Trending
Rabu, 07 Juli 2021

3 Tips Memilih Kamera Mirrorless: Jangan Sampai Salah, Bro!

  • Share

Buat lo yang baru mencoba bermain dengan kamera, pasti hal yang pertama terbesit dalam benak lo adalah memilih kamera mana yang cocok untuk lo gunakan. Baru aja kemarin – MLDSPOT membahas tentang kamera analog.

Nggak kalah hitsnya dengan kamera analog, kamera dengan jenis Mirrorless sampai saat ini juga masih jadi primadona buat lo yang emang tertarik buat belajar motret. Semakin ke sini, perkembangan teknologi pada kamera mirrorless juga semakin canggih.

Meskipun begitu, lo juga harus bisa memilih kamera mirrorless yang tepat. Setiap kamera pasti punya pro dan kontranya tersendiri. Di artikel ini, lo akan menemukan cara gimana memilih kamera mirrorless yang tepat!

Kalo lo adalah orang yang baru tertarik dengan motret, lo berada pada halaman yang tepat. Langsung aja simak ulasan selengkapnya di sini, bro!

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips pertama buat memilih kamera mirrorless sebelum membelinya adalah lo mengetahui terlebih dahulu – kamera ini nantinya akan digunakan untuk apa. Apakah lo hanya ingin mengabadikan foto untuk koleksi pribadi, atau untuk belajar lalu dimanfaatkan buat cuan, atau buat traveling.

Dari menyesuaikannya sesuai kebutuhan lo bisa menentukan juga spesifikasi kamera mirrorless yang akan lo butuhkan. Kalo cuma buat koleksi pribadi, lo nggak perlu kamera mirrorless dengan spesifikasi yang terlalu tinggi – hanya sekedar komponen dan spesifikasi basic kamera akan cukup.

Tapi kalo lo akan menggunakannya untuk keperluan bisnis, pastinya lo membutuhkan kamera mirrorless dengan spesifikasi yang cukup tinggi agar hasil fotonya juga bagus.

Sedangkan kalo untuk traveling atau motret dengan street photogprahy, lo bisa memilih kamera mirrorless dengan resolusi minimal 16mp untuk foto dan resolusi 1080p untuk video yang dihasilkan.

Perhatikan Fitur Kameranya

Kamera Mirrorless

Credit image – Freepik

 

Setelah mengetahui penggunaan kamera yang akan lo gunakan, selanjutnya adalah lo bisa memperhatikan fitur kamera yang jadi pilihan lo. Beberapa fitur pada kamera mirrorless yang wajib dimiliki yaitu, sensor kamera dengan minimal 4/3, memiliki shutter speed > 30 detik, memiliki autofocus yang cepat, ISO yang besar, serta memiliki fitur burst.

Selain fitur wajib yang udah disebutkan di atas, beberapa kamera mirrorless juga menghadirkan fitur tambahan seperti WiFi, Bluetooth, GPS, dan touch screen. Fitur tambahan dalam kamera mirrorless perlu lo perhatikan juga dan hal ini menjadi sesuatu yang patut lo pertimbangkan dalam memilih kamera mirrorless agar nggak salah pilih.

Perhatikan Sensor dan Lensa

Kamera Mirrorless

Credit image – Studio Binder
 

Hal lain yang perlu lo perhatikan dalam memilih kamera mirrorless adalah dengan memastikan bagian sensor. Pastikan kamera mirrorless yang memiliki sensor yang baik – dalam kategori ini, minimal APS-C. Namun, adapula jenis sensor lain – seperti CMOS, Full-frame, serta Medium Format.

Pada umumnya, sensor pada kamera mirrorless yang sering digunakan adalah APS-C dan CMOS. Namun ada juga sensor berukuran besar seperti Medium Format dan Full-frame. Semua disesuaikan dengan kamera ini akan lo difungsikan untuk apa.

Kalo lo menginginkan untuk mengambil foto atau video hanya sebatas dokumentasi, maka sensor APS-C atau CMOS udah lebih dari cukup. Tapi kalo ingin hasil gambar dengan detail serta kualitas yang maksimal, lo bisa pilih rekomendasi kamera mirrorless dengan sensor Full-frame, atau Medium Format.

Selain sensor, lo juga harus memerhatikan lensa dari kamera yang akan lo beli. Misalnya lensa default-nya dianggap kurang memadai, lo juga bisa membeli tambahan lensa lagi untuk hasil yang lebih maksimal.

Sebagai pemula, pilih kamera mirrorless dengan spesifikasi yang tepat. Namun harus lo ingat – tepat nggak harus mahal, namun juga nggak terlalu murah ya, bro. Setelah mengetahui tips memilih kamera mirrorless yang tepat, apakah lo udah menentukan mau beli tipe yang mana, bro?

 

Feature image – Wallpaper Flare

Comments

Bagus banget.....
kebutuhan dan budget