Trending
Jumat, 25 Agustus 2017

Akhirnya Amerika Serikat Kebagian Gerhana Matahari

  • Share
  • fb-share
Akhirnya Amerika Serikat Kebagian Gerhana Matahari

Gerhana adalah salah satu fenomena alam yang boleh dibilang cukup langka, karena nggak setiap hari atau setiap minggu bakal terjadi. Apalagi untuk gerhana matahari total, jarak antara satu gerhana ke gerhana berikutnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan tahun lho, Urbaners. Jadi wajar saja kalau fenomena menjadi fenomena alam yang paling ditunggu-tunggu.

Nah di tahun 2017 ini, Amerika Serikat akhirnya mendapatkan “jatah” untuk menyaksikan gerhana matahari total. Terakhir daerah Amerika Serikat mendapatkan gerhana matahari total adalah tahun 2014.

 

Terjadinya Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan berada tepat di antara bumi dan matahari sehingga cahaya matahari yang memancar ke bumi terhalang sepenuhnya dan hanya menyisakan bagian korona matahari yang bisa terlihat. Tapi sayangnya, ternyata nggak semua tempat di permukaan bumi bisa menikmati gerhana matahari total, lho! Untuk durasi gerhana matahari sendiri juga bervariasi. Hal tersebut disebabkan karena  jarak antara posisi bulan, matahari, dan bumi yang berubah-ubah.

 

Nggak Semua Tempat di Bumi Bisa Menikmatinya

Gerhana matahari total terjadi pada tanggal 21 Agustus. Gerhana matahari total tersebut hanya terjadi di negara-negara Amerika Serikat, walaupun nggak semuanya juga sih. Beberapa region yang menjadi spot menarik untuk mengabadikan fenomena ini antara lain Oregon, Idaho, Nebraska, Missouri, Tennessee, dan Carolina Selatan.

Bahkan di Amerika sendiri digelar acara yang bertajuk Great American Eclipse. Ini menunjukkan bahwa fenomena alam tersebut benar-benar dinantikan oleh warga. Rasa penasaran mendorong mereka untuk melakukan perjalanan ke daerah-daerah tersebut. Untuk menyambut hal ini, NASA memberi panduan tentang tata cara melihat gerhana matahari total dengan menggunakan kacamata gerhana matahari khusus agar mata tetap aman.

 

Menjadi Gerhana Matahari Total Paling Modern

Walaupun hanya dapat dinikmati di beberapa negara bagian Amerika Serikat, lo yang tinggal di Indonesia sebenarnya bisa menikmati gerhana matahari total. Beberapa stasiun televisi di Amerika Serikat menyiarkan proses gerhana matahari ini dari awal sampai akhir di YouTube. Bisa jadi, gerhana matahari total di tahun 2017 ini merupakan paling modern sepanjang sejarah. Bagaimana Urbaners, apa lo cukup tertarik melihat fenomena gerhana matahari total?

 

Source: telegraph.co.uk

Comments
Epul Saepuloh
Gerhana matahari
Argha hendriandika
Great American Eclipse