Trending
Selasa, 26 September 2023

5 Destinasi Hidden Gem di Indonesia, Gak Kalah Cakep Sama Bali!

  • Share
  • fb-share
5 Destinasi Hidden Gem di Indonesia, Gak Kalah Cakep Sama Bali!

Tanggal 27 September itu Hari Pariwisata Sedunia–alias World Tourism Day. Rasanya, kalau tinggal di negara yang keindahan alamnya enggak habis-habis, tapi mendekam di rumah aja buat ngerayain hari spesial ini kayak ada yang kurang! Apalagi, kalau liburan ke tempat yang famous doang kayak Bali. 

Makanya, kali ini gue mau spill berbagai pulau hidden gem yang enggak kalah cakep dari Bali biar lo bisa explore lebih banyak keindahan Indonesia di daerah lain! Yuk, check it out!

Pulau Tabuhan, Jawa Timur

First things first, kita bakal berangkat ke tempat yang lebih dekat dulu–alias masih di sekitaran Pulau Jawa. Kalau lo mampir ke Banyuwangi, ada satu pulau hidden gem yang enggak boleh lo lewatin, namanya Pulau Tabuhan.

Aktivitas di pulau ini juga beragam banget. Bayangin, lo bisa jelajahin gua stalaktit, jalan-jalan di atas pasir putih yang lembut, snorkeling di bawah laut biru jernih, dan bahkan cobain serunya kite surfing ditemenin embusan angin laut. Buat mampir ke sini, cari aja perahu khusus dari Pantai Grand Watudodol, Pantai Bangsring, atau Pantai Kampe. Dalam waktu 30 menit, lo bakal disambut sama pemandangan tropis yang ciamik abis!

 

Pulau Giliyang, Jawa Timur

Masih di Jawa Timur, kali ini kita lanjut ke daerah Madura yang punya Pulau Giliyang. Apa, sih, keunikan pulau hidden gem satu ini? Wah, harus gue bilang macam-macam banget, Bro! 

Mulai dari udaranya yang fresh abis sampai jejeran tebing batunya yang aesthetic banget, gue jamin lo bakalan betah healing di sini sambil nikmatin pemandangan dari gazebo, deh. Lumayan, kan, buat refreshing sejenak dari polusi udara di ibu kota? Belom lagi, kawasan pulau ini juga punya banyak pantai tersembunyi yang keindahannya saingan sama Bali, contohnya Pantai Ropet. 

 

Kawasan Pulau Mandeh, Sumatera Barat

Lo pastinya udah enggak asing lagi sama kawasan Raja Ampat, kan? Nah, what if I tell you lo juga bisa ngerasain keindahannya di lokasi lain yang lebih niche? Caranya, mampir aja ke Kawasan Pulau Mandeh di Sumatera Barat, Bro! Karena tempat ini punya banyak pulau, lo enggak bakal kebosanan pas healing, deh

Pengen suasana rindang? Coba explore hutan mangrove Pulau Mandeh. Atau, kalau lo lagi ngincar classic beach fun, jangan lewatin kesempatan naik jet ski atau banana boat di atas laut biru! Tenang, lo yang suka olahraga ekstrim enggak usah FOMO pas mampir ke sini. Soalnya, ada banyak spot terbaik buat cliff jumping, contohnya kayak di Pulau Sironjong Ketek yang masih lumayan dekat sama Pulau Mandeh.

 

Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur termasuk hidden gem lantaran aksesnya yang tricky. Soalnya, kalau lo enggak kedapatan naik pesawat langsung ke Pulau Maratua yang paling dekat sama Kepulauan Derawan, lo musti nyambung transportasi darat, laut, sama udara selama berjam-jam buat kemari. 

Tapi, usaha lo bakal worth it banget sama keindahan yang menanti lo di kepulauan ini! Pas nyelem di bawah laut, lo bisa ngelihat berbagai terumbu karang sama hewan laut langka yang masih cukup banyak di daerah ini. Rare chance! Bahkan, enggak ada salahnya juga lo ikutan berenang sama ubur-ubur cakep di laut Pulau Derawan–tenang, mereka enggak bisa nyengat, kok.

 

Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata cakep di daerah Nusa Tenggara Timur enggak terbatas sampai Pulau Komodo aja, Bro! Justru, ada satu lagi destinasi hidden gem yang menurut gue, harus lo masukin dalam daftar traveling lo: Kepulauan Alor. 

Buat lo si pecinta alam, gue yakin lo bakalan betah banget diving sambil ngelihat marine life dan gua di bawah laut yang beragam abis. Meanwhile, kalau lo lebih penasaran sama budaya lokal di pulau ini, tenang aja! Lo bisa ngelihat upacara sakral warga Kepulauan Alor atau bahkan ikutan belajar tarian tradisional Lego-lego secara langsung.

Lima pulau hidden gem di atas udah nunjukin kalau keindahan alam Indonesia enggak cuma ada di tempat-tempat yang famous. Gimana, lo paling tertarik buat mampir ke pulau yang mana, nih? Terlepas dari apa lo pengen jalan-jalan buat dapat inspirasi Hari Pariwisata Sedunia atau cari pengalaman baru pas liburan akhir tahun ini, jangan lupa siapin budget sama barang-barang lengkap sebelum berangkat, Bro!

Comments
Rama Hadi
brangkat bro
RACHMAN EFFENDI
wowww keren yaaaa