Trending
Sabtu, 08 Mei 2021

5 Fitur Tersembunyi TikTok: Bisa Lo Manfaatkan, Bro!

  • Share

Sebagian besar di antara kita pasti merupakan pengguna TikTok. Sejak kehadirannya di tahun 2019, TikTok emang jadi salah satu aplikasi berbagi video dan konten hiburan yang diminati oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang berkarya di TikTok dan memanfaatkan TikTok sebagai media untuk mencari cuan. Tapi sebagian besar dari lo, jarang banget ada yang tau kalo TikTok punya fitur lain yang ditawarkan.

Apa aja sih fitur tersembunyi tersebut? Nggak perlu penasaran, karena MLDSPOT udah merangkum 5 fitur tersebut di artikel ini. Buat lo kreator TikTok ataupun orang yang sering membuka TikTok, pastikan membacanya sampai habis ya, bro!

#1 – Screen Time Management

Fitur TikTok

Credit image – Medium

 

Ternyata, TikTok punya fitur keren yang nggak banyak diketahui – yaitu fitur Screen Time Management. Dengan fitur ini, para pengguna TikTok bisa memilih berapa lama waktu yang akan mereka habiskan setiap harinya untuk bertahan di aplikasi yang satu ini.

Untuk waktu yang disediakan sendiri mulai dari 40 menit, 60 menit, 90 menit hingga 120 menit. Semua bisa di atur sesuai dengan kebutuhan dan juga waktu yang emang diputuskan. Nantinya, pengingat ini akan muncul ketika waktu yang ditetapkan udah berakhir.

Yang menariknya lagi, fitur ini dilindungi dengan password. Ketika batas penggunaan screen time akan berakhir, lo harus memasukkan password agar bisa terus melanjutkan untuk menggunakan TikTok.

#2 – Restricted Mode

Mode khusus yang satu ini dirancang untuk melindungi pengguna TikTok bawah umur. Pada dasarnya, penggunaan platform memang dibatasi oleh umur – namun seringkali pengguna mengabaikan ini dan membuat kreator dalam membuat konten harus lebih berhati-hati

Fitur yang satu ini akan mengatur pembatasan tampilan konten yang nggak sesuai dengan umur si pengguna konten, artinya untuk lo yang membuat konten bermuatan dewasa bisa memanfaatkan mode ini dengan memberikan penjelasan terkait konten yang dibuat agar nggak masuk ke dalam For Your Page yang menggunakan restricted mode.

Sama seperti Screen Time Management – fitur ini dilindungi oleh password dan berlaku selama 30 hari. Kalo ingin nonton konten tanpa filter, mereka harus memasukkan password lagi.

#3 – Risk Warning Tag

Fitur TikTok

Credit image – Seizures from Video Games

 

Masih bersangkutan dengan konten yang di atas, untuk membuat konten bermuatan dewasa ada baiknya lo menggunakan hashtag yang menunjukkan bahwa konten yang dibuat nggak sesuai untuk seluruh pengguna.

Fitur yang satu ini bisa dimanfaatkan dengan menambahkan hashtag ke dalam konten yang mengandung resiko sehingga dapat ter-filter kepada para pengguna dengan range usia yang sesuai. Hal ini penting untuk diketahui dan dimanfaatkan – karena akan membuat target audiens dari konten yang dibuat juga semakin tepat sasaran.

#4 – Comment Filter Feature

Emang nggak bisa dihindari – dalam berkarya di sosial media pasti akan ada aja pihak yang merasa terganggu dan memberikan komentar nggak enak atau bahkan jahat di dalam postingan yang diunggah.

Untuk mengatasi hal ini, TikTok punya satu fitur yang memungkinkan para pengguna untuk menentukan sendiri kata-kata dalam bahasa Inggris atau Hindi ke dalam kolom komentar. Selain itu, lo juga bisa mengubah pilihannya kapanpun.

#5 – In-App Reporting

Fitur TikTok

Credit image – Common Sense Media

 

Fitur terakhir di TikTok yang bisa lo manfaatkan adalah In-App Reporting. Fzitur yang satu ini memungkinkan pengguna ataupun pembuat konten untuk menindaklanjuti setiap konten yang dianggap meresahkan.

Nggak cuma itu – fitur ini juga bisa digunakan untuk melaporkan komentar-komentar jahat yang muncul di konten lo. Kerennya lagi, fitur ini akan dicek berkala oleh TikTok secara real-time, bro!

Sekarang udah tau kan – kalo 5 fitur tersembunyi TikTok ini bisa dimanfaatkan baik sebagai pengguna maupun pembuat konten. Yang paling penting, dalam ber-sosial media kita semua harus lebih bijak ya, bro!

 

Feature image – Bloomberg

Comments

nice infooo
Mantap banget