• Traveling
  • Review Museum Angkut Malang Tiket, Rute, dan Jam Buka

Review Museum Angkut Malang Tiket, Rute, dan Jam Buka

Tue, 30 October 2018
Review Museum Angkut Malang Tiket, Rute, dan Jam Buka

Malang menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Jawa Timur. Jika Surabaya lebih terkenal sebagai kota metropolis, maka Malang bisa disebut dengan kota yang sangat sempurna banget untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk kota yang padat. Salah satu destinasi wisata favorit adalah Museum Angkut Malang yang menyajikan banyak sekali alat transportasi yang ada di seluruh dunia dari zaman dahulu hingga sekarang.

Bagi yang belum tahu nih, Urbaners, Museum Angkut ini diambil dari kata angkutan atau alat transportasi. Jadi, bisa dibilang ketika lo mengunjungi Museum Angkut Malang, lo akan dibawa ke zaman dahulu bagaimana alat transportasi ini menjadi salah satu penemuan paling berpengaruh di dunia. Kemudian dengan berkembangnya teknologi, angkutan umum di seluruh dunia ini juga berubah.

Nggak hanya itu, Urbaners, di Museum Angkut ini nggak sekadar menyajikan sebuah mobil di dalam atau di luar ruangan, tetapi lo juga bisa sekaligus melihat ambience yang keren banget. Ada beberapa tema yang dapat lo lihat di Museum Angkut Malang, misalnya tema Eropa dan tema Hollywood. Nah, di dalam artikel kali ini akan dibahas apa aja sih yang ada di dalam Museum Angkut, harga tiket, jam buka, sampai apa aja hal menarik yang harus lo kunjungi ketika berada di museum ini. Simak di sini, ya!

 

Museum Angkut Malang, Wisata Otomotif Hits di Jawa Timur

Museum Angkut Malang, Wisata Otomotif Hits di Jawa Timur

Museum Angkut Malang dibuka pada 9 Maret 2014 dan langsung menjadi salah satu rujukan para wisatawan di Jawa Timur. Bisa dibilang Museum Angkut Malang ini menjadi dahaga bagaimana kebutuhan edukasi mengenai transportasi yang ada di Jawa Timur. Ditambah lagi museum yang dikembangkan oleh Jawa Timur Park Group ini juga mengombinasikan antara edukasi dan juga entertainment. Jadi, wajar lo akan melihat banyak sekali keluarga yang mengunjungi museum ini, nggak hanya anak-anak atau orang tua saja.

Buat lo yang ingin menuju ke Museum Angkut Malang, lo bisa menuju ke pusat Kota Batu terlebih dahulu. Dari Surabaya, jarak menuju Malang ini hampir 100 kilometer dengan jarak tempuh rata-rata 2 jam. Sekarang sudah ada tol yang menghubungkan Surabaya-Malang, jadi lo bisa lebih cepat menuju ke Malang atau sebaliknya. Dari Malang, lo bisa ke arah utara untuk menuju ke Alun-Alun Kota Batu. Kota Batu merupakan daerah perbatasan antara Kediri, Jombang, dan juga Mojokerto.

Berada di lereng gunung, lo akan merasakan hawa dingin dan sejuk yang sangat segar. Dari Alun-Alun Kota Batu yang berjarak sekitar 30-45 menit dari Malang, lo bisa langsung menuju ke Museum Angkut yang jaraknya sekitar 10 menit. Di Museum Angkut ini terdapat parkir yang luas, wisata kuliner, dan juga pusat oleh-oleh.

Untuk lo yang ingin menuju ke Museum Angkut Malang menggunakan alat transportasi bus, dari Terminal Purabaya Sidoarjo lo bisa ke Malang dan turun di Terminal Arjosari. Dari Terminal Arjosari, lo bisa naik angkutan umum dengan huruf “L” untuk turun di Terminal Landungsari, kemudian melanjutkan dengan naik ojek atau bus dengan jurusan Jombang. Kemudian jika lo ingin naik kereta api atau pesawat, dari stasiun maupun bandara lo bisa naik angkutan umum untuk ke Terminal Langsungsari terlebih dahulu, ya.

