Trending
Selasa, 17 Maret 2020

4 Perangkat Teknologi untuk Kerja Remote

  • Share

Penyebaran virus Corona atau COVID-19 yang cepat di berbagai wilayah Indonesia membuat sejumlah kepala daerah membuat kebijakan. Seperti meliburkan sekolah dan menghimbau warga untuk melakukan social distance atau menjaga jarak dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Banyak pula perusahaan yang sudah memberlakukan work from home bagi karyawannya. Semua kebijakan itu bertujuan agar virus tidak terus menyebar.

Nah, jika lo juga harus melakukan pekerjaan dari rumah, simak dahulu aplikasi atau tools apa saja yang diperlukan untuk kerja remote berikut ini.

 

SynBack

Tampilan aplikasi SynBack saat sedang digunakan

Sebelum memulai kerja di rumah atau remote, sebaiknya lo nggak melupakan file-file penting yang ada di kantor. Menggunakan SynBack akan mempermudah lo untuk melakukan sinkronisasi file penting yang ada di kantor ke perangkat pribadi. Dokumen penting bisa dicadangkan dan lo bisa mengaksesnya di mana pun dan kapan pun. Mudah dan praktis kan? Jadi lo nggak perlu bolak-balik ke kantor saat ada file penting yang kelupaan di-copy.

 

MindMeister

Tampilan aplikasi MindMeister dengan terdapat gambar berwarna pink dengan tulisan A place for Your Ideas

Ide memang nggak selalu muncul di saat yang diharapkan. Terkadang ide bisa muncul saat lo sedang santai atau sedang makan. Saat ide sudah muncul tapi nggak langsung ditulis biasanya akan cepat lupa. Itulah mengapa, lo butuh aplikasi yang satu ini. MindMeister, bisa membantu lo untuk menuliskan ide yang telah muncul. Menuliskan ide dari aplikasi yang satu ini juga cukup mudah karena hanya butuh di-drag and drop yang praktis. Selain bisa diakses dari laptop, MindMeister juga bisa diakses lewat smartphone, jadi saat ide muncul lo bisa langsung menuliskannya.

 

Trello

Tampilan aplikasi Trello dengan terdapat 4 bagian yaitu Resources, To Do, Doing dan Done

Sebelum memulai bekerja dari rumah, memang setiap karyawan memerlukan berbagai tools yang bisa membantu mempermudah pekerjaannya. Salah satu tools yang penting untuk dimiliki karyawan yang bekerja remote ialah Trello. Tools ini berguna untuk project management sehingga bisa melihat kemajuan dari project yang sedang dikerjakan. Selain itu, tugas-tugas yang perlu dikerjakan oleh anggota tim juga bisa dilihat dengan jelas sehingga bisa memantau tugas masing-masing anggota tim. Trello memiliki tampilan yang sederhana sehingga bisa dipahami dengan mudah.

 

Slack

Tampilan aplikasi Slack yang mendukung komunikasi antara tim

Komunikasi adalah hal yang sangat penting untuk dijaga selama bekerja remote. Tanpa komunikasi yang baik, project bisa terbengkalai dan pekerjaan tidak akan cepat diselesaikan. Salah satu aplikasi yang harus dimiliki untuk karyawan yang bekerja remote adalah Slack. Aplikasi yang satu ini sangat mendukung proses komunikasi serta diskusi secara real-time. Nggak hanya menyediakan sarana untuk komunikasi saja, aplikasi dari Microsoft ini memiliki banyak manfaat lain seperti berbagi data seperti gambar, video, link, hingga file dengan mudah. Slack telah terintegrasi dengan layanan pihak ketiga yang bisa meningkatkan produktivitas seperti Dropbox, Trello, hingga Google Hangouts.

Itulah beberapa aplikasi yang diperlukan untuk bekerja remote dari rumah. Saat sudah mendapatkan tugas untuk bekerja dari rumah, itu berarti lo harus tetap bekerja dan bukan malah berwisata ya, Urbaners!

 

 

Sources: mashable.com, codepolitan.com, logique.co.id

Comments

Mantap kerennn..
Informasi yang menarik