Trending
Selasa, 22 Desember 2020

Asah Terus Soft Skill yang Lo Punya: 4 Cara Ini Bisa Lo Terapkan, Bro!

  • Share

Bro, tahun baru tinggal beberapa hari lagi saja. Sudah ada persiapan apa saja nih buat menyambut tahun baru 2021 nanti?

Selebrasi penyambutan tahun baru 2021 nggak melulu soal pesta, lho. Salah satu penyambutan tahun baru yang cukup fundamental adalah refleksi diri apakah skill yang lo gunakan untuk survive di tahun 2020 ini sudah cukup membantu.

Seperti yang lo ketahui bersama kalau tahun 2020 ini, adalah tahun yang mempunyai banyak kejutan. Keadaan new normal yang sepertinya belum diketahui kapan ujung atau kapan selesainya menjadi salah satu alasan lo membekali diri dengan berbagai skill baru lainnya.

 

Asah Terus Soft Skill yang Lo Punya: 4 Cara Ini Bisa Lo Terapkan, Bro!

Credit Image: wrha.mb.ca

Wajar bro, pada saat keadaan new normal hampir dinilai belum bisa dikendalikan, banyak hal yang terjadi. Salah satunya adalah runtuhnya beberapa tempat, kantor, tempat usaha dan lainnya. Nggak sedikit lho yang terkena lay off atau pemberhentian bekerja.

Well, apakah ternyata lo salah satu dari mereka yang akhirnya diberhentikan karena kantor atau tempat usaha tersebut tidak mampu bertahan di kondisi new normal pada saat itu? Jika iya, nggak masalah bro – yang jelas lo sudah bisa bangkit dari keadaan seperti itu.

Keluar dari zona nyaman, keluar dari pekerjaan rutin bukan akhir dari segalanya. Masih banyak hal yang bisa lo lakukan, salah satunya adalah berusaha, menjadi entrepreneur untuk diri lo sendiri untuk bertahan dari segala keadaan, termasuk new normal seperti ini.

 

Asah Terus Soft Skill yang Lo Punya: 4 Cara Ini Bisa Lo Terapkan, Bro!

Credit Image: startupnation.com

Terkait dengan berbagai hal-hal di atas – skill atau kemampuan yang ada di dalam diri lo harusnya dikembangkan, terus lo asah agar sewaktu ingin digunakan – layaknya pisau, sudah tajam dan siap untuk digunakan untuk mengerjakan apapun.

Ngobrolin soal skill yang harusnya lo kuasai – apakah lo tahu ada dua skill besar yang bisa lo pahami dan lo kuasai? Hard and soft skill adalah dua hal yang berbeda. Nah yang bakal dibahas kali ini adalah yang soft skill dulu. Sila simak bahasan kali ini buat tahu selengkapnya!

 

Bahasa yang Baik Bisa Bawa

Percakapan yang Menarik

Soft skill pertama yang bisa lo ketahui dan bisa lo terapkan adalah kepemilikan bahasan yang baik. Sopan dan santun adalah tetap yang utama sih, bro. Terlebih ketika lo berada di lingkup yang bisa membawa lo kesempatan bisnis yang lebih tinggi.

Pun mereka yang ada di lingkungan tersebut juga pasti memiliki sopan santun dan bahasa yang baik. Jika lo bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan seperti itu, dijamin lo bakal bisa menciptakan percakapan yang menarik, sehingga komunikasi tersebut bisa membawa lo ke berbagai kesempatan emas yang ada.

Ini jadi hal yang penting bro. Berbahasa yang baik juga akan membentuk bagaimana persona lo yang dilihat banyak orang. Buat profesionalitas, hal ini adalah salah satu hal yang cukup penting buat lo kuasai.

 

Momen yang Tepat Hasil Kesabaran!

Memang sih, tujuan yang jelas, fokus yang tidak tergoyahkan dan keinginan serta usaha yang kuat adalah syarat-syarat untuk mendapatkan apa yang lo mau. Akan tetapi, halang rintang pasti ada bro. Buat lo yang merasakan ini juga – lo mesti tahu kalau kesabaran adalah salah satu kuncinya.

Kesabaran bukan berarti lo berdiam diri saja dan akhirnya menyerah begitu saja terkait dengan apa yang sedang lo kejar. It is not like that, bro! Kesabaran yang dimaksud di sini adalah menunggu momen yang tepat!

Momen yang tepat sangat mudah untuk membuat lo bisa mendapatkan apa yang lo mau. Karena begitu momennya tepat, akan semakin mudah buat lo mengeksekusi hal-hal yang lo inginkan. Hal ini bakal bisa lo temui ketika sedang bernegosiasi dengan klien, atau calon partner usaha baru dan sebagainya.

 

Ubah Kritik Jadi Energi Menarik!

Semua orang bisa menjadi menyebalkan ketika lo kurang baik untuk menerima kritik. Tentu lo akan berpikiran kalau mereka nggak melakukan apa yang lo lakukan. Namun, kritik adalah salah satu syarat untuk membangun mental dan tekad lo agar semakin kuat, lho.

Oleh karena itu, menerima kritik dan mengubahnya menjadi energi yang menarik adalah salah satu soft skill yang bisa lo pelajari dan lo terapkan untuk selanjutnya. Ada rasa kesabaran seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk bisa menerima kritik yang ada.

Selanjutnya, dengan segala tekad dan usaha yang sudah lo jalankan, kritik tersebut bisa dengan mudah lo ubah menjadi energi yang menarik – energi yang secara nggak langsung memberikan lo semangat tersendiri untuk membuktikan apa yang orang lain katakan terhadap diri ataupun usaha lo!

 

Jujur Dengan Diri Sendiri

Nggak ada yang lebih baik dari bisa jujur dengan diri sendiri. Perasaan lega, perasaan nggak punya beban karena persona yang terlalu fabricated. Jadi seseorang yang organik itu seru, bro. Lo bahkan bisa melihat bagaimana pusingnya orang yang suka berbohong dengan dirinya sendiri.

Hal ini cukup fundamental buat perjalanan lo ke depannya. Karena kejujuran memang bakal membawa lo ke arah yang lo mau, sih. Jadi, sudah nggak ada alasan lagi buat lo untuk nggak jujur dengan diri sendiri.

Wah bagaimana nih bro? Terkait dengan segala penjelasan yang ada di atas – apakah lo sudah paham soal berbagai soft skill-nya? Kalau iya, bisa lo terapkan dengan baik ya bro!

 

Feature Image – askmen.com

Comments

Ok banget bro
Mantap kereeennnn