 

Harga Tiket Museum Angkut Batu Malang

Harga Tiket Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut Malang merupakan salah satu tempat wisata yang dikembangkan oleh Jawa Timur Group. Selain Museum Angkut, mereka juga mempunyai tempat wisata Jatimpark 1, Jatimpark 2 (Batu Secret Zoo & Museum Satwa), Eco Green Park, Predator Fun Park, Museum Tubuh, dan juga Batu Night Spectacular. Semua tempat wisata di Batu ini mempunyai jenis dan segmentasi yang berbeda-beda, jadi bisa dibilang lo bakal puas banget jika berhasil mengunjungi semuanya.

Sekarang yuk cari tahu harga tiket Museum Angkut Batu Malang di hari biasa maupun di akhir pekan:

Hari Senin-Kamis (weekdays)  : Rp. 70.000,-
Hari Jumat-Minggu (weekend) : Rp. 100.000,-
*Tiket tersebut sudah termasuk masuk ke dalam wahana D’Topeng dan juga Runway 27 yang ada di dalam Museum Angkut Malang.

Jam operasional dari Museum Angkut Malang: 12:00WIB – 20:00WIB

Ada beberapa hal yang harus lo ketahui tentang charge tambahan yang ada di Museum Angkut Malang:

  • Tinggi badan 85 cm ke atas akan dikenakan pembayaran tiket penuh
  • Lo harus membayar tiket kamera jika lo membawa kamera berjenis Polaroid, DSLR, Kamera Digital, Handycam, dan sejenisnya. Perkecualian adalah smartphone.

Selain itu, lo juga bisa membeli tiket terusan untuk yang ingin mencoba seluruh tempat wisata yang berada di bawah Jawa Timur Group. Tiket Sakti dari Jawa Timur Group:

Paket Sakti (berlaku 2 hari)       : Rp. 375.000,-
Paket Super Sakti (berlaku 3 hari) : Rp. 450.000,-
*Tiket tersebut akan berlaku untuk masuk ke Jatimpark 1, Museum Satwa Batu Secret Zoo, Eco Green Park, Predator Fun, Museum Tubuh, Museum Angkut dan Batu Night Spectacular.

 

Hal Menarik di Museum Angkut Malang

Nah, selanjutnya akan dibahas nih apa saja sih hal menarik yang ada di Museum Angkut Malang. Sekadar informasi nih Urbaners, ciri khas dari tempat wisata yang berada di bawah Jawa Timur Group adalah hampir semua tempat wisatanya mempunyai jalur yang jelas. Misalnya ketika lo masuk ke Jatimpark 1, lo nggak perlu khawatir untuk tersesat karena di sana sudah disesuaikan jalur untuk menikmati wahana pertama sampai terakhir.

Begitu pula di Museum Angkut, dari pintu masuk sampai terakhir lo bisa bakal melewati jalur agar bisa menikmati wahana dengan nyaman. Selain itu ,petunjuk di dalam museum juga jelas banget dan tidak akan membuat kebingungan.

 

Zona Hall Utama

Ketika lo pertama kali masuk ke Museum Angkut, lo akan dibawa ke koleksi mobil dan motor klasik yang ada di seluruh dunia. Sudah bisa dipastikan buat lo yang merupakan penggemar berat mobil dan motor klasik, ini adalah tempat yang sempurna buat lo. Jika diperhatikan, mobil zaman dahulu ini lebih menonjolkan sisi artistik bila dibandingkan mobil sekarang. Ini wajar karena dulu mobil sangat segmented banget dan sekarang mobil sudah dibuat komersial.

Di lantai dua, lo bisa melihat replika dari Air Force-nya Indonesia atau pesawat kepresidenan. Di dalamnya akan terlihat fasilitas yang ada di dalam pesawat seperti ruang meeting, bar, dan juga kamar tidur presiden.

