Trending
Rabu, 11 Februari 2015

Desa Terdingin di Planet Bumi

  • Share
  • fb-share
Desa Terdingin di Planet Bumi

Oymyakon, Rusia. Desa terdingin di planet Bumi yang secara permanen dihuni oleh manusia ini pernah mencapai suhu terendah -67,7 C (-90 F) pada tahun 1933, dan rata-rata untuk bulan Januari menjadi -50 C (-60 F). Luar biasa dingin sekali, kan?

Desa yang kini berpenduduk 500 orang itu dulunya hanya sebuah tempat persinggahan para penggembala rusa nomaden untuk memberi minum di sebuah sumber air panas di Desa ini. Oh iya, Desa ini memiliki sumber air panas, mungkin itulah sebabnya mengapa Desa ini diberi nama Oymyakon, yang berarti “air yang tidak membeku”.

Meski sudah berpuluh-puluh tahun menjadi pemukiman permanen, kehidupan manusia di Desa ini masih sangat sederhana. Sebagian besar rumah masih menggunakan batu bara dan kayu untuk pemanas. Para penduduk di Oymyakon mengandalkan daging rusa dan kuda sebagai makanan utama, itu disebabkan karena tak ada tumbuhan yang bisa tumbuh di Desa terdingin di planet Bumi ini. Memang cukup menyiksa, tapi kalau membayangkan hidangan daging panas setiap kali jam makan tiba, rasanya hati akan sedikit terhibur. 

Memang tidak banyak yang bisa dilakukan di tempat ini, tapi bagi para extreme trevelers, Oymyakon adalah lokasi yang sangat menantang. Terbukti dengan banyaknya turis yang datang ke sana tiap tahunnya untuk menikmati berburu rusa dan memancing di air es. Tempat yang sempurna buat lo yang bosan mandi matahari di pinggir pantai.

Desa bersuhu ekstrim ini akan sulit dilalui oleh mereka yang masih single. Bukannya apa-apa, soalnya setiap detik di desa ini, diperlukan minimal sebuah pelukan untuk menghangatkan tubuh. Jadi buat Urbaners yang berencana datang ke sini, jangan lupa untuk membawa jaket lo yang paling tebal dan uhm.. pasangan. 

 

 

Comments
SRI YAYA ASTUTI
Para penduduk di Oymyakon
sumardiyono
kota super cool