung-burung yang bebas berseliweran. Secara umum, ruangan-ruangan di sini merupakan galeri seni milik seniman terkemuka Indonesia Nyoman Nuarta yang juga perancang dari Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Di sini juga memberikan ruang apresiasi bagi seniman lainnya dengan memajang karya-karyanya seperti patung dan lukisan. Semua patung-patung di NuArt memiliki nilai estetika dan misterius. Namun, ada satu patung yang mencolok dan jadi perhatian Urbaners. Yakni patung raksasa menyerupai ikan paus yang seolah menyembul dari dalam lautan. Maka dari itu nggak heran kalau tempat ini jadi favorit dan rumah bagi para pecinta seni untuk mencari inspirasi.

 

Tonjolkan Konsep Ketuhanan

Tonjolkan Konsep Ketuhanan

Konsep yang ada di NuArt ini memang bisa dibilang unik Urbaners, lo bakalan merasakan hal yang nggak biasa dan lebih dekat dengan alam saat pertama kali masuk. Ya, memang tempat ini dibuat menggunakan konsep ketuhanan dan mendorong pengunjung untuk lebih dekat dan mengenal alam dari dekat. Nilai yang ditanamkan di sini pun juga mengingatkan lo buat bersyukur kepada Tuhan dan menghargai diri sendiri, orang lain dan alam.

Nggak cuma melalui patung-patungnya yang keren saja Urbaners, di sini setiap lembar daun yang jatuh dikumpulkan di satu tempat. Kemudian daun itu diolah kembali menjadi bahan pupuk kompos yang dikembalikan ke alam. Selain menghargai alam, pihak NuArt juga memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi. Ini dibuktikan dengan keberadaan pengelola dan pegawai di sana merupakan warga sekitar NuArt berdiri. Para generasi muda juga bisa mengikuti pelatihan seni seperti tari, teater dan sastra di sini.

Tertarik untuk mencobanya juga Urbaners? Lo bisa datang langsung ke Jalan Setraduta Raya No. L6, Bandung.

 

 

Source: Kompas.com. Detik.com