Trending
Selasa, 21 Juni 2022

Google Berhasil Membangun Beragam Inovasi dalam Gedung Futuristik yang Ramah Lingkungan

  • Share
  • fb-share
Google Berhasil Membangun Beragam Inovasi dalam Gedung Futuristik yang Ramah Lingkungan

Setelah dirancang secara detail selama kurang lebih tujuh tahun lamanya, akhirnya kompleks perkantoran sekaligus kampus besar Google benar-benar sudah berdiri tegak sesuai rencana. Berlokasi di Mountain View, California, kampus ini memiliki luas sebesar 42 hektar dengan pemandangan Bay View di Silicon Valley. Selain untuk Google, kompleks besar ini ditujukan juga sebagai venue khusus untuk event dengan kapasitas 1000 orang serta tempat akomodasi untuk 240 karyawan mereka.

Desain megah yang mempunyai konsep futuristik ini dikerjakan oleh arsitektur asal London, yaitu Heatherwick Studio dan Bjarke Ingels Group (BIG) asal Denmark. Bangunan ini tidak menonjolkan tingginya sebagai gedung pencakar langit seperti gedung-gedung perkantoran canggih pada umumnya. Lo pasti terkesima dengan segala inovasi teknologi desain dan arsitektur yang dimiliki bangunan ini, yang memanfaatkan atap panel surya untuk memenuhi kebutuhan energi di dalam gedung.

Total ada 50 ribu panel yang diadaptasi seperti bentuk sisik naga yang dapat membangkitkan tenaga hampir 7 megawatt. Inovasi teknologi lainnya dilengkapi dengan sistem air yang diusahakan menjadi net water-positive menggunakan air hasil daur ulang untuk semua kebutuhan air non-minum. 

Misi dibangunnya komplek perusahaan teknologi raksasa ini adalah menciptakan desain untuk masa depan kantor Google dan menetapkan standar keberlanjutan era baru untuk konstruksi. Bukan hanya itu aja, misi lainnya bertujuan untuk mengoperasikan sepenuhnya energi bebas karbon pada tahun 2030 mendatang. Yah maklum, Google memang dikenal sebagai perusahaan yang menjadi trendsetter untuk perusahaan-perusahaan berbasis industri kreatif di seluruh dunia.

Keseluruhan komplek ini dibagi menjadi tiga bangunan dengan struktur kanopi ringan yang memungkinkan semua ruangan memiliki akses cahaya alami dari luar. Tiga bangunan ini sengaja dibagi dari awal oleh sang arsitektur ke dalam konsep inovasi, alam, dan komunitas. Meskipun ada satu gedung yang sangat besar untuk mengintegrasikan semuanya, konsep yang diambil hanya membangun dua tingkat aja dengan menghubungkan kedua lantai itu agar membantu fleksibilitas menuju akses ke semua ruangan.

Arsitektur coba mendefinisikan karakter dua lantainya dengan menciptakan detail hubungan antara gerakan fisik karyawan dan pergeseran psikologis yang harus dilakukan setiap orang ketika beralih dari satu mode kerja ke mode lainnya. Nggak kebayang sih gimana cozy-nya komplek gedung Google yang baru ini, pasti bikin betah, deh. 

Buat istirahat tinggal keliling komplek aja pasti udah ngerasa seneng banget karena lingkungan area outdoor pun di desain khusus, seperti padang rumput basah sampai hutan buatan agar karyawan lebih fresh dalam membuat ide liarnya.

Misal aja kalo kantor lo sebesar dan sebagus komplek gedung Google terbaru ini, lo bakal betah kan? Coba bagiin pendapat lo di kolom komentar, ya.

Reminder lagi buat lo kalo sudah banyak share artikel-artikel di semua akun medsos lo, nantinya lo bakal dapat banyak MLDPOINTS yang bisa lo tuker dengan hadiah iPhone 12 Pro sampai PS5 bro. Ada yang belum tau caranya gimana? Cek di sini dan jangan lupa sign up!

Comments
Muntakhimah
Top mantap dah
Sukamto
Yuppp keren bro