Trending
Senin, 25 Maret 2019

3 Tokoh Musik Jazz Indonesia yang Diakui Dunia

  • Share
  • fb-share
3 Tokoh Musik Jazz Indonesia yang Diakui Dunia

Tokoh musik jazz Indonesia ternyata nggak cuma meramaikan panggung tanah air. Beberapa nama bahkan sudah terkenal hingga mancanegara berkat talenta yang luar biasa. Karya-karya mereka sudah diakui publik dunia dan tawaran untuk perform di luar negeri pun jadi hal biasa. Siapa saja? 

 

Kenalan dengan Musik Jazz 

Genre musik jazz awalnya lahir di Amerika Serikat, tepatnya di wilayah New Orleans. Akar musik jazz berasal dari Eropa dan Afrika. Warna dan struktur musik jazz sangat dipengaruhi aliran musik spiritual, blues, cakewalks, dan ragtime. Umumnya, jazz menggunakan instrumen berupa gitar, piano, terompet, saxophone, dan trombone.

Di Indonesia sendiri, musik jazz masuk dengan dibawa oleh imigran dari Filipina. Para imigran Filipina ini biasa menghibur tamu-tamu hotel di Jakarta. Hingga akhirnya masyarakat Indonesia pun coba mempelajari genre ini. Kota Bandung dan Surabaya menjadi tempat jazz tumbuh subur di Indonesia. Banyak nama besar jazz Indonesia lahir di dua kota tersebut.

 

Tokoh Musik Jazz Indonesia yang Mendunia 

Sekarang ini sudah banyak musisi jazz yang lahir di Indonesia. Beberapa bahkan sudah dikenal hingga mancanegara. Bukan cuma nama-nama kondang seperti Indra Lesmana dan Daniel Sahuleka, kini juga ada musisi muda yang meramaikan belantika musik jazz Indonesia. Mereka juga nggak kalah dengan seniornya yang dikenal publik dunia. Berikut di antaranya!

 

Matthew Sayersz 

Matthew Sayersz 

Matthew Sayersz merupakan musisi kelahiran Bandung. Ia memulai karir bermusik secara profesional lewat ajang pencarian bakat di tahun 2006. Dari situ, Matthew mulai mendapat tawaran bernyanyi. Band-band jazz Indonesia pun tidak ragu mengajaknya berkolaborasi. Beberapa di antaranya adalah Dwiki Dharmawan’s Project dan Barry Likumahuwa Project.

Vokalnya yang unik nggak hanya membuat Matthew banjir tawaran menyanyi. Ia juga mendapat undangan untuk mengisi acara musik mancanegara seperti Taichunk Jazz Festival, Bangkok Jazz Festival, dan Floriade 2012 di Belanda. Salah satu karyanya yang menjadi hit adalah Bukalah Hati dan Make You Happy dari album Kuat (2014).

 

Andre Dinuth 

Andre Dinuth 

Bisa dibilang karir musik jazz Andre Dinuth dimulai dengan lebih matang karena ia membekali diri dengan pendidikan musik formal. Sebelum menjadi session player yang profesional, ia  memang mendalami ilmu tentang gitar klasik dulu. Hasilnya, saat merintis karir, Dinuth pun langsung dapat banyak tawaran kolaborasi.

Nggak tanggung-tanggung, tawaran tersebut bahkan datang dari musisi jazz senior. Beberapa di antaranya adalh Addie MS dan Titi DJ. Kini proyek Dinuth bahkan meluas hingga mancanegara. Partner kolaborasinya datang dari Malaysia hingga Eropa. Mau coba dengar karya Dinuth? Simak full album Here with You yang rilis tahun 2016!

 

Mocca 

Mocca 

Tokoh musik jazz Indonesia yang diakui dunia ternyata nggak cuma didominasi solois. Ada juga grup band yang namanya berkibar di kancah internasional. Salah satunya ada Mocca. Band yang dibentuk di Bandung pada tahun 1997 ini mengusung genre jazz dengan sentuhan swing dan bossanova ala musik retro 1970-an.

Mocca sudah sering perform di luar negeri. Beberapa negara yang sering disinggahi Mocca adalah Singapura, Thailand, dan Korea Selatan. Grup ini juga berkolaborasi dengan duo asal Swedia, Club 8. Lagu Mocca memang mostly dibawakan dalam Bahasa Inggris sehingga easy listening buat pendengar mancanegara. Salah satu hitsnya adalah I Remember  (1999).

Perkembangan musik jazz di Indonesia mungkin nggak sepesat genre lain. Walau begitu, bukan berarti musisi jazz tanah air nggak berbakat. Tiga tokoh musik jazz di atas sudah berhasil membuktikan kalau jazz Indonesia pun nggak kalah sama negara lain. Mana yang jadi favorit lo?

 

 

Sources: Miner8.com, brilio.net, audiopromedia.co.id

Comments
RACHMAN EFFENDI
wihhh mantap jazz ini yaa
Jaenal abidin
Artikelnya unik min