Trending
Jumat, 24 Juni 2016

Film Dibuat Dari Artificial Intelligence, Hasilkan Film Pendek Berjudul “Sunspring”

  • Share
  • fb-share
Film Dibuat Dari Artificial Intelligence, Hasilkan Film Pendek Berjudul “Sunspring”

Oscar Sharp adalah salah satu sutradara film terbaik di Inggris. Dirinya beberapa kali masuk nominasi di BAFTA Film Awards. Sekarang Oscar Sharp sedang naik daun bukan karena filmnya masuk ke BAFTA Film Awards. Tetapi film ini mendapatkan tanggapan dari berbagai pengamat teknologi. Ternyata film ini adalah film yang dibuat menggunakan Artificial Intelligence. Jadi mulai dari skrip, karakter pemain sampai jalannya cerita adalah buatan robot, bukan campur tangan manusia.

 

Long Short-Term Memory (LTSM) bernama Benjamin

Seorang penggiat machine learning yaitu Ross Goodwin sangat senang berkutat dengan aplikasi robot. Dirinya sedang mengembangkan Long Short-Term Memory (LTSM) yang dinamakan Benjamin. Benjamin ini mempunyai fungsi yaitu bisa mengembangkan ide cerita menadi sebuah film yang urut dan terstuktur. Pada tahun 2010, ketika Ross Goodwin bekerja bersama pemerintah, Goodwin pusing karena novelnya nggak pernah selesai. Dia kemudian berpikir bagaimana jika AI yang mengerjakannya?

Pada saat itu Goodwin berhenti bekerja dan berusaha mengembangkan AI untuk pengembangan skrip. Beberapa Universitas langsung menyetujui gagasan dari Goodwin. New York University akhirnya meminjamkan super komputernya untuk membantu Goodwin mengembangkan AI tersebut.

 

Kerja sama dengan Oscar Sharp

Ross Goodwin nggak bisa bikin film, jadi dirinya bekerja sama dengan Oscar Sharp, seorang film maker terkenal asal Inggris. Di dalam alat yang dikembangkan oleh Ross Goodwin tersebut, Oscar Sharp ini memasukkan film “Jurassic Park”, “Frankenstein”, “Minority Report” dan banyak lagi. Kemudian hasil pengembangan skrip keluar dan film yang dibuat dari AI ini berjudul “Sunspring”.

Film yang bisa lo tonton di YouTube secara bebas ini bercerita tentang seorang pria yang tinggal di luar angkasa. Thomas Middleditch dari serial televisi HBO Silicon Valley memerankan sosok pria tersebut. Kemudian pria tersebut ditikung oleh seorang pria yang entah muncul dari mana. Film Sunspring ini memang nggak jelas. Tetapi senggaknya, mesin buatan Goodwin ini sudah bisa membuat skrip sendiri.

 

Source: cbsnews.com

Comments
John Hutabarat
keren nih bro
RAHARDJO TEONOVI
Kerja sama dengan Oscar Sharp