Trending
Selasa, 23 Agustus 2016

4 Kota Di Indonesia yang Mempunyai Sambal “Berbahaya”

  • Share

Nggak sedikit orang yang malas untuk makan ketika nggak ada sambal yang disajikan. Ini wajar, karena lidah orang Indonesia ini sudah kebal dengan yang namanya pedas-pedas. Menjadi salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, membuat cabai-cabai di setiap daerah di Indonesia menjadi mudah untuk tumbuh. Nggak hanya di Pulau Jawa saja Urbaners, di Kalimatan dan Sumatera juga mempunyai cabai yang diolah menjadi sambal terbaik. Nah sekarang coba lihat 4 kota di Indonesia yang ternyata mempunyai sambal “berbahaya”, rasanya pedas tetapi semakin membuat penasaran.

 

Sambal dabu-dabu Makassar

Sambal dabu-dabu dari Makassar ini bentuknya nggak seperti sambal biasanya. Sambal dabu-dabu malah terlihat seperti salad dengan campuran biji cabai. Tetapi ketika lo mencoba sambal dabu-dabu yang dituangkan di atas ikan bakar. Lo akan merasakan kepedasan yang sangat tetapi dibalut dengan rasa asam dan manis, sambal dabu-dabu menjadi kuliner wajib ketika di Makassar.

 

Sambal matah

Jika di Jawa kebanyakan sambal dicampur dengan tomat, maka di Bali sebaliknya. Sambal Matah ini adalah campuran antara cabai rawit, bawang merah, bawang putih, terasi, dan daun jeruk. Sambal matah ini adalah sambal dengan rasa pedas yang teramat sangat. Biasanya sambal matah ini disajikan dengan nasi bali yang memang terkenal dengan rasa pedas.

 

Sambal roa

Ikan asap roa adalah makanan khas dari Manado. Jika lo pernah makan ikan asap roa, lo akan merasakan rasa pedas di dalamnya. Ternyata di dalam resep ikan asap roa terdapat bahan sambal roa. Karena kenikmatan sambal roa, sekarang sambal roa nggak hanya dibuat untuk ikan asap roa. Tetapi hampir semua makanan khas Manado bisa disajikan dengan sambal roa.

 

Sambal terasi

Sebagai orang Jawa, nggak ada yang mengalahkan kenikmatan sambal terasi. Terasi dari Jawa mempunyai ciri khas dengan aroma yang menyengat. Khususnya di Jawa Timur, sambal terasi ini dibuat dengan banyak cabai. Bahkan di beberapa restoran, ada yang menyajikan sambal terasi dengan 15 cabai.

Gimana Urbaners, masih nggak menggugah selera sambal-sambal di atas?

Comments

Sambel dabu-dabu lah best of the best
Wah mantep inimah