Selain Raja Ampat, Ini Dia 5 Destinasi Alternatif di Jayapura - MLDSPOT
  • Traveling
  • Selain Raja Ampat, Ini Dia 5 Destinasi Alternatif di Jayapura

Selain Raja Ampat, Ini Dia 5 Destinasi Alternatif di Jayapura

Thu, 13 June 2019
Selain Raja Ampat, Ini Dia 5 Destinasi Alternatif di Jayapura

Jangan mengaku sebagai traveler sejati kalau lo belum berkunjung ke wilayah paling timur di Indonesia, yaitu provinsi Papua. Sebagai ibu kota provinsi, Kota Jayapura terletak kurang lebih 25 kilometer dari Bandara Sentani yang bisa dijangkau dengan berkendara selama kurang lebih 45 menit. Nggak cuma Raja Ampat, Jayapura juga punya berbagai destinasi wisata lain yang nggak kalah menarik. Lo pasti penasaran, kan? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di sini.

 

Danau Sentani

Danau Sentani

 
Urbaners, belum lengkap rasanya berkunjung ke Jayapura tanpa menengok keindahan pemandangan alam di Danau Sentani. Disebut-sebut ini adalah danau terbesar di seluruh kawasan provinsi Papua. Lo bisa berkeliling seluruh kawasan danau dengan menggunakan perahu wisata yang telah disediakan. Setiap pertengahan tahun, pemerintah setempat bahkan menyelenggarakan Festival Danau Sentani yang dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan budaya.

 

Danau Love

Danau Love

 
Nggak cuma punya Danau Sentani, di Jayapura lo juga bisa menemukan wujud danau yang berbentuk hati, sehingga dinamakan Danau Love oleh penduduk setempat. Dikelilingi oleh padang rumput yang begitu luas, lo bisa menikmati pemandangan cantik sambil mencicipi kuliner khas Papua, yaitu bubur sagu papeda. Karena keindahannya, danau yang awalnya bernama Imfote ini juga sering dijadikan sebagai spot foto pre-wedding oleh calon pengantin, lho!

 

Air Terjun Cyclop

Air Terjun Cyclop

 
Buat lo yang hobi berpetualang, menjelajah pegunungan yang mengelilingi kota Jayapura pasti bakal menantang. Terlebih kalau lo bisa mengunjungi kawasan wisata Air Terjun Cyclop yang berada di sekitar lereng gunung dan dikelilingi oleh batu-batu besar. Menariknya, lo nggak perlu mengeluarkan uang karena tempat wisata ini bisa dikunjungi secara gratis.

 

Bukit Jokowi

Bukit Jokowi

 
Saking cintanya penduduk Jayapura dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi, lo bahkan bisa menemukan destinasi wisata bernama Bukit Jokowi di sana. Sebelumnya, kawasan ini dikenal dengan nama Puncak Jayapura City. Lokasinya sendiri berada persis di jalur pendakian Skyline Jayapura. Dari atas bukit, lo bisa menikmati keindahan alam Jayapura sambil menikmati es kelapa muda. Nama Bukit Jokowi sendiri diberikan oleh penduduk setempat usai kunjungan Presiden beberapa tahun silam.

 

Pantai Tablanusu

Nah, kalau lo lebih senang bermain pasir pantai, cobalah berkunjung ke Pantai Tablanusu. Dari pusat kota Jayapura, lo bisa berkendara selama kurang lebih 2 jam untuk tiba di wilayah pesisir yang dikelilingi oleh pasir putih dan air laut biru ini. Pemandangan menakjubkan yang disajikan oleh Pantai Tablanusu dijamin bakal bikin lo betah berlama-lama di sana.

 

Urbaners, banyaknya pilihan alternatif destinasi wisata di Jayapura selain Raja Ampat tadi tentu sayang banget buat dilewatkan begitu saja. Jadi, kapan lo bakal berkunjung ke sana?