 

Zona Edukasi

Zona Edukasi

Masih berada di satu ruangan yaitu hall utama, Zona Edukasi ini akan memperlihatkan bagaimana sejarah perkembangan transportasi. Mulai dari sepeda, kereta api, kendaraan bermotor, sampai sekarang yang sudah memasuki era mobil listrik. Ini adalah tempat yang pas untuk lo yang mengajak seluruh keluarga.

 

Zona Batavia dan Pecinan

Selanjutnya lo akan masuk ke area outdoor, yaitu Zona Batavia dan Pecinan. Di sini lo akan diajak kembali ke masa sebelum kemerdekaan dan suasananya sangat tradisional. Bentuk rumah yang sangat tradisional dan juga melihat dari dekat bagaimana pecinan ini selalu konsisten dengan gayanya yang oriental.

 

Zona Gangster & Broadway Street

Zona Gangster & Broadway Street

Puas melihat bagaimana perkembangan transportasi dan juga bentuk rumah Indonesia zaman dahulu, sekarang lo akan diajak ke luar negeri. Zona Gangster & Broadway Street ini merupakan cerminan daerah California dan juga New York yang ketika itu sangat terkenal dengan sebutan gangster dan broadway. Perkembangan entertainment Amerika Serikat akan ditampilkan dengan sangat keren di sini.

 

Zona Eropa

Zona Eropa

Berpindah dari Amerika Serikat, Zona Eropa ini bakal menampilkan bagaimana keunikan Eropa yang sejatinya sangat berbeda dengan Amerika Serikat. Mulai dari vespa, Volkswagen, hingga Rolls Royce bisa lo nikmati di sini.

 

Zona Buckingham Palace

Kalau ngomongin Eropa nggak lengkap rasanya jika nggak menuju ke pusat budaya Eropa, Inggris. Adanya revolusi industri membuat perubahan besar, salah satunya adalah kerajaan Inggris yang terkenal sangat royal. Di Museum Angkut Malang lo bisa melihat replika dari Buckingham Palace yang merupakan simbol kedigdayaan dari keluarga kerajaan. Nggak hanya itu, lo juga bisa melihat perkembangan transportasi yang ada di Inggris.

 

Zona Las Vegas

Zona Las Vegas

Kembali lagi ke Amerika Serikat, lo bisa mengunjungi Las Vegas, tempat di mana hiburan terbaik ada di sini. Lo bisa melihat dari dekat apa saja sih sebenarnya yang ada di Las Vegas tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat.

 

Zona Hollywood

Ini merupakan zona terakhir yang ada di Museum Angkut. Lo bisa melihat bagaimana perkembangan film dunia dan juga transportasinya yang keren-keren banget. Di sini juga terdapat beberapa miniatur superhero.

 

Special Show di Museum Angkut

Buat lo yang ingin mengunjungi Museum Angkut, lo bisa menikmati beberapa pertunjukan khusus. Misalnya Night Divas, yaitu pertunjukkan fashion show yang bisa lo lihat setiap hari di pukul 18:30-19:00 WIB. Lalu ada California Car Wash Dance dan Three Elemental Show yang bisa lo nikmati di weekend. Kemudian ada Movie Star Hero Cosplay setiap hari dari pukul 12:30-13:00 WIB.

 

Itulah beberapa hal yang bisa lo lakukan di Museum Angkut Malang. Sekadar tips tambahan nih Urbaners, lo bisa membeli tiket secara online di jtp.id/tiket untuk yang nggak ingin antre atau igin melihat informasi tambahan. Selain itu lo bisa datang di hari biasa untuk menghindari wahana yang terlalu ramai, karena sayang kalau lo nggak bisa berfoto di Museum Angkut.

