Trending
Selasa, 26 Maret 2024

12 Tahun Penantian Dragon’s Dogma 2, Gimana Hasilnya?

  • Share
  • fb-share
12 Tahun Penantian Dragon’s Dogma 2, Gimana Hasilnya?

Lo pernah mainin game yang bagus banget sampai bikin lo kebelet cobain sequel-nya? Nah, tapi gimana kalau ternyata sequel-nya enggak kunjung datang juga, bahkan di saat lo udah makin tua? Tenang, lo enggak sendirian karena gue juga ngalamin gara-gara series Dragon’s Dogma. Di saat gue kira Capcom udah ninggalin franchise satu ini, ternyata 12 tahun kemudian mereka malah ngerilis Dragon’s Dogma 2! Kayak gimana jadinya dibandingin yang dulu? Check it out, kuy!

 

Sinopsis Singkat Dragon’s Dogma 2

Baru pertama kali dengar nama seri Dragon’s Dogma, atau udah lupa garis besar ceritanya gimana karena udah lama enggak main? No worries, gue bisa kasih sinopsisnya di sini biar kita bisa ikutin bareng-bareng, Bro! Basically, lo bakal jadi salah satu Arisen–atau prajurit khusus dengan misi numbangin naga yang bisa ngehancurin dunia. Oh, dan tentunya lo bisa customize penampilan Arisen ini sesuai selera sampai ke detail terkecilnya.

Tapi, bedanya, karakter lo udah pernah mati sebelumnya dan sekarang direinkarnasi lagi dengan tugas yang sama. At least, begitu gambaran kasarnya di Dragon’s Dogma keluaran tahun 2012. Di sequel-nya, sekarang lo juga harus berhadapan sama impostor yang ngaku-ngaku kalau dia juga salah satu Arisen! Buat gue, sih, yang kayak begini bumbu drama banget.

 

5 Hal yang Bikin Dragon’s Dogma 2 Makin Mantap dari Pendahulunya

Setelah puluhan–atau bahkan belasan tahun hibernasi, akhirnya Dragon’s Dogma 2 punya lebih banyak kejutan yang bikin main game-nya lebih enak, Bro! Apa aja contohnya? Nih, gue bakal kasih detailnya di sini:

1. Keliling dunia makin praktis

Gue masih lumayan ingat kalau di Dragon’s Dogma yang pertama, gue harus ngunjungin lokasi tertentu secara manual sampai ngehabisin banyak waktu di dunia nyata. Tapi, sekarang jalan-jalan di Dragon’s Dogma 2 udah lebih enak karena ada fitur baru Fast Travel. 

Sesuai namanya, sekarang lo bisa pindah ke wilayah lain dengan naik gerobak atau teleport pakai portal khusus pas udah masuk endgame. Kalau udah, lo tinggal duduk manis sampai karakter lo tiba di lokasi tujuan, deh!

2. Tambahan job baru yang lebih beragam

Dulu, Dragon’s Dogma emang terkenal dengan banyak pilihan job kayak Fighter, Mage, Strider, Warrior, dan lainnya. Nah, sekarang pilihannya udah makin lengkap, Bro! Misalnya, lo bisa ngambil job Archer, Thief, Mystic Spearhand, Trickster, atau Warfarer. 

Kelimanya punya mekanisme yang beda-beda, mulai dari jenis senjata yang dipakai sama eksekusi skill-nya. Jadi, lo tinggal pilih aja yang paling sesuai sama play style pribadi! Personally, gue paling naksir Mystic Spearhand gara-gara skill set-nya paling balanced antara serangan fisik sama sihir.

3. Camping, kenapa enggak?

Lo enggak salah baca, kok, Bro. Karena sistem perjalanan di Dragon’s Dogma 2 lebih imersif, sekarang lo harus siap ngehabisin banyak waktu dari pagi sampai pagi lagi buat berpindah ke lokasi lain. Tapi, jangan panik dulu, soalnya lo tetap bisa istirahat di tengah jalan. Ya, of course dengan ngegelar tenda di campsite tertentu! Kelebihannya, lo bisa sekalian penuhin HP sama stats lainnya yang penting banget buat jaga-jaga kalau lo diserbu musuh pas lagi jalan-jalan.

4. Combat yang seru abis

Nah, ini dia bagian yang ditunggu-tunggu! Secara garis besar, sistem combat di Dragon’s Dogma 2 emang enggak beda jauh sama pendahulunya, tapi ada tambahan sistem yang bikin makin fun

Pertama, lo bisa ngerekrut Pawn atau anak buah yang bakal ikut bertualang sama lo. Tugasnya mereka ini macem-macem. Misalnya, lo bisa nyuruh mereka jadi tameng berjalan, nyerang titik lemah musuh yang enggak ke-cover skill lo, atau bahkan diem di tempat biar lo yang ngurusin monster sendirian. Selain itu, lo juga dituntut banget buat ngegabungin skill dari job sama benda-benda di lingkungan sekitar biar musuhnya cepat tumbang, Bro!


Harus gue bilang, Dragon’s Dogma 2 worth it banget buat dimainin setelah penantian 12 tahun! Dengan grafis yang mantap sama banyaknya quality of life upgrade yang bikin gameplay makin enak, lo enggak bakal bosan eksplor dunianya. Apalagi, kalau lo pecinta game semacam Monster Hunter sama Elden Ring. So, kalau lo mau cicipin, lo bisa main di PC, PS5, atau Xbox sekarang karena game-nya udah rilis sejak tanggal 22 Maret 2024 kemarin. Langsung aja dapetin di platform resminya, Bro!

Comments
Susiana Saputri
Mantap banget
Aldi hidayat
Wah keren abis