Trending
Selasa, 25 April 2023

Ari Lesmana, Vokalis Fourtwnty yang Tuntaskan S2 di London School

  • Share
  • fb-share
Ari Lesmana, Vokalis Fourtwnty yang Tuntaskan S2 di London School

Lo pasti udah sering denger grup band Fourtwnty yang jadi panutan para pencinta kopi-senja, kan? Nah, kali ini lo bakal kenal lebih jauh sama vokalisnya, Ari Lesmana, yang ternyata penuh dengan kejutan. Mulai dari profesinya yang formal banget sebelum jadi vokalis, sampai latar belakang pendidikannya yang enggak bisa dianggap enteng. We'll give you all the deets here!

Siapa Itu Fourtwnty?

Waktu lo pergi ke cafe yang konsepnya senja-senjaan, pasti sering banget denger lagu-lagu dari band satu ini. Yup, Fourtwnty emang dikenal sebagai grup musik yang alunan lagunya enak didenger sambil minum kopi dan diskusi bareng temen. Lirik-liriknya yang puitis juga bikin lo makin tenggelam dalam lagunya, seolah-olah ngerasa kalau lagu ini ngegambarin kehidupan lo sendiri. Semagis itu emang lagu-lagu dari band indie satu ini.

Band yang digawangi Ari Lesmana, Nuwi, dan Roots ini awalnya dibentuk bersama dengan Roby Satria, personel dari band Geisha. Di sini, Roby bertugas sebagai produser, composer, serta music director. Selain hasil kerja keras Roby, kemunculan Fourtwnty di panggung musik mainstream juga enggak lepas dari jasa sang vokalis, Ari Lesmana, yang suaranya khas banget. Yuk, kenalan lebih jauh sama Ari!

Kenal Lebih Dalam dengan Vokalis Fourtwnty, Ari Lesmana

Ari Lesmana adalah vokalis dari Fourtwnty yang udah bergabung sama band ini sejak pembentukan mereka di tahun 2010. Sebelum turun ke ranah musik, ternyata Ari Lesmana punya latar belakang yang cukup menarik, lho! Penasaran, kan?

  • Sempat jadi karyawan bursa efek

Ternyata, Ari Lesmana sempat bekerja di beberapa tempat sebelum akhirnya resign dan fokus menjadi vokalis dari band Fourtwnty. FYI, dia pernah bekerja di Bursa Efek Jakarta di bagian internal communication. Selama tiga bulan bekerja, Ari Lesmana harus berpakaian rapi dan bersepatu pantofel, beda banget sama penampilannya sekarang ini. Uniknya, Ari Lesmana ngaku kalau dia berhenti kerja karena “jauh dari tempat merokok”.

Setelah itu, Ari Lesmana melanjutkan kariernya dengan berbagai pekerjaan lainnya. Mulai dari menjadi tim marketing suatu bank swasta, sampai bekerja di sebuah event organizer (EO) yang besar. Saat bekerja di EO tersebut, barulah Ari Lesmana memilih untuk berhenti bekerja dan fokus nge-band.

  • Gagal di ajang Indonesian Idol 2006

Dengan suara yang khas dan enak banget didenger, lo mungkin mikir kalau Ari Lesmana bisa ikut kompetisi nyanyi dan seenggaknya masuk sebagai finalis. Tapi ternyata, Ari Lesmana udah pernah nyoba ikut audisi nyanyi Indonesian Idol 2006, beberapa tahun sebelum ngebentuk Fourtwnty. Hasilnya? Ari Lesmana enggak lolos sebagai finalis. 

Tapi, kegagalan itu enggak bikin Ari Lesmana ciut. Buktinya, sekarang dia jadi vokalis dari salah satu band ikon pencinta musik senja. Jadi, kalau lo pernah gagal audisi nyanyi kayak yang dialamin Ari Lesmana, jangan nyerah dulu, ya!

  • Beresin gelar master di umur 22 tahun

Enggak cuma jago bikin lirik yang puitis dan nyanyiin lagu-lagu penuh makna, Ari Lesmana juga bisa dibilang cerdas, lho! Ternyata, vokalis satu ini punya gelar S2 yang dia dapetin dari London School of Public Relations, Jakarta. Bahkan, dia dapetin gelar S2 jurusan Corporate Communication itu waktu umurnya 22 tahun! 

Menurut Ari, dia tipe orang yang suka fokus ke satu bidang buat mencapai target yang dipenginin. Kalau liat tekadnya, sih, enggak heran kenapa Fourtwnty sekarang bisa sukses kayak gini.

  • Mulai tenar di film Filosofi Kopi

Kalau ditanya lagu pertama Fourtwnty yang lo tahu, apa jawaban lo? Kalau mernurut gue dan mungkin sebagian besar orang, sih, lagu Fourtwnty pertama yang bikin mereka dikenal adalah ‘Zona Nyaman’. Lewat lagu yang dijadiin OST film Filosofi Kopi itu, nama Fourtwnty langsung melejit dan diputer di mana-mana. Bisa dibilang, film itu juga jadi salah satu alasan kenapa Ari Lesmana dan kawan-kawan dikenal sebagai ikon anak senja pencinta kopi sampai sekarang.

Perjalanan hidup seorang Ari Lesmana menarik banget, kan? Sebagai fansnya, lo bisa banget belajar banyak hal dari kehidupan Ari Lesmana. Mulai dari sifatnya yang pantang menyerah meski pernah gagal, sampai tekadnya buat fokus ke satu hal yang dia sukain. 

Nah, buat lo yang pengin dengerin musik-musik senja ala Fourtwnty, bisa banget datang ke acara Stage Bus Jazz Tour dari MLDSPOT! Acara musik ini bakal diadain di beberapa kota di Indonesia, mulai dari Purwokerto sampai Surabaya, selama Mei sampai Juli 2023. Pastinya, bakal ada musisi-musisi kenamaan yang ikut meriahin acara satu ini, termasuk Fourtwnty. Biar enggak ketinggalan infonya, follow Instagram @mldspot, ya!

 

Reference:

  • https://ameera.republika.co.id/berita//raf6y52824000/viral-video-adzan-di-vindes-ini-5-fakta-ari-lesmana?
  • https://katasumbar.com/ari-lesmana-musisi-minang-pentolan-fourtwnty-ternyata-bergelar-master-sejak-umur-22-tahun/
  • https://www.suara.com/entertainment/2022/04/03/165611/profil-ari-lesmana-vokalis-band-indie-yang-bikin-heboh-saat-azan-subuh
Comments
INTAN FINDIA ANGRAINI
Lo pasti udah sering denger grup band Fourtwnty yang jadi panutan para pencinta kopi-senja, kan? Nah, kali ini lo bakal kenal lebih jauh sama vokalisnya, Ari Lesmana, yang ternyata penuh dengan kejutan. Mulai dari profesinya yang formal banget sebelum jadi vokalis, sampai latar belakang pendidikannya yang enggak bisa dianggap enteng. We'll give you all the deets here!
Arif H
mantap bro