Trending
Kamis, 08 Oktober 2015

Everything You Need To Know Before Trail Run

  • Share
  • fb-share
Everything You Need To Know Before Trail Run

Urbaners, apa lo sudah pernah mendengar istilah olahraga Trail Run? Kalau belum, trail run itu olahraga berlari tapi nggak hanya sekedar berlari dijalanan yang datar, lo harus berlari melewati berbagai macam rintangan alam, seperti gunung, bukit, jalan bebatuan, hutan dan juga sungai kecil. Apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum lo memulai Trail run?

 

  1. Lakukan pemanasan
    Yang harus lo lakukan pertama kali adalah lakukan pemanasan berlari jalanan yang datar dulu. Sebelum lo berlari, jangan lupa lakukan stretching biar kaki dan badan lo nggak kaku dan menghindari kram.


     

  2. Harus tetap mengikuti jalan utama
    Kalau lo memulai trail run, lo harus tetap mengikuti jalanan utama pada track lari lo. Misalnya lo sedang melewati hutan, lewatlah dijalana yang umum, jangan sampai lo keluar dari jalanan umum tersebut karena bakalan ada bahaya yang mengancam seperti binatang buas atau tiba-tiba ada jurang curam didepan lo.

     

  3. Patuhi aturan dan symbol sekitar
    Pastikan juga kalau lo mematuhi setiap peraturan yang ada dan juga symbol yang ada disekitarmu. Lo harus memperhatikan secara benar-benar symbol yang berlaku, jangan sampai lo mengabaikannya. Nggak hanya itu, lo juga harus menjaga lingkungan sekitar, lo nggak boleh buang sampah sembarangan.

     

  4. Berhati-hatilah
    Sebelum berlari, lo pastikan dulu rute mana yang bakalan lo lewati. Kalau lo belum menguasai rute itu, baiknya lo membawa peta secara rinci atau GPS. Jangan sampai lo kesasar kemudian kmau nggak bisa pulang sampai malam karena lo nggak tahu jalan.

     

  5. Perlengkapan yang memadai
    Perlengkapan menjadi hal yang utama dalam melakukan trail run ini. Lo harus melengkapi dengan perlengkapan yang nyaman. Adapun perlengkapan yang harus lo perhatikan diantaranya adalah:

    Shoes
    Pilihlah sepatu yang khusus untuk trail run, lo bisa memilih desain dengan bumper kaki, sehingga bisa mencegah lo terpeleset dalam medan yang licin. Lo nggak harus memilih sepatu anti air yak arena banyak sepatu yang anti air ini nggak punya sirkulasi udara yang baik. Jadi kalau kaki lo basah, lo baiknya pilih sepatu yang punya sirkulasi udara yang cukup. Adapun merk yang recommended, yaitu The Brooks PureGrit 3 dan juga Salomon Speedcross 3.

    Socks
    Lo diharuskan memakain kaos kaki untuk melakukan trail run ini karena biar kaki lo nggak lecet. Kaos kaki yang recommended adalah kaos kaki yang bisa menyerap keringat, sepatu merk Salomom Sense S-Lab.

    Backpack
    Kalau lo adalah seseorang yang sudah professional banget dalam trail run ini, pasti jarak yang lo tempuh dalam berlari ini jauh. Oleh karena itu, lo diharuskan membawa backpack biar mudah membawa barang bawaan lo. Backpack ini lo juga harus memilih yang empuk untuk punggung, nggak terlalu berat dan juga nyaman dipundak saat dipakai. Adapun merk yang direkomendasikan, yakni merk S-Lab Sense Ultra Set.

    Headlamp
    Ide untuk membawa headlamp ini kalau lo sedang berlari pada malam hari. Lo bisa membawa headlamp ketika berlari ditengah kabut dan cuaca sedang gelap.
     

Urbaners, sudah siapkah segala persiapanmu untuk melakukan trail run? Kalau sudah, yuk melintasi perbukitan dengan berlari. Biar badan sehat dan pikiran jadi lebih fresh dengan melihat pemandangan sekitar. Selamat mencoba!

Source: askmen.com  ,  www.seriousrunning.com  ,  geocigs.com

 

 

Comments
DEVI TRI HANDOKO
Harus tetap mengikuti jalan utama
Mursidin
Keren banget