Trending
Selasa, 28 Juni 2016

311 Band Reggae Rock dari Amerika Serikat

  • Share

Didirikan pada tahun 1988, 311 merupakan salah satu band legenda di Amerika Serikat. Musiknya memang bukan musik rock seperti Blink 182 atau punk seperti Green Day. Musik dari 311 adalah reggae rock, gabungan antara musik reggae dari Jamaica dengan rock kental khas Amerika Serikat. Karena musiknya nggak terlalu mainstreaming, musik 311 ini nggak terlalu laku selain di Amerika Serikat. Sekarang kita simak bagaimana kiprah dari 311 band.

 

Masih berada di jalur indie selama 10 tahun

Pada tahun 1988, Nick Hexum, Doug Martinez, Aroon Wills, Tim Mahoney, Chad Sexton dan Jim Watson sepakat membuat suatu band yang dinamakan 311 (dibaca three eleven). Nick Hexum sebagai vokalis percaya diri ketika merekam album EP yang dikerjakan di basement rumahnya. Album EP tersebut dinamakan Downstair. Di album EP tersebut ada judul lagu Feel So Good, yang sampai sekarang selalu dinyanyikan saat konser.

Musik dari 311 masih sangat sederhana dan direkam dengan alat seadanya. Selama 10 tahun, fans dari 311 hanya dari kalangan indie dan beberapa ratus orang saja. Baru pada tahun 1995, akhirnya 311 memutuskan untuk keluar dari jalurnya, mereka membuat lagu yang lebih mainstream dengan label rekaman yang lebih baik. Album tersebut berjudul 311 atau yang lebih dikenal sebagai The Blue Album.

Di dalam album tersebut ada single yang berjudul Down. Lagu tersebut sangat melegenda, karena pada tahun 1995 lagu itu masuk ke dalam tangga lagu nomor 1 di MTV, yang pada saat itu masih menjadi jujugan nomor 1 musik dunia, membuat 311 menjadi sangat terkenal.

 

Nggak pernah nganggur setiap tahunnya

Yang menarik dari band 311 adalah setiap tahunnya pasti ada saja yang dilakukan oleh para personel 311. Setidaknya ada konser yang dilakukan setiap tahunnya atau mengeluarkan lagu yang belum sempat dikeluarkan sebelumnya. Bahkan dari tahun 2010 sampai sekarang, masih sering mengadakan konser dan puncaknya pada tahun 2015 kemarin 311 mengeluarkan album live di konsernya.

Jika lo penasaran bagaimana nikmatnya lagu 311, coba sekarang dengarkan lagu berjudul Amber, Love Song, Beautifull Disaster atau Reggae Got Soul.

Comments

Band rege dari Amerika
rasta fara