Trending
Kamis, 11 Agustus 2016

Chernobyl Akan Dibangun “Pabrik” Bahan Bakar

  • Share

Pada tahun 1986, pabrik nuklir terbesar di dunia Chernobyl tiba-tiba meledak ketika diuji coba. Walaupun dalam laporan yang meninggal dunia hanya ada 31 orang, tetapi setidaknya di seluruh Ukraina total evakuasi mencapai hampir 500 ribu orang. Efek dari terkena radiasi nuklir ini bukan sekedar meninggal dunia, tetapi cacat di dalam organ tubuh dan itu akan menular sampai ke anak cucu.

Setelah nggak pernah diutak-atik, pada tahun 2016 ini pemerintah Ukraina sedang menggodok untuk membuat “pabrik” bahan bakar solar panel yang ada di Chernobyl. Nantinya ketika proyek pabrik ini disetujui, maka seluruh Ukraina ataupun negara sekitar akan mendapatkan keuntungannya dengan mendapatkan bahan bakar. Tetapi apakah aman?

 

Cahaya dan luas di Chernobyl sempurna

Pemerintah Ukraina bukan tanpa alasan untuk membuat pabrik solar panel di Chernobyl. Ternyata setelah diteliti, cahaya matahari yang ada di Chernobyl ini sangat sempurna. Apalagi luas Chernobyl sangat luas jika dibandingkan dengan pabrik solar panel di negara lain. Sebagai perbandingan, luas Chernobyl sekarang adalah 60 hektar, sedangkan Longyangxia di Tiongkok hanya 23 hektar dan Ivanpah di Amerika Serikat 14 hektar. Nantinya ketika pabrik solar panel ini dibangun, akan ada tenaga 1000 MW yang siap diedarkan di sekitar Ukraina.

 

Apakah Chernobyl sekarang aman?

Pertanyaan selanjutnya yang akan muncul adalah apakah sekarang Chernobyl itu aman? Apakah ketika produksi pabrik solar panel ini nggak berpengaruh dengan nuklir yang katanya masih muncul? Sebagai informasi, efek dari nuklir ini nggak hanya datang dari udara. Tetapi hujan yang ada sampai sekarang, juga ternyata berbahaya. Masyarakat Belarusia sampai sekarang masih trauma jika ada hujan yang muncul di daerahnya.

Sekarang memang Chernobyl nggak seberapa berbahaya dibandingkan 5 atau 10 tahun lalu. Bahkan menurut kabar ada hotel yang dibangun di dekat Chernobyl. Sekarang Chernobyl adalah daya tarik turis nomor satu di Ukraina. Wisata berbahaya ya Urbaners..

 

Source: engadget.com

Comments

No one has commented yet. Be the first to comment on this article!