Trendings
Rabu, 15 Agustus 2018

Addie MS Rekaman di Praha Khusus untuk Musik Asian Games

  • Share

Setelah ditunjuk menjadi music director untuk gelaran Asian Games 2018, Addie MS langsung bergerak cepat. Usaha yang dilakukannya pun patut diacungi jempol. Nggak tanggung-tanggung, bapak dua anak ini langsung terbang ke Praha, Republik Ceko, buat rekaman. Kok jauh banget? Ternyata ada alasannya, Urbaners!

 

Lebih cepat dan hemat

Ternyata, alasan di balik pemilihan kota Praha sebagai lokasi rekaman musik Asian Games 2018 cukup unik. Addie MS memilih Praha karena menurutnya biaya rekaman di sana jauh lebih murah jika dibandingkan dengan di dalam negeri. Tapi, dengan harga yang lebih murah tersebut, kualitas musik yang dihasilkan tetap baik.

Proses rekaman untuk seluruh musik Asian Games 2018 ini memakan waktu selama 4 hari, sudah termasuk dengan proses editing. Hasilnya adalah musik dengan total durasi 90 menit. Tergolong cepat kalau lo bandingkan dengan proses rekaman dan editing musik di Indonesia. Nggak cuma itu, Addie juga sudah akrab dengan Praha. Sudah 7 tahun ia selalu rekaman di sana.

 

Tradisional, orkestra, dan elektronik

Musik yang diracik Addie MS memang nggak main-main. Musisi 58 tahun ini menggabungkan tiga jenis musik sekaligus. Ambisinya besar, ia ingin tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional Indonesia tapi juga harus memenuhi international flavour yang dinamis dan mewakili keseluruhan negara peserta Asian Games 2018.

Biar hasil jadi musiknya nggak terdengar kaku dan monoton khas musik orchestra, Addie MS menambahkan unsur musik elektronik. Musik elektronik dianggapnya sebagai genre musik yang kekinian dan disenangi anak muda. Untuk itu, ia berkolaborasi dengan musisi elektronik Ronald Steven.

 

Untuk beragam prosesi

Rencananya, salah satu musik yang diciptakan Addie MS ini bakal diperdengarkan ke publik pertama kali pada saat opening ceremony Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno nanti. Musik pertama ini bakal mengiringi ribuan penari arahan koreografer Denny Malik dalam upacara pembukaan tersebut. Sounds epic, huh?

Nggak cuma untuk mengiringi tarian, tetapi musik yang dibuat Addie juga bakal mengiringi beragam prosesi. Mulai dari momen sakral seperti pengibaran dan penurunan bendera, momen formal seperti pidato kenegaraan, sampai momen santai seperti jeda pertandingan.

Jadi makin nggak sabar kan menunggu Asian Games 2018?

 

Source: entertainment.kompas.com

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!