4 Cafe di Yogyakarta yang Asik Buat Hangout Bareng Teman

Monday, February 17, 2020 - 15:20
Gubug Makan Mang Engking yang ada di Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan mirip seperti kastil

Yogyakarta selalu berhasil bikin kangen, setuju nggak, Urbaners? Selain menyimpan segudang tempat wisata alam yang cantik, Yogyakarta juga dikenal karena memiliki sejumlah makanan khas yang sangat lezat. Nggak hanya itu saja, kota yang satu ini juga telah memiliki sejumlah café kekinian yang super asik dibuat tempat nongkrong bareng teman, Urbaners!

Inilah rekomendasi café keren dan asik yang bisa lo kunjungi saat mampir ke Yogyakarta.

 

The Captain Urban Lounge

Terdapat moncong pesawat yang ada di bagian depan caféSalah satu café dengan desain keren dan pastinya Instagrammable yang harus lo kunjungi adalah The Captain Urban Lounge. Terletak di Jl Damai No. 41 Sariharjo, Sleman, café yang satu ini cukup menjadi buah bibir dari warga sekitar Yogyakarta. Bagaimana tidak, café ini memiliki desain unik dengan moncong pesawat yang terletak di bagian depannya. Saat lo masuk ke dalam café akan disuguhkan dengan pemandangan yang mirip dengan pesawat Fokker 28. Saat nongkrong di tempat ini lo pasti akan merasa seperti sedang bersantai di dalam sebuah pesawat. Pada bagian kokpitnya pun disulap menjadi panggung untuk live music.

 

Iconic Gelato & Bistro

Di bagian dalam café Iconic Gelato & Bistro terdapat pajangan tokoh superhero dalam lemari kaca

Buat lo yang suka dengan tokoh-tokoh dari superhero, sebaiknya masukkan café yang satu ini ke dalam daftar tempat yang bakal lo kunjungi di Yogyakarta. Selain bisa menikmati sejumlah gelato yang lezat, di sini pengunjung juga bisa melihat koleksi superhero yang ditata dalam sebuah display kaca. Karakter superhero yang dipajang di sini cukup beragam mulai dari superhero dari Marvel, DC dan bahkan karakter dari Star Wars. Bertempat di Jalan Magelang Km 5,8, Yogyakarta, di café yang satu ini juga tersedia berbagai macam aksesoris superhero yang kalah menariknya.

 

Gubug Makan Mang Engking

Gubug Makan Mang Engking memiliki desain arsitektur yang keren dengan bentuk kastil khas Eropa

Ingin mencoba nongkrong dengan suasana yang unik? Coba kunjungi Gubug Makan Mang Engking yang ada di Jl Soragan No. 13, Yogyakarta ini ya Urbaners. Di tempat ini lo bisa menikmati sejumlah hidangan makanan yang lezat sembari merasakan suasana seperti berada di sebuah kastil khas Eropa. Desain bangunannya sangat keren karena menyerupai kastil sehingga cukup sering digunakan tempat foto bagi para pelanggannya. Rumah makan ini memang sudah memiliki banyak cabang di kota besar Indonesia lainnya, tapi jika ingin berfoto di kastil, lo hanya bisa menemukannya di Yogyakarta.

 

Café Brick

Desain bagian depan dari Café Brick memperlihatkan motor vespa dan bangunan yang terbuat dari bahan bata

Café Brick juga menjadi salah satu café unik yang berada di Yogyakarta. Café yang satu ini sangat nyaman dan memiliki suasana seperti berada di perkotaan yang ada di Eropa. Di depan café terdapat mobil antik dan di bagian dalamnya terdapat benda-benda unik yang berasal dari kota London. Beralamat di Jl Damai No. 8, Tambakan, Sleman, Yogyakarta, café ini juga memiliki barang-barang antik seperti kotak telepon, televisi, hingga radio. Café ini sangat nyaman sehingga lo pasti betah nongkrong berlama-lama di tempat ini.

Itulah beberapa café unik di Yogyakarta yang cocok buat nongkrong. Tertarik mampir di café yang mana nih, Urbaners?

 

 

Sources: kompas.com, Indonesia.tripcanvas.co, nyero.id