Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Semarang - MLDSPOT
  • Traveling
  • Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Semarang

Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Semarang

Thu, 16 January 2020
Semarang memiliki sejumlah tempat wisata yang keren dan populer

Selain terkenal dengan lumpia yang menjadi makanan khasnya, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata populer yang harus lo coba, Urbaners. Ibu kota dari provinsi Jawa Tengah ini mempunyai banyak tempat wisata dengan berbagai kategori mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, dan lainnya. Ini dia rekomendasi tempat wisata di Semarang yang populer dan wajib dikunjungi.

 

Museum Kereta Api Ambarawa

Di Museum Kereta Api Ambarawa lo bisa mencoba menaiki lokomotif tua

Salah satu tempat unik di Semarang yang wajib lo kunjungi adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Di tempat ini lo bisa merasakan sensasi berbeda dan kembali ke masa lalu dengan menaiki lokomotif tua. Terdapat kereta uap dan kereta diesel yang pastinya akan memberikan pengalaman berbeda saat menaikinya. Kereta tersebut memiliki dua rute yaitu Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bendono.

 

Setiya Aji Flower Farm

Salah satu jenis bunga yang berada di Setiya Aji Flower Farm

Semarang juga memiliki tempat yang keren dan Instagramable yakni Setiya Aji Flower Farm. Tempat wisata alam yang terletak di Dusun Ngasem, Desa Jetis, Bandungan, Semarang ini cocok banget didatangi bareng pasangan. Pasalnya di sini terdapat banyak sekali bunga krisan warna-warni yang super cantik. Jadi jika lo ingin mencoba membuat foto yang romantis dengan pasangan, maka tempat ini wajib dikunjungi. Saat memasuki tempat wisata yang satu ini lo hanya perlu membayar sekitar Rp7.000.

 

Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong memiliki desain bergaya Tiongkok yang indah

Klenteng Sam Po Kong merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Semarang. Tempat wisata ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik karena dibangun di lokasi kedatangan Laksamana Cheng Ho dari Tiongkok pada tahun 1400-an. Klenteng ini bisa lo jadikan tempat foto karena desainnya yang cantik dengan ornamen khas Negeri Tirai Bambu. Di dalam kawasan klenteng ini terdapat lima bangunan utama yaitu Sam Poo Kong, Kyai Juru Mudi, Tho Tee Kong, Kyai Cundrik Bumi dan Kyai Jangkat.

 

Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah dengan desain yang cantik dan cocok untuk dijadikan spot foto

Gedung yang satu ini bisa disebut sebagai salah satu tempat ikonik di kota Semarang. Lawang Sewu dulu digunakan sebagai kantor pusat Nederlands-Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) sebuah perusahaan Belanda yang bertugas untuk membangun jalur kereta dari Semarang ke Solo dan Jogja. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini memiliki desain yang unik karena memiliki pintu dan jendela dalam jumlah banyak yang sesuai dengan namanya. Meskipun Lawang Sewu sering disebut sebagai tempat yang angker, tapi gedungnya sangat indah dan cocok banget dijadikan spot foto lho Urbaners.

Itulah 4 tempat wisata populer yang bisa didatengin saat lo mampir ke Semarang. Mana tempat wisata yang ingin lo kunjungi dulu, Urbaners?

 

 

Sources: idntimes.com, anekatempatwisata.com

Pengin Jalan ke Museum? Coba Fitur Virtual Traveling Ini Bro!

Mon, 14 September 2020
traveling ke museum virtual

Perkembangan teknologi bisa jadi inspirasi tersendiri buat lo semua yang sudah rindu banget buat traveling tapi belum bisa dilakukan karena kondisi seperti ini yang tidak memungkinkan. Terlebih buat lo yang suka jalan-jalan ke museum, sekarang cara baru buat melakukannya, bro!

Kalau beberapa waktu lalu kita sudah bahas bagaimana kemungkinan adanya menikmati konser musik dengan konsep virtual reality – kali ini, dengan konsep yang hampir sama, bisa diterapkan juga buat lo yang mau jalan-jalan ke museum.

Terlebih buat di berbagai negara lainnya, yang mengakali pandemi ini dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah semakin maju ini. Banyak museum di luar sana yang sudah memanfaatkan hal tersebut ditandai dengan terbukanya pintu museum secara virtual.

Lo bisa menikmati karya-karya seniman yang disimpan rapi di dalam museum hanya dari layer ponsel smartphone saja atau computer di mana lo berada. #MauLagiDimanapun lo tetap bisa jalan-jalan seru ke museum-museum.

Nah bagaimana di Indonesia sendiri? Perlu lo ketahui nih kalau setidaknya ada 4 museum atau galeri karya seni yang bisa lo datangi secara virtual. Penasaran di mana saja? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Virtual Traveling ke Biennale Jogja

virtual traveling museum biennale jogja 2020

Credit Image: goodnewsfromindonesia.id

Sudah menjadi wadah buat seniman lokal ataupun internasional buat berkarya, belajar dan berdiskusi terkait karya di bidang seni visual, dari tahun 1988, Biennale Jogja jadi tempat yang seru buat didatangi.

Bekerja sama dengan Google Arts & Culture, pagelaran seni yang prestis dari Biennale Jogja masih bisa lo nikmati secara virtual. Lo bisa langsung gas ke halaman utama websitenya buat menikmati hasil karya seni visualnya keren-keren.

 

Ciputra Artpreneur

Kurang lebih konsep dasarnya sama, bekerja sama dengan Google Arts & Culture, salah satu kolektor karya seni, Dr. Ir. Ciputra mempunyai Ciputra Artpreneur yang berisikan banyak sekali karya seni visual luar biasa indahnya. Lo bisa menikmati karya-karya luar biasa tersebut secara virtual.

 

‘Trajectory’: A Decade of Lawangwangi

Berlokasi di Bandung, melalui website ArtSociates lo bisa menikmati ‘Trajectory’ yang berisikan 10 karya dari 10 seniman lintas generasi yang karyanya benar-benar luar biasa. Di pameran ini, lo bisa menikmatinya dengan cara virtual.

 

Pameran #KilasBalik Selasar Sunaryo

Masih dari Bandung lagi, Selasar Sunaryo juga ikut memboyong karya-karya yang ada di dalamnya untuk bisa dinikmati secara virtual. Melalui pameran #KilasBalik, lo bisa menikmati kreasi-kreasi yang sebelumnya sudah pernah dipamerkan juga.

Tidak hanya kreasi-kreasi yang sudah ada saja, lo bisa melihat juga berbagai koleksi buku, katalog dan berbagai karya seni lainnya di dalam eksibisi tersebut. Secara virtual, karya-karya di sana bisa lo nikmati dari layar smartphone lo saja.

Wah bagaimana nih bro? Dari berbagai pameran dan museum yang menyediakan layanan kunjungan virtual, yang mana nih yang sudah lo rencanakan buat di datangi?

 

Feature Image – secretldn.com