Trending
Rabu, 30 September 2015

Cortana, Komputer yang Mendengarkan

  • Share
  • fb-share
Cortana, Komputer yang Mendengarkan

“Cortana, wake up.”

Lo cukup menyebutkan tiga kata tersebut pada komputer Windows 10 dengan prosesor Intel Core Skylake terbaru itu dan perangkat lo akan langsung terbangun dari tidur! Chip yang terpasang pada generasi terbaru prosesor Intel Core tersebut memiliki Digital Signal Power (DSP) yang dapat mendengarkan suara lo meski perangkat lo sedang dalam keadaan low power. Begitu komputer lo menyala, Cortana akan mengambil alih dan lo bisa menyuarakan perintah lo, seperti meminta Cortana untuk memainkan musik atau video.

 

Produk terbaru dari Microsoft dan Intel

Intel Core mengumumkan fitur terbarunya ini dalam acara Intel Developer Forum yang diadakan di San Francisco pada tanggal 18 Agustus 2015 lalu. Cortana hadir sebagai asisten pribadi digital untuk ngebantu lo melakukan sesuatu dan memberikan informasi terbaru yang penting bagi lo nih Urbaners. Sebetulnya, Cortana bisa saja rilis tahun lalu menggunakan chip Core M, namun Intel Core menunggu momen yang tepat agar Cortana dapat digunakan pada perangkat komputer Windows 10.

 

Meriahnya acara perilisan Cortona

Pada acara perilisan tersebut, Intel Core tidak menyinggung berapa banyak daya yang dibutuhkan komputer lo jika ingin selalu mengaktifkan fitur Cortana. Mereka juga tidak menyebutkan apakah Cortana membutuhkan perangkat audio khusus yang harus dipasang pada komputer lo. Kalau lo pengen melakukan panggilan, misalnya, lo cuma perlu bilang pada perangkat lo, “Cortana, call my sister!”. Atau butuh diingatkan untuk melakukan sesuatu? Lo cukup berkata, “Cortana, remind me to pick up my laundry tomorrow!”.

 

Apple sudah punya “Cortona” sejak 2011

Lo mungkin merasa sudah tidak asing lagi dengan fitur asisten pribadi digital semacam Cortana ini. Sejak Oktober 2011, Apple sudah memperkenalkan asisten pintar serupa bernama Siri pada perangkat iPhone 4S. Google bahkan sudah lebih dulu memiliki asisten pribadi berbasis suara yang dinamakan Google Voice Search yang ditanamkan pada sistem operasi Android.

Meski terlambat, kehadiran Cortana di Windows 10 datang pada saat yang tepat. Saat ini, belum ada asisten pribadi digital yang benar-benar menguasai pasar. Bagi Microsoft, Cortana membuat interaksi antara pengguna dan komputer bisa menjadi lebih personal. Microsoft pun menargetkan Windows 10 dapat digunakan di seluruh perangkat, baik komputer pribadi, tabler, ponsel pintar, bahkan Xbox. Degan begitu, Lo pun bisa mengakses Cortana dari banyak perangkat.

 

Source: theverge.com

 

 

Comments
Miftachul Rahardoni
keren banget
PUTRI PUSTIKA SARI
mantap infonya