Trending
Kamis, 19 Mei 2016

Begini Cara Chef Terkenal Memasak Menu Steak Mereka

  • Share
  • fb-share
Begini Cara Chef Terkenal Memasak Menu Steak Mereka

Urbaners, apakah ada di antara lo yang doyan makan steak? Kalau iya, lo pasti tahu betapa susahnya memasak steak dengan tingkat kematangan yang lo harapkan. Tenang aja, beberapa tips berikut ini bakal ngebantu lo dalam proses memasak tersebut. Nggak tanggung-tanggung, tips yang bakal lo baca ini berasal dari para celebrity chef yang namanya mungkin udah sering lo denger di berbagai media massa.

 

Alton Brown

Alton Brown

Salah satu menu andalan Alton Brown adalah pan-seared rib eyes. Ketika memasaknya, ia membawa steak ke suhu ruangan agar lebih cepat matang. Sebelumnya, Brown memanaskan wajan besi di dalam oven bersuhu lima ratus derajat celcius. Baru setelah itu, ia memasak steak di atas wajan tersebut sebelum akhirnya dimasukkan ke oven. Proses pemanasan wajan besi tersebut dapat mempercepat proses memasak sekaligus meratakan panas pada seluruh steak.

 

Ree Drummond

Ree Drummond

Salah satu postingan blog Drummond berjudul How to Cook a Steak pernah menjadi viral di dunia maya. Nggak mengherankan, sih, karena tips memasak steak ala Drummond benar-benar sederhana sehingga mudah diterapkan. Pada seluruh resep steak-nya, Drummond nggak pernah melewatkan tiga bahan utama, yakni garam dari Lawry, McCormick Lemon Pepper, dan salted butter. Sebelum memasak steak di atas wajan, ia selalu melumurinya dengan salted butter terlebih dahulu.

 

Chrissy Teigen

Chrissy Teigen

Pada buku resepnya yang berjudul Cravings, Teigen mengaku bahwa ia termasuk dalam golongan “tradisional” ketika memasak steak, namun pikirannya berubah gara-gara sang suami, John Legend. Agar mendapatkan tekstur steak yang juicy, Teigen selalu merendam dagingnya di dalam campuran kecap dan bawang putih selama delapan jam. Nggak cuma itu, proses perendaman tersebut dapat menciptakan rasa sedap yang benar-benar meresap pada daging steak.

 

Tom Colicchio

Tom Colicchio

Salah satu ciri-ciri dari steak enak adalah kematangannya yang merata pada seluruh sisi daging. Colicchio pun merekomendasikan lo untuk memasak setiap sisi daging steak selama tiga hingga empat menit.. Pada suatu wawancara, ia juga berkata bahwa ketika memasak steak, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Percuma aja kalau lo memiliki daging steak berukuran besar namun kualitasnya sama sekali nggak segar. Hasil akhir memasak steak pun pasti juga nggak bakal oke.

Selain keempat tips di atas, pastikan juga agar steak yang lo masak nggak hangus. Kini, udah nggak ada lagi alasan bagi lo untuk nggak memasak steak yang lezat dengan tingkat kematangan sempurna. Keempat celebrity chef di atas udah berbaik hati memberikan rahasia mereka dalam memasak steak. Lo cuma tinggal menerapkannya, kok! Siapa tahu lama-lama lo bisa jadi sejago mereka kan, Urbaners?

 

 

Source: popsugar.com

Comments
Irwandi
keren nih bro
Irwandi
Mantap banget