Trending
Senin, 18 Juni 2018

Amazon Beli 20 Siaran Liga Inggris Seharga 40 Juta Dolar

  • Share
  • fb-share
Amazon Beli 20 Siaran Liga Inggris Seharga 40 Juta Dolar

Nggak ada yang meragukan bagaimana Inggris bisa mempunyai liga sepak bola terbaik di dunia. Dilansir dari bleacherreport.com, Liga Inggris mempunyai skor 8,9 dari 10 tingkat kepuasan para penontonnya. Hal ini dinilai dari atmosfer stadion yang selalu penuh, jumlah rekor transfer pemain yang masuk di Liga Inggris, sampai jumlah gol yang cukup banyak setiap pekannya.

Apa akibat dari melonjaknya pamor Liga Inggris tersebut? Tentu jawabannya adalah hak siar. Setiap media televisi akan rela mengeluarkan uang miliaran dolar untuk membeli hak siar. Lalu, apa untungnya? Jelas gila-gilaan, seluruh negara di seluruh dunia akan berlomba membeli lisensi tersebut. Hak siar Liga Inggris tahun 2019 mendatang bakal dipegang oleh 2 media besar, Sky dan BT. Dan awal Juni kemarin, ada media baru yang bergabung, yaitu Amazon.

 

Siarkan 20 pertandingan aja di musim depan

Amazon bukan membeli seluruh hak siar Liga Inggris, tetapi Amazon hanya membeli laga “sisa” yang nggak dibeli oleh Sky dan BT. Amazon hanya membeli 20 pertandingan per musimnya dan itu masih belum jelas laga apa aja yang dimaksud. Walaupun Amazon hanya membeli 20 pertandingan, perusahaan ­e-commerce terbesar di dunia ini harus mengeluarkan kocek sebesar 40 juta dolar atau sekitar 500 miliar rupiah.

 

Amazon mengincar pasar Eropa

Nggak diragukan lagi bahwa Amazon sangat perkasa di Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia. Tetapi di Eropa, Amazon cukup kesulitan untuk masuk di dalamnya. Untuk itu, Amazon perlu penyegaran khusus, dengan cara masuk melalui olahraga. Head of Technology dari Amazon, Daniel Ives, mengatakan semua media di dunia akan mengincar pasar olahraga.

“Pada tahun 2021 nanti, hak siar dari MLB, NHL, dan NFL akan habis. Dan ini akan menjadi sasaran media teknologi seperti Amazon, Facebook dan media streaming lain,” ujar Daniel.

Dengan deal-nya hak siar Liga Inggris, tentu Amazon tahu bagaimana persaingan media di dunia olahraga. Ini akan menambah pengalaman sebelum puncaknya di tahun 2021.

 

Source: deadline.com

Comments
BUDIMAN PRATAMA
woowwwwwwwww,,,,,,,,,
Rakha
mantap.....