 

 

Sources: goodnewsfromindonesia.id, kompas.com

Jalan-jalan Virtual ke Paris: Sekarang Lo Bisa Menikmati Museum Louvre Secara Gratis!

Thu, 15 April 2021
Museum Louvre

Bagi penikmat seni, rasanya pergi ke tempat instalasi seni atau tempat yang memiliki nilai seni punya daya tariknya tersendiri. Di Jakarta sendiri beberapa waktu lalu sempat ada Moja Museum yang menyediakan instalasi seni yang juga menyediakan beberapa hiburan untuk dinikmati.

Kalo lo memang seorang penikmat seni – pastinya datang ke Museum Louvre udah masuk bucketlist lo banget dalam hidup, bukan? Museum yang mencatat punya 482.000 koleksi ini udah mengumpulkan karya seni sejak perang dunia kedua. Nggak heran kalo di dalam museum ini terdapat banyak jenis seni yang antik.

Berlokasi di kota paling romantis di dunia – yaitu Paris, Museum Louvre saat ini membatasi pengunjung yang datang untuk menikmati instalasi seni yang ada. Mengingat di era new normal ini banyak border dari setiap negara dilakukan secara terbatas, Museum Louvre membuat gebrakan baru – yaitu membuka museumnya secara online!

Tanpa harus terbang ke paris, lo bisa menikmati koleksi-koleksi antik di Museum Louvre dengan cara cuma-cuma. Mau tau gimana caranya? Langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Jalan-jalan Virtual ke Museum Louvre

Museum Louvre

Credit image – The Guardian

Nggak perlu rumit dan sulit – untuk jalan-jalan virtual ke Museum Louvre lo bisa langsung mengakses database online. Database ini diperuntukkan untuk lo para penggemar seni.

Nggak cuma para penggemar seni – museum Louvre juga membuka untuk para peneliti dapat menjelajahi berbagai koleksi dengan mudah. Para pengunjung website nantinya bakal dapat akses untuk mengakses karya seni melalui album yang sudah melewati proses kurasi.

Segala karya seni dalam Louvre dapat dengan mudah diakses melalui berbagai device – baik komputer desktop hingga smartphone!

Nggak Cuma Berkunjung, tapi Juga Bisa Beli!

Sebagai museum yang termasuk paling diminati oleh para peminat seni, Museum Louvre menyadari bahwa di era new normal ini banyak yang sebenarnya ingin berkunjung namun terbatas oleh keadaan.

Dengan dibukanya Museum Louvre ini secara online, lo nggak cuma bisa berkunjung – tapi lo juga bisa membeli, meminjam, dan melihat semua koleksi yang ada dan ditawarkan. Surga banget buat lo para pecinta seni ya, bro!

Harapannya, setelah dibukanya Museum Louvre secara online ini bisa memperkenalkan budaya yang dimiliki oleh dunia dan membukakan inspirasi bagi para penikmat seni. Meskipun cuma lewat virtual, harapannya nanti para penikmat seni juga bisa berkunjung secara langsung. Well, siapa juga yang nggak mau ya, bro!

Disampaikan oleh Direkturnya Sendiri!

Museum Louvre

Credit image – The Tour Guy

Dari penjabaran di atas, semua hal itu benar adanya sesuai dengan apa yang disampaikan sendiri oleh direktur dari Museum Louvre sendiri – yaitu Jean-Luc Martinez. Pada kesempatan yang diberikan, Jean mengatakan:

For the first time, anyone can access the entire collection of works from a computer or smartphone for free, whether they are on display in the museum, on loan, even long-term, or in storage.”

Dengan ini, artinya lo semua diundang untuk datang ke Museum Louvre ini secara virtual sebelum akhirnya nanti berkunjung ke sana, bro!

Buat lo yang penikmat seni dan emang senang melukis, dengan dibukanya Museum Louvre secara virtual ini bisa lo manfaatkan untuk mendapat inspirasi lebih banyak lagi. Untuk database kunjungannya sendiri bisa langsung lo akses di sini. Enjoy, bro!

 

Feature image – Nohat